Sukses

Krisis Perumahan di Spanyol Sebabkan Peningkatan Tunawisma

Tunawisma telah meningkat secara substansial di seluruh Eropa selama dekade terakhir, kata Komisi Eropa.

Liputan6.com, Barcelona - Francisco Carrillo terisak lega saat berbaring di tempat tidur di apartemen barunya di Madrid yang disediakan oleh badan amal setelah tiga tahun tidur di ruang belakang teater.

Pensiunan berusia 62 tahun itu menyadari bahwa ia tidak mampu membayar harga sewa di ibu kota saat ia pindah dari Jaen di Spanyol selatan untuk berobat kanker tenggorokan.

"Malam ini, saya akan tidur seperti bayi," katanya, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (13/7/2024).

Carrillo adalah salah satu dari sejumlah besar warga Spanyol yang tidak mampu membeli rumah karena kekurangan perumahan sosial dan peraturan yang menghalangi penyewaan jangka panjang.

Situasi ini diperburuk oleh maraknya penyewaan rumah liburan di platform seperti Airbnb dan Booking.com, yang telah memicu gelombang protes di seluruh negeri dalam beberapa minggu terakhir.

Tingkat tunawisma telah meningkat sebesar 24 persen sejak 2012 menjadi 28.000 orang, menurut statistik resmi sementara, menurut laporan Bank Spanyol, sekitar 45 persen orang yang tinggal di akomodasi sewaan berisiko mengalami kemiskinan atau pengucilan sosial, proporsi tertinggi di Eropa.

Tunawisma telah meningkat secara substansial di seluruh Eropa selama dekade terakhir, kata Komisi Eropa, tetapi tingkat masalah di Spanyol ditutupi oleh orang-orang muda Spanyol yang memilih untuk tinggal bersama orang tua mereka lebih lama.

Lebih dari 60 persen orang berusia 18-34 tahun tinggal di rumah keluarga dan Spanyol memiliki tingkat peningkatan tercepat orang muda yang tinggal bersama orang tua mereka di antara ekonomi utama Eropa antara tahun 2008 dan 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stok Rumah Sosial di Spanyol

Stok perumahan sosial Spanyol hanya 1,5 persen dari semua rumah dibandingkan dengan rata-rata Eropa sebesar 9 persen, laporan itu menambahkan.

Persaingan untuk mendapatkan apartemen untuk disewa secara pribadi sangat ketat. Sekitar 40 orang menjawab setiap iklan yang muncul di pasaran di Madrid, menurut situs web iklan properti Idealista.

Rencana pemerintah Sosialis saat ini untuk perumahan umum akan menambah 184.000 unit selama tiga tahun ke depan. Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan pada Mei bahwa ia ingin stok perumahan sosial menyamai rata-rata Eropa selama masa jabatannya yang berakhir pada tahun 2027.

Namun, Bank Spanyol memperkirakan bahwa diperlukan tambahan 1,5 juta rumah lagi untuk memenuhi target tersebut.

Laju pembangunan rumah sebanyak 90.000 unit per tahun tertinggal dari pertumbuhan permintaan dan jauh di bawah 650.000 rumah yang dibangun pada tahun 2008, menurut data resmi.

Menteri Perumahan Isabel Rodriguez mengatakan pada hari Selasa bahwa pemerintah telah mulai mengerjakan rencana baru untuk memenuhi target tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Menggenapi Kekosongan

Untuk mengisi sebagian kekosongan yang ditinggalkan oleh negara, lembaga amal beralih ke modal swasta - meskipun itu hanya sebagian kecil dari yang dibutuhkan.

Apartemen yang disediakan Mundo Justo (Fair World) untuk Carrillo adalah milik Techo, sebuah dana investasi sosial yang menyediakan rumah sewa untuk kelompok amal yang bekerja dengan para tuna wisma.

Techo memiliki sekitar 230 apartemen dan bekerja sama dengan 50 LSM yang mengenakan biaya sewa 30 persen di bawah harga pasar.

Bagi investor, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan sekaligus meningkatkan skor lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) mereka, kata Blanca Hernandez, ketua lembaga investasi real estat.

Lembaga amal lain, Hogar Si, menyewakan 400 apartemen kepada para tuna wisma. Dua tahun lalu, lembaga ini mulai mencari investor untuk membeli beberapa apartemen tersebut sebagai cara untuk mengurangi biaya.

José Manuel Caballol, kepala yayasan Hogar Si, mengatakan bahwa krisis perumahan membutuhkan gabungan inisiatif swasta dan publik terkait sewa sosial.

"Kita harus jauh lebih ambisius," katanya.

Kota-kota besar seperti Madrid juga harus menghadapi migrasi dari pedesaan ke pusat-pusat kota yang banyak lapangan pekerjaan, kata Diego Lozano, CEO badan perumahan kota.

Sebanyak 48.000 orang berada dalam daftar tunggu untuk perumahan sosial di Madrid. Lozano mengatakan, kota tersebut berupaya untuk melipatgandakan stok perumahan sosialnya menjadi 15.000 pada tahun 2030, tetapi mengakui bahwa hal itu masih belum dapat memenuhi permintaan.

Ia juga menyalahkan undang-undang baru yang dirancang untuk melindungi hak-hak penyewa dengan mengizinkan orang-orang yang rentan untuk tetap tinggal di sebuah properti hingga dua tahun tanpa membayar sewa.

 

4 dari 4 halaman

Jaminan Pembayaran Sewa

Pemilik tanah menuntut jaminan pembayaran sewa dari penyewa yang tidak dapat diberikan oleh orang-orang termiskin, menurut tiga LSM yang dikonsultasikan oleh Reuters.

Yang lain beralih ke pasar jangka pendek yang menguntungkan yang tidak diatur oleh peraturan yang sama. Pasokan sewa jangka panjang telah turun 15 persen dalam setahun, sementara sewa jangka pendek terutama untuk turis meningkat 56 persen dalam setahun hingga Maret, menurut Idealista.

Pensiunan Carmen Cajamarca, 67, menerima surat yang memberinya waktu satu bulan untuk meninggalkan flat sewaannya di lingkungan Lavapies di Madrid setelah gedung tempat ia tinggal selama 25 tahun dijual ke sebuah yayasan Argentina yang merenovasi apartemennya untuk disewakan untuk liburan.

Cajamarca mengatakan. ia akan meninggalkan Madrid, dan menundanya selama mungkin sambil mencari rumah baru.

Krisis ini begitu akut sehingga kota-kota di Spanyol mencoba membatasi atau menghentikan secara bertahap apartemen liburan.

Di Cadiz, Eva Orihuela bergabung dengan gerakan lokal untuk melarang penyewaan rumah liburan setelah ibunya yang berusia 88 tahun, Maria, terancam diusir sebelum klub sepak bola setempat turun tangan untuk membeli rumahnya dan menyewakannya dengan harga sewa yang sama.

Orihuela merasa lega karena ibunya akan terus memiliki atap di atas kepalanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.