Sukses

14 Juli 2016: Tragedi Perayaan Bastile Day di Nice Prancis, Truk Tabrak Kerumunan Tewaskan 86 Orang

Mereka yang merayakan Bastille Day beberapa saat sebelumnya mulai bergegas mencari keselamatan, berlari ke hotel dan ke pantai.

Liputan6.com, Nice - Sebuah insiden berdarah terjadi hari ini delapan tahun yang lalu di Nice, Prancis.

Saat itu, pada 14 Juli 2016, ribuan orang berkumpul di sepanjang tepi laut Nice, Prancis untuk merayakan Bastille Day atau Hari Bastille—hari libur kemerdekaan negara tersebut. Suasana berubah dari gembira menjadi ngeri, ketika sebuah truk berwarna putih melaju melewati jalan tertutup yang dipenuhi pejalan kaki.

Pada akhirnya, 86 orang tewas, termasuk 10 anak-anak, dan lebih dari 400 penonton terluka.

Mengutip History.com, Minggu (14/7/2024), diketahui semua itu bermula saat kembang api ditembakkan ke langit di hadapan 30.000 penonton. Mohamed Lahouaiej-Bouhlel, seorang pria Tunisia berusia 31 tahun yang telah merencanakan serangannya selama setahun, melewati perayaan tersebut beberapa kali dengan truk yang disewa tiga hari sebelumnya.

Tak lama setelah pertunjukan selesai, dia menjalankan rencananya. Dia melompati tepi jalan dengan truknya, zig-zag melewati kerumunan dengan kecepatan 60 mil per jam, dengan sengaja menabrak orang. Mereka yang merayakan Bastille Day beberapa saat sebelumnya mulai bergegas mencari keselamatan, berlari ke hotel dan ke pantai.

Penyerang, yang sebelumnya "sama sekali tidak dikenal" oleh petugas keamanan, menerobos lebih dari satu mil jalan yang dipenuhi pejalan kaki sebelum dihentikan oleh polisi. Dia dipersenjatai dengan pistol otomatis, tetapi juga membawa beberapa replika senjata serbu, dan bahkan granat yang dilucuti, untuk meningkatkan penampilannya yang mengancam. Dengan menggunakan pistol, dia melepaskan tembakan ke arah polisi, yang menembak dan membunuhnya untuk menghentikan aksinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

ISIS Klaim Bertanggungjawab hingga Penangkapan 5 Antek

Beberapa hari setelah serangan itu, tempat suci bagi para korban dibangun di sekitar penghalang logam yang menutup jalan setapak. Perdana Menteri Prancis saat itu, Manuel Valls mengumumkan tiga hari berkabung, dan semua perayaan dibatalkan, termasuk festival jazz lima hari dan konser Rihanna.

PM Valls juga meminta sukarelawan untuk membantu meningkatkan keamanan. 12.000 orang dikerahkan.

Dua hari kemudian, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Pada tanggal 22 Juli, lima kaki tangan Lahouaiej-Bouhlel didakwa dalam penyerangan tersebut.

Meskipun penyelesaian kasus serangan itu relatif cepat, warga dan pejabat masih bertanya-tanya, bagaimana, setelah semua yang dialami negara ini kurang dari setahun sebelumnya di Paris, serangan seperti ini bisa terjadi lagi.

"Pertanyaan muncul," Christian Estrosi, presiden wilayah Provence-Alpes-Côte d’Azur di Perancis, termasuk Nice, mengatakan dalam pidatonya setelah serangan itu. "Saat saya mencoba menghibur keluarga, saya juga mencoba menahan amarah saya; Saya tidak bisa menyembunyikan kepada Anda bahwa saya merasakan kemarahan yang mendalam. Bagaimana mungkin di negara kita, setelah semua orang bilang ada keadaan darurat, keadaan perang, kita lupa setelah Charlie Hebdo, lalu ada Bataclan. Setelah Bataclan, kita lupa, lalu ada Brussel. Setelah Brussel, kami lupa dan ada Nice. Ada pertanyaan yang perlu dijawab."

 

3 dari 4 halaman

Perayaan Bastile Day 2017 Ditiadakan

Beberapa orang berspekulasi bahwa, setelah turnamen sepak bola Euro 2016 berlangsung tanpa insiden, keamanan di negara tersebut terasa aman.

Sementara itu, BBC melaporkan bahwa kurangnya komunikasi antara 6 lembaga mungkin menjadi penyebab kebingungan dan kesenjangan keamanan. Investigasi terhadap potensi penyimpangan dibuka pada bulan April 2017 setelah beberapa keluarga mengajukan tuntutan hukum, namun tidak ada komite investigasi parlemen yang dibentuk.

Adapun perayaan pesta Kembang api Hari Bastille 2017 dibatalkan untuk menghormati mereka yang tewas.

4 dari 4 halaman

Kisah Heroik Pria yang Menahan Laju Sopir Truk Maut Prancis

Ketika truk maut sedang menebarkan kematian ke arah kerumunan orang yang sedang merayakan Hari Bastille atau Bastille Day di Nice, Prancis, seorang warga nekat menantang maut demi menyelamatkan orang banyak.

Mirip seperti adegan film, pemuda tersebut mengejar truk maut itu, mendekati pintu dan berusaha membukanya.

Dikutip dari Daily Mail, seorang pengendara sepeda motor bernama Alexandre Migues dengan berani menambah kecepatan kendaraannya agar bisa mendekat ke sisi truk maut ukuran 19 ton yang sedang dikebut oleh Mohamed Bouhlel.

Dalam wawancara dengan Nice Martin, ia mengatakan, "Saya lihat truk itu melanggar jalur median dan melindas seorang wanita. Truk itu berada di jalur pejalan kaki dan kembali ke jalan, lalu mencoba melindas saya juga."

"Itu naluriah saja, saya tidak bisa menjelaskan bagaimana kemudian malah mengejar truk itu. Ketika saya lihat dia memang berniat sekali (mencelakakan orang), saya mencoba melakukan sesuatu."

Migues akhirnya terpaksa membatalkan upayanya ketika tersangka teroris itu menodongkan pistol ke arahnya.

Pria Prancis itu dipandang telah menolong banyak jiwa karena berperan melambatkan laju truk maut itu sehingga seorang pria lain sempat melemparkan skuternya ke bawah roda-roda kendaraan besar berwarna putih itu.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini