Sukses

17 Juli 1998: PBB Resmikan ICC, Mahkamah Pidana Internasional

Sidang pertama yang dilakukan di ICC dilakukan pada tahun 2006.

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah mencatat hari ini 26 tahun yang lalu, pada 17 Juli 1998, sebagai momen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meresmikan Mahkamah Pidana Internasional atau Pengadilan Kriminal Internasional/Pengadilan Pidana Internasional yang dikenal di dunia sebagai International Criminal Court (ICC).

ICC adalah badan peradilan permanen yang dibentuk berdasarkan Statuta Roma dari Pengadilan Kriminal Internasional (1998) untuk menyelidiki, mengadili, dan mengadili individu yang dituduh melakukan genosida, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan dan menjatuhkan hukuman penjara kepada individu yang dinyatakan bersalah atas kejahatan tersebut.

Pada tanggal 1 Juli 2002, setelah jumlah negara yang disyaratkan (60) meratifikasi perjanjian tersebut, pengadilan mulai mengadakan sidang.

Adapun ICC memiliki kantor pusat di Den Haag, Belanda.

Dilansir Britannica, Rabu (17/7/2024), ICC didirikan sebagai pengadilan pilihan terakhir untuk mengadili pelanggaran-pelanggaran paling keji jika pengadilan nasional gagal mengambil tindakan.

Berbeda dengan Mahkamah Internasional yang mengadili perselisihan antar negara, ICC menangani penuntutan individu. Yurisdiksi pengadilan ini mencakup pelanggaran yang terjadi setelah tanggal 1 Juli 2002, yang dilakukan baik di negara bagian yang telah meratifikasi perjanjian tersebut atau oleh warga negara dari negara tersebut.

Meskipun Statuta Roma dipuji secara luas (sekitar 140 negara telah menandatangani perjanjian tersebut pada saat perjanjian ini mulai berlaku), hanya sedikit negara di Timur Tengah atau Asia yang bergabung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

China, Rusia dan AS Menolak Bergabung

Selanjutnya, pada tahun 2002, China, Rusia, dan Amerika Serikat menolak berpartisipasi, dan Amerika Serikat mengancam akan menarik pasukannya dari pasukan penjaga perdamaian PBB kecuali warga negaranya (baik militer maupun sipil) dibebaskan dari tuntutan ICC.

Namun demikian, dalam waktu lima tahun sejak perjanjian pertama kali ditandatangani, lebih dari 100 negara telah meratifikasi perjanjian tersebut. Semua negara anggota terwakili dalam Assembly of States Parties (Majelis Negara-Negara Pihak), yang mengawasi kegiatan ICC.

3 dari 3 halaman

Sidang Pertama ICC

Sidang pertama ICC, yang diadakan pada tahun 2006, adalah untuk memutuskan apakah tuntutan harus diajukan terhadap Thomas Lubanga, yang dituduh merekrut tentara anak-anak di Republik Demokratik Kongo. Persidangan Lubanga, yang pertama dilakukan oleh ICC, dimulai pada bulan Januari 2009, dan pada bulan Maret 2012 pengadilan memutuskan dia bersalah dan kemudian menjatuhkan hukuman penjara 14 tahun.

Pada bulan Mei 2007 pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap seorang menteri pemerintah dan seorang pemimpin milisi di Sudan atas peran mereka dalam kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh pasukan Sudan di Darfur.

ICC mengeluarkan surat perintah serupa pada bulan Maret 2009 untuk Presiden Sudan. Omar Hassan Ahmad al-Bashir—pertama kali pengadilan meminta penangkapan kepala negara yang sedang menjabat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini