Sukses

Profil Usha Vance, Istri JD Vance yang Mundur Jadi Pengacara Usai Suami Dipilih Donald Trump Jadi Cawapres

Istri JD Vance, Usha Chilukuri Vance, juga merupakan seorang anggota Republik.

Liputan6.com, Washington D.C - Nama Usha Chilukuri Vance turut menjadi sorotan usai suaminya, JD Vance terpilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Donald Trump dalam pemilu AS 2024.

Dilansir AP News, Rabu (17/7/2024), Chilukuri (38) dibesarkan di San Diego, dan berasal dari keluarga imigran India.

Ibunya merupakan seorang ahli biologi dan rektor di Universitas California di San Diego, sementara ayahnya adalah seorang insinyur. Dia menerima gelar sarjana di Universitas Yale dan master filsafat di Universitas Cambridge melalui beasiswa Gates Cambridge.

Usai lulus dari Cambridge, Chilukuri bertemu dengan suaminya di Universitas Yale, tempat keduanya melanjutkan studi jurusan hukum.

Dalam memoarnya tahun 2016, "Hillbilly Elegy", JD Vance mengatakan mereka berdua mengenal satu sama lain saat mengerjakan tugas bersama dan jatuh cinta.

"Di tempat yang selalu terkesan asing, kehadiran Usha membuatku betah," tulisnya.

Mereka lulus pada tahun 2013 dan menikah pada tahun berikutnya.

Setelah sekolah hukum, Chilukuri menghabiskan satu tahun menjadi juru tulis untuk Hakim Brett Kavanaugh ketika dia menjabat sebagai hakim pengadilan banding di Washington, kemudian tahun berikutnya menjadi panitera hukum untuk Ketua Hakim John Roberts.

Sejak saat itu, dia menjadi pengacara untuk firma hukum Munger, Tolles dan Olson di kantornya di San Francisco dan Washington D.C.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhenti Jadi Pengacara

Chilukuri meninggalkan firma hukum tempatnya bekerja tak lama setelah suaminya terpilih sebagai cawapres Trump.

"Usha telah memberi tahu kami bahwa dia telah memutuskan untuk keluar dari perusahaan," bunyi pernyataan resmi dari firma Munger, Tolles & Olson.

"Usha telah menjadi pengacara dan kolega yang luar biasa, dan kami berterima kasih atas kerja kerasnya selama bertahun-tahun dan mendoakan yang terbaik untuk kariernya di masa depan."

Dalam memoarnya, Vance menyebut bahwa sebagian kesuksesan dan kebahagiaannya ada pada istrinya.

"Bahkan dalam kondisi terbaikku, aku adalah ledakan yang tertunda—aku dapat dijinakkan, tetapi hanya dengan keterampilan dan ketepatan," tulis Vance.

"Bukan hanya saya belajar mengendalikan diri, tetapi Usha juga belajar cara mengatur saya."

3 dari 3 halaman

Seorang Republik

Catatan pemilih menunjukkan bahwa pada tahun 2022, Chilukuri Vance adalah seorang Republikan terdaftar di Ohio, dan memberikan suara dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik pada tahun itu.

JD dan Usha Vance tinggal di Cincinnati, dan memiliki tiga anak: Ewan, Vivek dan Mirabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini