Sukses

Indonesia Berjaya di Gothia Cup 2024, Tim Special Olympics Raih Juara Pertama

Tim Special Olympics Indonesia sukses meraih juara pertama pada kategori Gothia Special Olympics Trophy (GSOT) di ajang Gothia Cup 2024 di Swedia. Prestasi gemilang ini menorehkan sejarah baru bagi tim Indonesia di ajang internasional tersebut.

Liputan6.com, Gothenburg - Tim Special Olympics Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Pada ajang Gothia Cup 2024, yang berlangsung di kota Gothenburg, Swedia, tanggal 15 hingga 20 Juli, tim ini berhasil meraih juara pertama pada kategori Gothia Special Olympics Trophy (GSOT).

Gothia Cup 2024 sendiri diikuti oleh 1911 tim dari 72 negara. Tahun ini, penyelenggaraan Gothia Cup menghadirkan kategori baru yaitu Special Category, yang memberikan kesempatan bagi para remaja disabilitas intelektual untuk berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola. Tim Indonesia diwakili oleh Tim Special Olympics Indonesia DKI Jakarta dan LKG SKF Indonesia U-15.

Upacara pembukaan Gothia Cup 2024 berlangsung meriah di Ullevi Stadium pada hari Senin (15/07). Para pemain dari setiap negara berdefile dengan penuh semangat, diiringi pertunjukan musik dan kembang api. Tim Special Olympics Indonesia DKI Jakarta tampil menawan dengan mengenakan baju daerah Indonesia.

Kemenangan Tim Special Olympics Indonesia di GSOT semakin lengkap dengan keberhasilan Tim LKG SKF Indonesia U-15 yang meraih juara grup di kategori Boys U-15. Keberhasilan ini membawa Tim U-15 Indonesia melaju ke babak play off A 1/32 Final melawan Lilla Torg FF dari Swedia.

Duta Besar RI untuk Swedia, Kamapradipta Isnomo, mengungkapkan rasa bangga dan senang atas prestasi yang diraih para atlet muda Indonesia. Ia berharap prestasi gemilang ini dapat terus dipertahankan hingga mereka menjadi pemain bola profesional.

"Kami bangga dan turut senang dengan prestasi atlet-atlet muda Indonesia, semoga prestasi gemilang ini dapat terus dipertahankan hingga mereka dewasa menjadi para pemain bola yang profesional' demikian diungkapkan Duta Besar RI untuk Swedia, Kamapradipta Isnomo, seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Jumat (19/7/2024).

Lebih lanjut, Kama menyatakan bahwa keterbatasan fisik dan mental tidak menghalangi prestasi atlet muda Indonesia pada kategori Special Olympic dan mengharapkan prestasi ini menjadi semangat untuk berbuat lebih dan berkontribusi lebih jauh untuk bangsa dan negara Indonesia bagi para atlet special tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Gothia Cup?

Gothia Cup merupakan ajang kompetisi sepak bola junior di tingkat internasional yang digelar setiap tahun di kota Gothenburg, Swedia. SKF, perusahaan manufaktur Swedia, menjadi salah satu sponsor utama Gothia Cup. Tahun ini, SKF Indonesia turut mendukung para atlet muda Indonesia di ajang Gothia Cup 2024.

Erfandy Utomo, perwakilan SKF Indonesia, menyampaikan bahwa perusahaan terus berupaya mendukung generasi muda, sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Kompetisi tingkat dunia seperti Gothia Cup diharapkan akan membentuk mentalitas juara dan semangat sportivitas pemuda Indonesia, kata Erfandy.

Adapun tahun ini, SKF Indonesia bekerja sama dengan Liga Kompas U-14 untuk menjaring pemain-pemain muda pilihan yang diberangkatkan ke Gothia Cup 2024.

 

3 dari 4 halaman

Bangga, Tiga Siswa Indonesia Raih Medali Perak di Ajang Bergengsi Olimpiade Biologi Internasional 2024

Sebelumnya, tim Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang internasional. Pada International Biology Olympiad (IBO) atau Olimpiade Biologi Internasional ke-35 yang diselenggarakan di Astana, Kazakhstan, tiga siswa Indonesia berhasil meraih medali perak.

Ketiga siswa tersebut adalah Aaron Christian Endrij (SMAK BPK Gading Serpong), Keisha Rochelline Simorangkir (SMAN 8 Jakarta) dan Erlangga Dief Putra Hamam (SMA Al Irsyad Al Islamiyah). Selain itu, Samuel Cristian (SMAN 19 Jakarta) juga berpartisipasi dalam IBO 2024.

"Saya sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan Tim Indonesia di IBO 2024. Prestasi ini merupakan bukti bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing di kancah internasional," tegas Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, M. Fadjroel Rachman di sela-sela acara penutupan dan penyerahan medali IBO 2024 seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Rabu (17/7/2024).

Dubes Fadjroel juga menekankan bahwa pencapaian ini menunjukkan potensi dan talenta hebat yang dimiliki Indonesia.

"Pencapaian prestasi ini juga menunjukkan bahwa Indonesia tidak kekurangan talenta hebat yang siap bersaing di ajang lomba internasional. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras para siswa bersama dengan dukungan dari orang tua, guru, tim pembina, serta Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," jelas Dubes Fadjroel.

Adapun International Biology Olympiad atau IBO ke-35 tahun 2024 berlangsung di Gedung Congress Center, Astana, Kazakhstan, pada tanggal 7–14 Juli 2024. Sebanyak 294 siswa dari 78 negara, termasuk Indonesia mengikuti ajang bergengsi ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Selamat, Mikael Jasin Asal Indonesia Jadi Juara Pertama World Barista Championship 2024 di Korea Selatan

Prestasi membanggakan yang ditorehkan anak bangsa lainnya datang dari Mikael Jasin. Ia dinobatkan sebagai juara World Barista Championship 2024.

Kontes pencarian barista nomor satu dunia ini berlangsung di Busan, Korea Selatan pada 1-4 Mei 2024. Setidaknya ada 53 orang peserta dari berbagai negara.

Mikael Jasin mengaku tidak percaya dirinya bisa berada di peringkat pertama dan menyebut pencapaian ini sebagai mimpi yang jadi kenyataan.

Berikut ini ungkapan hati Mikael Jasin usai menjadi jawaran di World Barista Championship 2024 yang ia tulis di akun Instagram-nya @mikaeljasin.

"Tidak menyangka. Sulit digambarkan."

"Juara Barista Dunia 2024 🌍🏆."

"Butuh beberapa saat bagi saya untuk sepenuhnya memproses hal ini, namun untuk saat ini saya sangat tersanjung dan bersyukur atas besarnya cinta dan dukungan yang kami terima."

"Mimpi yang menjadi kenyataan ❤️.Selalu merasa bersyukur."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.