Sukses

22 Juli 2013: 2 Gempa Bumi Dahsyat Guncang Provinsi Gansu China, 94 Orang Tewas dan 1.001 Warga Terluka

Daerah tersebut telah dilanda 371 gempa susulan, menurut Administrasi Gempa Provinsi Gansu di China.

Liputan6.com, Gansu - Sejarah mencatat bahwa dua gempa bumi dahsyat melanda Provinsi Gansu di barat laut China pada 22 Juli 2013 lalu. Associated Pers (AP) melaporkan bahwa 94 orang tewas dan 1.000 lainnya terluka.

Gempa pertama di dekat Kota Dingxi berkekuatan magnitudo 5,98 dan dangkal, dengan kedalaman hanya 9,8 km (6 mil), kata Survei Geologi AS seperti dikutip dari BBC.

Satu jam kemudian, gempa bermagnitudo 5,6 melanda daerah yang sama, tambahnya.

Pada tahun 2008, gempa bumi China di Provinsi Sichuan menyebabkan 90.000 orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Seorang pekerja pabrik di daerah Minxian mengatakan kepada AFP bahwa dia merasakan "guncangan hebat" dan "segera berlari ke halaman pabrik [pabrik]".

“Pabrik kami hanya satu lantai. Saat saya sampai di halaman, saya melihat gedung 18 lantai, tertinggi di daerah kami, berguncang hebat, terutama lantai 18,” ujarnya.

Daerah tersebut telah dilanda 371 gempa susulan, menurut Administrasi Gempa Provinsi Gansu.

Getaran gempa China kala itu terasa di ibu kota provinsi, Lanzhou, dan hingga Xian, 400 km (250 mil) ke arah timur.

Setidaknya 5.600 rumah di wilayah Zhangxian di provinsi tersebut rusak parah dan 380 rumah runtuh, sementara beberapa daerah mengalami pemadaman listrik atau gangguan komunikasi seluler, tambah badan pemerintah gempa bumi.

“Banyak yang terluka akibat rumah-rumah yang runtuh,” kata seorang dokter yang berbasis di daerah Minxian seperti dikutip kantor berita Reuters. “Banyak penduduk desa pergi ke rumah sakit setempat di sepanjang jalan.”

Gempa bumi telah menyebabkan kerugian ekonomi langsung sebesar 198 juta yuan ($32 juta; £21 juta), kata pemerintah Dingxi di mikroblognya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

500 Tentara Dikerahkan

Baik Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang telah menelepon Provinsi Gansu untuk menyampaikan keprihatinan mereka terhadap para korban dan menekankan pentingnya operasi penyelamatan dilakukan dengan baik, tambah pemerintah Dingxi.

Kru pemadam kebakaran dan anjing penyelamat dikerahkan ke lokasi gempa, lapor wartawan BBC Celia Hatton di Beijing.

Semakin dekat lokasi gempa terjadi, semakin besar kerusakan yang ditimbulkannya, tambah koresponden BBC.

Gempa tersebut dilaporkan memicu serangkaian longsor lumpur dan tanah longsor, sehingga menyulitkan tim penyelamat untuk mengakses beberapa daerah yang terkena gempa.

Polisi militer Gansu telah mengerahkan 500 tentara, termasuk 120 penyelamat spesialis, sementara 500 tenda darurat dan 2.000 selimut juga diangkut ke daerah yang terkena dampak, tambah laporan outlet berita Xinhua.

Pejabat dari departemen urusan sipil, transportasi dan gempa bumi juga mengunjungi kota-kota setempat untuk menilai kerusakan, kata sebuah pernyataan di situs partai Dingxi.

 

3 dari 4 halaman

Imbauan Hujan

Hujan diperkirakan akan turun di wilayah yang terdampak gempa, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa hal ini akan mempersulit upaya penyelamatan, atau menyebabkan lebih banyak tanah longsor.

"Cuaca hujan diperkirakan akan turun besok (23 Juli 2013), dan hujan ringan keesokan harinya. Hujan mungkin berdampak buruk pada upaya penyelamatan - mohon perhatian dan waspada!" tulis pemerintah Dingxi di mikroblognya.

Warga di kota-kota dekat gempa juga melaporkan merasakan getaran tersebut.

“Anda dapat melihat lampu gantung bergetar dan jendela bergetar serta menimbulkan kebisingan, namun tidak ada retakan di dinding,” kantor berita AP mengutip seorang petugas di Hotel Wuyang, sekitar 40 km (25 mil) dari pusat gempa, yang mengatakan .

“Petugas toko semuanya berhamburan ke jalan ketika guncangan mulai terjadi,” kata petugas tersebut.

4 dari 4 halaman

123.000 Orang Terkena Dampak Gempa

Laporan Associated Pers (AP) menyebut hanya satu orang yang hilang dan 1.001 orang terluka dalam gempa Senin 22 Juli 2013 pagi di dekat Kota Dingxi di Provinsi Gansu.

Sekitar 123.000 orang terkena dampak gempa, dan 31.600 orang mengungsi ke tempat penampungan sementara, kata badan gempa provinsi di situsnya. Hampir 2.000 rumah hancur total, dan sekitar 22.500 rumah rusak, kata pemerintah.

Gempa tersebut merobohkan tembok bata dan saluran telepon, menghancurkan rumah-rumah beratap lumpur dan genteng, serta menyebabkan aliran tanah dan batu menuruni lereng bukit, menghalangi jalan dan memperlambat upaya penyelamatan oleh kru yang berusaha mencapai daerah terpencil.

Rumah sakit mendirikan pos bantuan di tempat parkir untuk menampung korban luka, sementara ratusan Polisi Bersenjata paramiliter menyebar untuk mencari korban di wilayah lahan pertanian bertingkat tempat gempa terjadi sekitar 1.200 kilometer sebelah barat Beijing.

Kabupaten Min di selatan pedesaan Dingxi menyumbang hampir semua kematian dan kerusakan terparah.

Daerah perkotaan yang bangunannya lebih kokoh terhindar dari kerusakan besar, tidak seperti rumah tradisional yang terbuat dari lumpur dan batu bata di pedesaan.

Guncangan terasa di ibu kota Provinsi Lanzhou, 177 kilometer sebelah utara, dan hingga Xi'an, 400 kilometer ke arah timur.

Gansu, dengan populasi 26 juta jiwa, adalah salah satu provinsi dengan jumlah penduduk lebih sedikit di Tiongkok, meskipun wilayah Dingxi yang seukuran New Jersey memiliki konsentrasi pertanian yang lebih besar di perbukitan bertingkat untuk tanaman pangan dan pohon buah-buahan. Dingxi memiliki populasi sekitar 2,7 juta jiwa.

Adapun gempa bumi terburuk di China dalam beberapa tahun terakhir adalah gempa berkekuatan magnitudo 7,9 yang melanda provinsi barat daya Sichuan pada tahun 2008, menyebabkan 90.000 orang tewas atau hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini