Sukses

Apa Arti Mundurnya Joe Biden dari Bursa Capres AS Bagi Partai Demokrat dan Republik?

Setelah bersikeras selama berminggu-minggu bahwa akan tetap menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden akhirnya menyerah pada tekanan dan memutuskan keluar dari bursa capres AS untuk Pemilu AS 2024. Ini.arti pengunduran diri Biden bagi Kamala Harris, Partai Demokrat, dan Donald Trump.

Liputan6.com, Washington D.C - Joe Biden telah membalikkan keadaan jelang pemilu AS 2024. Setelah bersikeras selama berminggu-minggu bahwa dia akan tetap menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, dia menyerah pada tekanan dan memutuskan keluar dari pencalonan.

Bagaimana dampaknya bagi Wakil Presiden Kamala Harris, Partai Demokrat secara lebih luas, dan bagi Donald Trump?

Berikut ini ulasannya, mengutip BBC, Senin (22/7/2024):

Kamala Harris adalah Sebuah Risiko, Namun Banyak Anggota Partai Demokrat Ingin Mengambil Risiko Tersebut

Prospek Kamala Harris menjadi calon dari Partai Demokrat mendapat dorongan besar dengan dukungan Joe Biden.

Dia memberikan dukungan penuh kepada Harris, dan menyebut keputusannya untuk menjadikannya sebagai wakil presiden empat tahun lalu adalah keputusan terbaik yang pernah dia buat.

Kamala Harris menanggapinya dengan mengatakan bahwa dia merasa terhormat mendapat dukungannya dan akan melakukan segala kemungkinan untuk memenangkan nominasi.

Ada kemungkinan bahwa sebagian besar anggota Partai Demokrat akan mengikuti jejak presiden dan berada di belakang wakil presiden Kamala Harris untuk menghindari ketidakpastian yang sedang berlangsung kurang dari sebulan setelah konvensi Partai Demokrat.

Ada alasan praktis dan politis untuk melakukan hal tersebut.

Kamala Harris juga berada di urutan berikutnya dalam garis suksesi konstitusional. Gambaran kegagalan perempuan kulit hitam pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden akan berdampak buruk bagi partai tersebut. Dia juga akan segera memiliki akses terhadap dana sekitar $100 juta yang telah dikumpulkan kampanyenya sejauh ini.

Namun ada juga risikonya. Survei opini publik menunjukkan tingkat persetujuan Harris sama rendahnya dengan dirinya. Dan dalam pertarungan head-to-head melawan Donald Trump, kinerjanya kurang lebih sama dengan Biden.

Kedua, Harris terkadang mengalami masa-masa sulit sebagai wakil presiden. Pada awal pemerintahannya, ia diberi tugas untuk mengatasi akar penyebab krisis migrasi di perbatasan AS-Meksiko.

Ini adalah tantangan yang berat, dan sejumlah kesalahan langkah serta pernyataan yang salah membuat dia menerima kritik. Ia juga merupakan orang yang ditunjuk oleh pemerintah mengenai hak-hak aborsi, yang merupakan topik yang ia tangani dengan lebih efektif. Namun kesan pertama itu melekat.

Terakhir, dan mungkin yang paling penting, Harris telah mencalonkan diri untuk jabatan nasional – pencalonannya pada tahun 2020 untuk nominasi presiden dari Partai Demokrat – dan mengalami kegagalan yang parah.

Meskipun ia unggul lebih awal, kombinasi dari wawancara yang gagal, kurangnya visi yang jelas, dan kampanye yang tidak dikelola dengan baik menyebabkan ia keluar bahkan sebelum pemilihan pendahuluan yang paling awal.

Memilih Harris adalah sebuah risiko bagi Partai Demokrat, namun saat ini tidak ada pilihan yang aman. Dan taruhannya – kemungkinan kemenangan Donald Trump – sangatlah besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Konvensi Demokrat Sepeninggal Joe Biden dari Bursa Capres AS?

Selama setengah abad terakhir, konvensi politik telah berubah menjadi urusan yang membosankan. Dengan setiap menit yang ditulis dengan cermat untuk televisi, menit-menit tersebut telah menjadi iklan harian yang diperpanjang untuk calon presiden.

Konvensi Partai Republik pada minggu lalu memang demikian – bahkan dengan pidato penerimaan nominasi Donald Trump yang terlalu panjang dan terkadang bertele-tele.

Konvensi Partai Demokrat baru akan digelar bulan depan di Chicago dan akan menjadi sangat berbeda. Naskah apa pun yang sedang dikerjakan oleh partai dan kampanye Joe Biden, dibuang begitu saja. Bahkan jika partai tersebut berada di belakang Harris, akan sulit untuk merencanakan – dan mengendalikan – bagaimana segala sesuatunya akan terjadi di ruang konvensi.

Dan jika Harris tidak berhasil menyatukan partainya, konvensi tersebut bisa berubah menjadi konvensi politik yang bebas untuk semua, dengan berbagai kandidat bersaing untuk mendapatkan nominasi di depan kamera dan di balik pintu tertutup.

Hal ini dapat menjadi sebuah teater politik yang menarik, langsung dan tidak dapat diprediksi, dengan cara yang belum pernah disaksikan oleh masyarakat Amerika sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Rencana Permainan Partai Republik Berubah Arah, Si Kuat Vs Si Lemah Tak Ada Lagi

Konvensi Partai Republik tahun ini adalah mesin yang dikalibrasi dengan cermat, mempromosikan agenda partai yang paling populer dan memfokuskan kritik pada satu orang, Presiden Joe Biden.

Ternyata Partai Republik menargetkan orang yang salah.

Dengan adanya berita mengenai pembatalan kampanye Biden untuk terpilih kembali, rencana permainan Partai Republik yang dipelopori oleh Donald Trump telah berubah arah.

Partai Republik menghabiskan satu minggu penuh acara yang dirancang dengan cermat dan berfokus pada kelemahan Partai Demokrat yang menentang mereka.

Kampanye tersebut telah menyoroti kekuatan dan vitalitas kandidat mereka dengan memberinya penampilan yang meriah, didahului dengan penampilan mantan pegulat Hulk Hogan dan impresario Ultimate Fighting Championship Dana White, serta penampilan Kid Rock.

Upaya untuk kontras dengan anggapan kelemahan Biden – dan strategi untuk menghilangkan pemilih laki-laki yang lebih muda – terlihat jelas. Namun dalam skenario apa pun saat ini, calon dari Partai Demokrat adalah seseorang yang jauh lebih muda dari presiden.

Strategi kuat vs lemah melawan Wakil Presiden Kamala Harris atau salah satu gubernur muda dari Partai Demokrat yang disebut-sebut sebagai calon penerus Biden tidak akan memberikan dampak yang sama.

Jika Harris adalah calon presiden, diperkirakan Partai Republik akan mencoba mengaitkannya dengan kegagalan pemerintahan saat ini. Selama berbulan-bulan mereka menjulukinya border czar.

Meskipun mantan jaksa tersebut sama sekali bukan berasal dari sayap progresif partai tersebut, serangan-serangan Partai Republik sebelumnya terhadap Kamala Harris menunjukkan bahwa mereka mungkin juga menggambarkannya sebagai sosok radical left.

Tidak peduli siapa calonnya, Partai Republik pasti akan menyalahkan Partai Demokrat karena menutupi kelemahan Biden yang berkaitan dengan usia – dan membahayakan negara.

Pada titik ini, semua orang menjadi buta karena hanya tinggal beberapa bulan lagi hingga pemungutan suara presiden yang pertama dilakukan.

4 dari 4 halaman

Donald Trump Menahan Diri Puji Keputusan Bersejarah Joe Biden untuk Mundur Pemilu AS 2024

Pada hari Minggu (21/7), mengutip Lemonde.fr, Donald Trump selaku kandidat dari Partai Republik itu menahan diri untuk tidak memuji keputusan bersejarah Joe Biden yang mundur dari bursa capres untuk Pemilu AS 2024 --meskipun itu menandai akhir dari karir politiknya yang sangat panjang.

Kendati demikian, Mitt Romney, senator Partai Republik dari Utah dan salah satu sisa terakhir dari Grand Old Party atau Republikan adalah salah satu dari sedikit orang di kubu Donald Trump yang menyambut keputusan Joe Biden.

Sementara Donald Trump justru mengolok-olok keputusan Joe Biden.

"Presiden Joe Biden tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat – Dan tidak pernah,” tulis kandidat Partai Republik Donald Trump dalam sebuah postingan yang dibagikan di platform media sosial Truth Social miliknya pada hari Minggu (21/7) mengomentari Biden yang mengumumkan dia tidak akan mencalonkan diri kembali pada bulan November.

“Joe Biden yang curang tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat – Dan tidak pernah layak! Dia hanya mencapai posisi presiden melalui kebohongan, berita palsu, dan tidak meninggalkan ruang bawah tanahnya,” tulis Trump.

“Semua orang di sekitarnya, termasuk dokternya dan media, tahu bahwa dia tidak mampu menjadi presiden, dan dia tidak mampu – Dan sekarang, lihat apa yang telah dia lakukan terhadap negara kita, dengan jutaan orang melintasi Perbatasan kita, benar-benar tidak terkendali dan tidak diperiksa, banyak dari mereka berasal dari penjara, rumah sakit jiwa, dan jumlah teroris yang sangat banyak. Kami akan sangat menderita karena kepresidenannya, namun kami akan memperbaiki kerusakan yang telah ia lakukan dengan sangat cepat. Make America Great Again!” tulis Trump lagi seperti dikutip dari AFP,  Senin (22/7/2024).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini