Sukses

Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Rusia Sukses Gelar Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri PERMIRA 2024

Acara ini merupakan program kerja dari Departemen Minat dan Bakat PERMIRA 2024, yang menjadi puncak dari serangkaian kegiatan yang bertujuan mempromosikan budaya nusantara dan mencari talenta unggul dari pelajar-pelajar Indonesia yang tengah belajar di Rusia.

Liputan6.com, Moskow - PERMIRA (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Rusia) dan PERMIRA Perwakilan Kazan menggelar acara tahunan "Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri PERMIRA 2024" pada Sabtu (13/7/2024) di Kazan Federal University (KFU), Kazan, Rusia.

"Kolaborasi ini berhasil dan semoga menjadi contoh kolaborasi yang terus terjaga dengan baik. Kolaborasi kampus KFU dengan PERMIRA ini akan menjadi contoh untuk PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) lainnya," sebut Wakil Duta Besar Republik Indonesia (Wadubes RI) untuk Rusia Berlian Helmy dalam pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (23/7).

Sementara itu, Kepala Departemen Minat dan Bakat PERMIRA 2024 Riedho Dharmawan menyatakan, "Acara ini diharapkan tidak hanya mempererat persaudaraan antar mahasiswa/mahasiswi Indonesia di Rusia, tetapi juga memupuk bakat dan kemampuan mereka untuk bersiap menjadi calon diplomat muda yang akan menjadi representatif untuk mempromosikan budaya Indonesia dan juga dalam berbagai bidang. Acara ini juga diharapkan dapat membuka peluang-peluang kerja sama antara Indonesia dan Rusia dalam bidang pendidikan, seperti kerja sama antar universitas dan kolaborasi acara-acara budaya kedua negara."

Hasil penilaian juri menetapkan Karimatiar Elang Kusuma Dwiansyah dari Peoples' Friendship University of Russia sebagai Putra PERMIRA 2024 dan Jiva Saccid Anandyta dari Peoples' Friendship University of Russia sebagai Putri PERMIRA 2024. Di urutan kedua, para juri menetapkan Ilham Maulana dari Peter The Great Saint Petersburg Polytechnic University, Saint Petersburg, dan Kiki Rizki Agustiani Putri dari Far Eastern Federal University, Vladivostok, sebagai runner up. Posisi ketiga ditempati oleh Hikmah Abrar dari Kazan Federal University dan Dewi Sartika Taula’bi dari Peoples' Friendship University of Russia.

Adapun juri yang terlibat secara langsung menyeleksi para finalis Putra Putri Permira adalah akademisi Connie Rahakundini Bakrie; Wadubes Berlian; Plh. Atdikbud KBRI Moskow Nanang S. Fadhillah; Atase Pertahanan RI untuk Rusia Marsama TNI Jatmiko Adi; dan Wakil Rektor KFU Alishev Timirkhan. Para peserta dinilai berdasarkan beberapa kriteria antara lain berkas pendaftaran, motivation letter, essay, kehadiran pembekalan, keaktifan pembekalan, dan konten Instagram.

Sejumlah pemateri terkemuka hadir dalam acara ini untuk membagikan ilmu dan pengalaman mereka kepada para peserta sebelum proses seleksi dimulai antara lain Wadubes Berlian; Staf Khusus Presiden RI 2019-2024 Billy Mambrasar; tokoh publik Jovial da Lopez; Putri Indonesia DKI Jakarta 6 Vanessa Zahra; dan Plh. Atdikbud KBRI Moskow Nanang.

"Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa/i Indonesia yang ada di Rusia mampu mempererat hubungan antar sesama dan meningkatkan kemampuannya di kancah internasional," tutur ketua pelaksana acara Meranti Galuh Asmoroputri yang yakin bahwa melalui kegiatan ini, mahasiswa/i Indonesia di Rusia memiliki potensi besar dalam mewujudkan terciptanya generasi emas Indonesia yang memberikan peranan penting dalam peningkatan hubungan bilateral antara Rusia-Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mempromosikan Hubungan Indonesia-Rusia

Puncak acara "Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri PERMIRA 2024" dihadiri oleh sekitar 300 pengunjung yang terdiri dari peserta kegiatan Summer Campus Kazan Federal University dan mahasiswa/i dari mancanegara. Acara dibuka meriah dengan sambutan oleh Wakil Rektor KFU Timirkhan.

"Teman-teman dari Indonesia sangat banyak yang bertalenta, saya ingin untuk bisa selalu ke Indonesia setiap tahunnya karena Indonesia adalah negara yang hangat dan membawa aura positif," ungkap Timirkhan.

Rangkaian acara dimeriahkan penampilan dari mahasiswa-mahasiswi Indonesia di Kazan (Permikaz) yang mempertontonkan pencak silat, tarian dari Ambon, pembacaan puisi, solo vokal, penampilan kolaborasi finalis Putra-Putri PERMIRA, Band Garuda, dan Tari Indang.

"Para pemenang Putra Putri PERMIRA 2024 diharapkan dapat menjadi duta dan contoh konkret bagi generasi emas Indonesia untuk mempromosikan hubungan baik antara Indonesia dan Rusia," ujar Riedho.

"Dukungan dari KBRI Moskow, Kazan Federal University, Etnomir, Friendship Society with Indonesia, Dialogue of Culture, atase pertahanan, Shufu, Paruski, PPI Dunia, Felari, Zetizens, Republika dan banyak pihak lainnya memainkan peran penting dalam suksesnya acara ini. Dengan semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan, generasi muda Indonesia di Rusia siap untuk terus menjalin hubungan bilateral yang kuat dan positif antar kedua negara."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.