Sukses

5 Pesawat Luar Angkasa Tercepat Dalam Sejarah, Cukup 9 Jam Sampai ke Bulan

Hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk melakukan penelitian yang lebih komprehensif dan mengumpulkan lebih banyak data dalam waktu yang lebih singkat. Berikut pesawat luar angkasa tercepat yang pernah beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat luar angkasa yang memiliki kecepatan luar biasa memungkinkan eksplorasi yang lebih efisien ke luar angkasa. Dengan kecepatan tinggi, perjalanan ke objek antariksa lain menjadi jauh lebih singkat.

Hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk melakukan penelitian yang lebih komprehensif dan mengumpulkan lebih banyak data dalam waktu yang lebih singkat. Berikut pesawat luar angkasa tercepat yang pernah beroperasi.

1. Parker Solar Probe

Pesawat luar angkasan tercepat hingga saat ini adalah Parker Solar Probe. Melansir laman resmi Live Science pada Rabu (24/07/2024), Parker Solar Probe diluncurkan ke arah matahari pada Agustus 2018.

Wahana ini dilengkapi dengan pelindung panas dan radiator supaya bisa terbang jarak dekat dengan matahari. Parker Solar Probe milik NASA menjadi wahana antariksa pertama yang terbang melalui Corona Mass Ejection (CME) matahari.

Bahkan wahana ini berhasil merekam keseluruhan peristiwa tersebut. Parker Solar Probe menggunakan manuver gravitasi Venus untuk mempercepat dirinya sendiri hingga mencapai kecepatan sekitar 700.000 km per jam.

Kecepatan ini memungkinkan Probe untuk bertahan dalam suhu ekstrem dan radiasi intensitas tinggi di sekitar matahari, sambil mengumpulkan data esensial tentang angin surya dan kondisi di korona matahari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juno

2. Juno

Salah satu wahana antariksa tercepat selanjutnya pesawat luar angkasa bernama Juno. Dikutip dari laman NASA pada Rabu, (24/07/2024), Juno, sang penjelajah kosmik, telah mengorbit Jupiter sejak 2016.

Misi Juno telah membuka tabir misteri Jupiter, memberikan wawasan baru tentang atmosfernya yang kacau, medan magnetnya yang kuat. Juno melaju dengan kecepatan luar biasa, mencapai 257.495 kilometer per jam saat memasuki orbit Jupiter.

Pencapaian ini mengukuhkan Juno sebagai pesawat luar angkasa tercepat pada masanya sebelum dikalahkan oleh Parker Solar Probe.

3. Helios 2

Helios 2 merupakan pesawat luar angkasa tercepat di masanya. Pesawat hasil kerjasama Jerman Barat dan Amerika Serikat ini berhasil mencapai kecepatan 207.433 kilometer per jam.

Rekor yang bertahan selama lebih dari 40 tahun sebelum dilampaui oleh Parker Solar Probe pada 2018. Diluncurkan pada 1976, Helios 2 membawa misi ambisius untuk mendekati matahari dan mempelajari proses fisik yang terjadi di sana.

Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai instrumen canggih untuk mengukur medan magnet, angin matahari, dan partikel berenergi tinggi di sekitar Matahari.

 

3 dari 3 halaman

Voyager 1

4. Voyager 1

Voyager 1 dibuat untuk meneliti planet-planet tata surya terluar. Pesawat luar angkasa ini pertama kali diluncurkan pada 1977.

Saat itu, Viyager 1 meluncur dengan kecepatan maksimal 62.140 km/jam. Pencapaian itu terjadi ketika Voyager 1 melewati batas tata surya pada 2012.

Awalnya, Voyager 1 menjelajahi Jupiter dan Saturnus. Namun, pesawat antariksa tanpa awak tersebut bisa mencapai planet-planet terluar.

Hal ini membuat Voyager 1 dijuluki pesawat luar angkasa tercepat di dunia pada zamannya.

5. New Horizons

New Horizons adalah wahana antariksa tak berawak milik NASA yang diluncurkan pada 2006. Wahana ini memiliki misi utama untuk menjelajahi Pluto dan objek-objek di Sabuk Kuiper.

Misi ini menjadi tonggak sejarah dalam penjelajahan ruang angkasa, karena berhasil menjangkau Pluto untuk pertama kalinya pada 2015, setelah menempuh perjalanan selama 9 tahun. Kecepatannya mencapai sekitar 58.500 km/jam.

Melansir laman NASA pada Rabu (24/07/2024), dengan kecepatan yang dimilikinya, New Horizon dapat mencapai jarak bumi ke bulan hanya dalam 9 jam saja. Jika dibandingkan, Apollo saja butuh 3 hari untuk mencapai jarak bumi ke bulan.

Kecepatan dari New Horizons pun pernah tercatat melebihi 84 ribu km per jam pada Agustus 2016.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.