Sukses

Chang Li-yun Siswi SD Keturunan Indonesia-Taiwan Menang Penghargaan Pendidikan Presiden 2024

Saat menghadiri upacara penghargaan Presiden Taiwan Lai Ching-te menyatakan bahwa setiap pemenang memiliki kisah hidup yang luar biasa, termasuk siswi keturunan Indonesia.

Liputan6.com, Taipei - Seorang anak keturunan Indonesia dilaporkan meraih penghargaan bergengsi di Negeri Formosa, Taiwan, beru-baru ini.

Laporan focustaiwan.tw yang dikutip Kamis (1/8/2024) menyebut Presiden Lai Ching-te hari Jumat (5/7) memberikan penghargaan kepada pemenang Penghargaan Pendidikan Presiden 2024 di Istana Presiden. Salah satu penerimanya adalah seorang siswi Sekolah Dasar (SD) keturunan Taiwan-Indonesia, Chang Li-yun.

Adapun sebanyak 56 orang memenangkan Penghargaan Presiden 2024.

Saat menghadiri upacara Penghargaan Pendidikan Presiden 2024 pada hari Jumat (5/7), Lai menyatakan bahwa setiap pemenang memiliki kisah hidup yang luar biasa.

Chang Li-yun, siswi keturunan Taiwan-Indonesia dari SD Pinglin di Kabupaten Nantou,memiliki ayah seorang tunarungu dan tunawicara. Sejak kecil ia harus membantu merawat dua adiknya serta mengurus pekerjaan rumah tangga, kendati demikian ia tetap memiliki rasa ingin tahu yang kuat, menunjukkan bakat di bidang teknologi, dan meraih prestasi dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar sekolah.

Chang yang merupakan keturunan Indonesia ini mengatakan bahwa uang penghargaan dari Penghargaan Pendidikan Presiden dapat mengurangi beban keluarganya.

"Pengalaman ini juga membantunya menemukan minatnya serta memperoleh pengalaman yang diperlukan untuk kompetisi di masa depan," kata Chang Li-yun.

Chang merasa bahwa dirinya adalah orang biasa dan tidak berbeda dari orang lain karena kesulitan keluarganya. Ia pun merasa rendah diri terhadap orang lain karena hal tersebut.

“Saat masih di kelas rendah, saya melihat kakak-kakak senior melakukan hal-hal yang menakjubkan, dan saya berpikir bahwa pasti akan lebih menakjubkan lagi jika saya melakukannya sendiri,” tuturnya mengenai ketertarikan pada teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsisten Angkat Budaya Indonesia, Karya Desainer Indonesia Kembali Raih Penghargaan Internasional

Sementara itu, Karya anak bangsa Indonesia kembali mendapat apresiasi positif dalam kontes internasional Property Awards. Kali ini, giliran Arkadia Works yang mampu menembus Asia Pacific Property Awards 2024.

Penghargaan bergengsi ini diselenggarakan oleh media properti internasional yang berbasis di London, United Kingdom. Penghargaan ini menjadi kebanggaan karena Arkadia Works berhasil memenangkan kategori tersebut selama empat tahun berturut-turut dan dapat bersaing dengan banyak karya lainnya di region Asia Pacific.

 Kali ini, Arkadia Works mengusung tema "Digital Future of Nusantara" dan meraih penghargaan dalam kategori "Office Interior Indonesia" pada ajang Asia Pacific Property Awards yang diselenggarakan di Bangkok Marriott Marquis Queen's Park, Thailand, pada 30 Mei 2024.

Melalui karyanya, Arkadia Works merancang sebuah kantor yang dinamis dan modern, dengan menghadirkan warisan budaya Indonesia, untuk BDx, perusahaan penyedia solusi data center dan hybrid computing yang berlokasi di Hong Kong, China, Singapura, dan Indonesia.

Desainer mengangkat kekayaan warisan budaya Indonesia dengan mengaplikasikan pola kain tradisional seperti kain ulos dari Sumatera Utara, Songket Pucuk Rebung dari Palembang, dan tenun Tanimbar dari Maluku pada sandblast.

Selain itu, penggunaan kursi antik khas Jawa, kain bermotif batik pada sarung bantal, roster sebagai partisi ruangan, serta kursi dan lampu rotan dipilih untuk menambah suasana tradisional Indonesia.

Secara konsisten melalui karya-karyanya, Arkadia Works mempertahankan dan mempromosikan budaya lokal di tengah arus modernisasi dan globalisasi. Desain yang mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia ini tidak hanya mendapatkan apresiasi di dalam negeri tetapi juga di kancah internasional, membuktikan bahwa budaya Nusantara memiliki daya tarik dan nilai yang universal.

Karya tahun ini melengkapi tiga tahun karya sebelumnya yaitu "The Eclectic of Yogyakarta" pada 2021, "Tales of Batik" pada 2022, "Dance in Diversity" pada 2023, dan."Digital Future of Nusantara” pada tahun ini.

Atas beberapa pencapaian ini, CEO Arkadia Works, Wiza Hidayat, ditunjuk sebagai salah satu pembicara dalam sesi expert panel discussion dan menjadi satu-satunya perwakilan perusahaan Indonesia di sesi tersebut.

“Desain yang baik tidak hanya indah secara estetis, tetapi juga harus memperhatikan fungsi,kesehatan, teknologi, dan inklusivitas untuk meningkatkan kualitas hidup pengguna ruangan,” kata Wiza bersama expert lainnya.

Asia Pacific Property Awards merupakan sebuah ajang tahunan penghargaan di bidang arsitektur, interior, dan real estate berskala dunia yang berbasis di London, United Kingdom.

Pada 2024 ini, terdapat lebih dari 400 karya yang masuk dari berbagai negara di Asia Pasifik dan lebih dari 500 tamu dan tokoh-tokoh industri untuk merayakan keunggulan di bidang arsitektur, desain interior, real estate, dan pengembangan properti.

  

3 dari 4 halaman

Bangga, Tiga Siswa Indonesia Raih Medali Perak di Ajang Bergengsi Olimpiade Biologi Internasional 2024

Sementara itu, tim Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang internasional. Pada International Biology Olympiad (IBO) atau Olimpiade Biologi Internasional ke-35 yang diselenggarakan di Astana, Kazakhstan, tiga siswa Indonesia berhasil meraih medali perak.

Ketiga siswa tersebut adalah Aaron Christian Endrij (SMAK BPK Gading Serpong), Keisha Rochelline Simorangkir (SMAN 8 Jakarta) dan Erlangga Dief Putra Hamam (SMA Al Irsyad Al Islamiyah). Selain itu, Samuel Cristian (SMAN 19 Jakarta) juga berpartisipasi dalam IBO 2024.

"Saya sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan Tim Indonesia di IBO 2024. Prestasi ini merupakan bukti bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing di kancah internasional," tegas Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, M. Fadjroel Rachman di sela-sela acara penutupan dan penyerahan medali IBO 2024 seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Rabu (17/7/2024).

 

4 dari 4 halaman

Selamat, Mikael Jasin Asal Indonesia Jadi Juara Pertama World Barista Championship 2024 di Korea Selatan

Prestasi membanggakan yang ditorehkan anak bangsa lainnya datang dari Mikael Jasin. Ia dinobatkan sebagai juara World Barista Championship 2024.

Kontes pencarian barista nomor satu dunia ini berlangsung di Busan, Korea Selatan pada 1-4 Mei 2024. Setidaknya ada 53 orang peserta dari berbagai negara.

Mikael Jasin mengaku tidak percaya dirinya bisa berada di peringkat pertama dan menyebut pencapaian ini sebagai mimpi yang jadi kenyataan.

Berikut ini ungkapan hati Mikael Jasin usai menjadi jawaran di World Barista Championship 2024 yang ia tulis di akun Instagram-nya @mikaeljasin.

"Tidak menyangka. Sulit digambarkan."

"Juara Barista Dunia 2024 🌍🏆."

"Butuh beberapa saat bagi saya untuk sepenuhnya memproses hal ini, namun untuk saat ini saya sangat tersanjung dan bersyukur atas besarnya cinta dan dukungan yang kami terima."

"Mimpi yang menjadi kenyataan ❤️.Selalu merasa bersyukur."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini