Sukses

6 Penemuan Paling Aneh dan Menarik

Manusia tidak hanya menghasilkan penemuan yang luar biasa canggih, namun juga penemuan-penemuan aneh dan menarik. Melansir laman Britannica pada Selasa (30/07/2024), berikut penemuan paling aneh dan menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sejarah, teknologi mengalami perkembangan yang pesat sejak inovasi-inovasi terus dilakukan manusia. Teknologi yang semakin canggih memudahkan kehidupan manusia sehari-hari.

Manusia tidak hanya menghasilkan penemuan yang luar biasa canggih, namun juga penemuan-penemuan aneh dan menarik.

Melansir laman Britannica pada Selasa (30/07/2024), berikut penemuan paling aneh dan menarik.

1. Mesin Catur Otomatis

Sebuha mesin catur otomatis bernama The Turk pertama kali dibuat pada abad ke 28 oleh Wolfgang von Kempelen. Mesin ini tampak seperti robot yang sedang bermain catur, lengkap dengan jubah Turki dan sorban.

Kala itu, mesin ini berhasil memikat masyarakat Eropa. Ada banyak pemain catur profesional yang menantang mesin ini dan berakhir dengan kekalahan.

Termasuk kaisar penakluk Eropa dari Perancis, Napoleon Bonaparte pernah menantang mesin tersebut dan kalah. Rahasia di balik keajaiban ini adalah seorang master catur yang bersembunyi di dalam mesin, mengendalikan gerakannya.

The Turk ternyata adalah sebuah pertunjukan ilusi yang memperlihatkan kecerdikan manusia dalam menciptakan hiburan dengan cara yang kreatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat Pemindai Otak

2. Alat Pemindai Otak

Pada 1920-an, Alois Benjamin Saliger datang dengan ide revolusioner untuk mempengaruhi pikiran seseorang saat tidur dengan Psycho-Phone. Alat ini diklaim dapat mengirimkan pesan-pesan sugesti yang masuk ke alam bawah sadar saat orang tidur.

Nantinya pesan tersebut akan mengubah tingkah laku dan keputusan mereka di kehidupan nyata. Memang teknologi ini seolah-olah bagaikan alat dari film fiksi ilmiah, alat ini tidak pernah terbukti efektif dan lebih dianggap sebagai keingintahuan ilmiah yang sebenarnya tidak praktis di kehidupan nyata.

3. Pasta Gigi Radioaktif

Radium dianggap sebagai zat ajaib dengan berbagai manfaat kesehatan pada awal abad 20. Pasta gigi yang mengandung radium dijual dengan klaim mampu memberikan gigi yang lebih putih dan kesehatan mulut yang lebih baik.

Namun, radium ternyata sangat berbahaya, menyebabkan kerusakan jaringan dan meningkatkan risiko kanker. Tak lama kemudian produk ini segera ditarik dari pasaran.

4. Dynasphere

Dynasphere adalah kendaraan berbentuk roda tunggal raksasa diciptakan oleh Dr. J. A. Purves dari Inggris. Kendaraan ini dirancang untuk menampung satu atau dua orang di dalam roda besar yang berputar di sekeliling mereka.

Meskipun konsep ini menakjubkan dan tampak futuristik, Dynasphere sulit dikendalikan dan stabilitasnya menjadi masalah besar. Alhasil, kendaraan ini tidak pernah mencapai penggunaan yang luas dan lebih dikenang sebagai eksperimen aneh dalam sejarah transportasi​.

 

3 dari 3 halaman

Topi Radio

5. Topi Radio

Penemuan paling aneh dan menarik sealanjutnya adalah topi radio yang ditemukan Victor T. Hoeflich pada 1940-an. Topi ini dilengkapi dengan antena dan komponen radio mini yang memungkinkan pemakainya mendengarkan siaran radio sambil tetap bergerak.

Meskipun ide ini inovatif dan menarik, topi radio ini tidak praktis karena antenanya yang mencuat.

6. Goggles TV

Zaman modern ini kita sudah mempunyai teknologi VR (Virtual Reality) yang dapat menciptakan dunia virtual dan penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia tersebut. Menariknya konsep tersebut ternyata sudah ada 61 tahun lalu tepatnya pada 1963, Hugo Gernsback, seorang penemu dan penerbit fiksi ilmiah, memperkenalkan Goggles TV.

Alat ini adalah perangkat televisi mini yang dipasang di kepala, menyerupai kacamata besar. Meskipun inovatif, perangkat ini berat, tidak nyaman, dan layar kecilnya membuat menonton TV menjadi kurang memuaskan.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.