Sukses

5 Orang Pekerja Tambang di Vietnam Tewas Tertimbun Batu Bara

Semua korban berjenis kelamin laki-laki berusia antara 23 dan 47 tahun. Mereka adalah karyawan unit penambang batu bara milik negara Vinacomin.

Liputan6.com, Quang Ninh - Lima orang pekerja penambang batu bara tewas setelah sebuah tertimpa reruntuhan hasil tambang di Vietnam utara. Hal ini dikonfirmasi oleh kata pihak berwenang setempat pada Selasa (30/7/2024).

Kecelakaan itu terjadi pada Senin (29/7) di sebuah lokasi tambang batu bara di provinsi Quang Ninh.

Wilayah ini merupakan daerah pertambangan batu bara terbesar di negara itu, kata Komite Rakyat provinsi dalam sebuah pernyataan.

Semua korbannya berjenis kelamin laki-laki berusia antara 23 dan 47 tahun. Mereka adalah karyawan unit penambang batu bara milik negara Vinacomin.

Vinacomin belum memberikan komentar tentang insiden itu, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (30/7).

Meski begitu, proses penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan sedang berlangsung, kata komite provinsi.

Kecelakaan pertambangan batu bara bukanlah hal yang jarang terjadi di Vietnam, yang masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik.

Pembangkit listrik tenaga batu bara menyumbang 60 persen dari produksi listrik negara itu pada paruh pertama tahun ini.

Pada April 2024, empat penambang batu bara tewas dan tujuh lainnya terluka dalam ledakan gas tambang batu bara di sebuah tambang yang dijalankan oleh unit lain Vinacomin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Tanzania Tewas Saat Tambang Emas di Lokasi Ilegal dan Rawan Bencana

Kejadian mengenaskan juga pernah terjadi di sebuah tambang emas ilegal di Tanzania mengalami longsor dan menewaskan sedikitnya 22 orang di negara tersebut.

Longsor di tambang emas Tanzania utara ini terjadi setelah hujan lebat melanda, kata seorang pejabat senior pemerintah pada Minggu (14/1/2024).

Tragedi itu terjadi pada Sabtu pagi di wilayah Simiyu setelah sekelompok orang berusia antara 24 dan 38 tahun mulai menambang di wilayah yang aktivitasnya dibatasi karena hujan lebat, kata Simon Simalenga, komisaris distrik Bariadi di wilayah tersebut, dikutip dari laman indiatoday, Senin (15/1).

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Pesawat Pembawa Pekerja Tambang Rio Tinto Jatuh di Kanada, 6 Orang Tewas

Sementara itu, pernah terjadi kecelakaan pesawat di Kanada. Sejumlah penumpang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

Laporan AFP yang dikutip Rabu (24/1/2024) menyebut, enam orang tewas ketika sebuah pesawat komuter kecil yang membawa para pekerja ke tambang Rio Tinto di ujung utara Kanada yang bersalju jatuh pada Selasa (23/1) tak lama setelah lepas landas.

Rio Tinto, perusahaan raksasa pertambangan Australia, mengatakan sebuah pesawat yang menuju tambang Diavik dan "membawa sejumlah orang kami jatuh dan mengakibatkan korban jiwa."

Menurut sumber penerbangan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena tidak berwenang berbicara kepada media, satu orang selamat.

Joint Rescue Coordination Centre (Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan) di Trenton, Ontario mengatakan kontak dengan pesawat itu hilang tak lama setelah lepas landas sekitar pukul 08.50 waktu setempat dari Fort Smith, yang berjarak 320 kilometer (200 mil) barat daya ibu kota regional Yellowknife.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.