Sukses

Kereta Penumpang di India Tergelincir dan Picu 18 Gerbong Keluar Rel, 2 Orang Tewas

Kecelakaan kereta India itu terjadi sekitar waktu yang sama ketika kereta barang yang datang dari sisi berlawanan tergelincir, mungkin bertabrakan dengan kereta penumpang saat melintas.

Liputan6.com, Jamshedpur - Sebuah kereta penumpang India tergelincir dan beberapa gerbongnya terbalik pada hari Selasa (30 Juli 2024), menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai 20 lainnya.

Kereta Howrah-Mumbai Express tergelincir di dekat Jamshedpur di negara bagian timur Jharkhand sebelum fajar.

"Setidaknya dua orang tewas dan 20 orang terluka," kata juru bicara Indian Railways Om Prakash Charan kepada AFP.

Kecelakaan kereta itu terjadi sekitar waktu yang sama ketika kereta barang yang datang dari sisi berlawanan tergelincir, mungkin bertabrakan dengan kereta penumpang saat melintas.

"Ada kereta barang yang tergelincir lagi di dekatnya, tetapi tidak jelas apakah kedua kecelakaan itu terjadi secara bersamaan," kata Charan.

Sebanyak 18 gerbong kereta terlempar dari rel, imbuh Charan, dengan operasi penyelamatan masih berlangsung untuk membersihkan lokasi.

Jaringan kereta api India yang luas merupakan moda transportasi utama di negara yang luas ini, tetapi pendanaannya kurang dan kecelakaan yang mematikan sering terjadi.

India telah meluncurkan modernisasi infrastruktur kereta api senilai US$30 miliar dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi dan konektivitas. Namun, para analis mengatakan bahwa meskipun jumlah kecelakaan telah menurun seiring berjalannya waktu, sistem kereta kuno India masih memiliki jalan panjang yang harus ditempuh.

Untuk diketahui, Indian Railways, jaringan kereta terbesar keempat di dunia, mengoperasikan sekitar 14.000 kereta setiap hari dengan 8.000 lokomotif di atas sistem rel yang sangat luas sepanjang sekitar 64.000 km.

Kereta tersebut mengangkut lebih dari 21 juta orang setiap hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

300 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta 2023

Rata-rata 20.000 orang meninggal setiap tahun antara tahun 2017 dan 2021 dalam kecelakaan kereta api, menurut catatan resmi.

Rel yang rusak, perawatan yang buruk, dan perangkat persinyalan yang lama dikombinasikan dengan kesalahan manusia merupakan penyebab utama anjloknya kereta api, menurut laporan dari otoritas audit tertinggi India.

Tahun 2023 lalu, hampir 300 orang tewas ketika kereta penumpang dan kereta barang yang tidak bergerak bertabrakan, dengan kompartemen yang anjlok kemudian menghantam layanan penumpang lain yang bergerak cepat.

Kecelakaan kereta api terburuk di India terjadi pada tahun 1981, ketika sebuah siklon menerbangkan sebuah kereta api keluar dari relnya dan jatuh ke sungai di negara bagian Bihar, yang mengakibatkan 800 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka.

 

3 dari 4 halaman

Kereta Tergelincir di India Picu Gerbong Terbalik, 2 Korban Tewas dan 24 Orang Terluka

Sebelumnya, sebuah kereta penumpang India tergelincir dan beberapa gerbongnya terbalik pada hari Kamis (18/7/2024), menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai 24 orang lainnya sementara upaya penyelamatan dan bantuan terus dilakukan.

Sebuah kereta penumpang India tergelincir dan beberapa gerbongnya terbalik pada hari Kamis (18/7/2024), menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai 24 orang lainnya sementara upaya penyelamatan dan bantuan terus dilakukan.

Chandigarh-Dibrugarh Express, layanan penumpang dengan 22 gerbong yang menempuh jarak 2.640 kilometer (1.640 mil), tergelincir di dekat kota suci Hindu di utara Ayodhya, sekitar pukul 14:30 (09.00 GMT).

“Dua orang tewas,” kata juru bicara Kereta Api India Pankaj Kumar Singh kepada AFP dikutip Jumat (19/7/2024). 

Komisaris bantuan negara bagian Uttar Pradesh Naveen Kumar mengatakan kepada AFP bahwa 35 orang lainnya terluka, tiga di antaranya dalam kondisi serius. Dia menambahkan, operasi penyelamatan telah selesai dan tidak ada seorang pun yang terjebak di dalam kereta.

Sejauh ini penyebab insiden kecelakaan itu belum jelas.

Setidaknya empat gerbong terbalik di lokasi kecelakaan di Distrik Gonda, lapor lembaga penyiaran NDTV.

Rekaman yang disiarkan oleh jaringan tersebut menunjukkan para penumpang berdiri di atas kompartemen yang tergelincir dan terjatuh sementara yang lain berseliweran di sekitar reruntuhan.

“Kecelakaan kereta api di Distrik Gonda sangat menyedihkan,” ujar Ketua Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath melalui platform media sosial X.

“Pejabat pemerintah distrik telah diarahkan untuk melakukan operasi pertolongan dan penyelamatan dengan alasan perang dan membawa korban luka ke rumah sakit,” tambah Yogi Adityanath.

“Saya berdoa kepada Lord Ram agar korban luka cepat sembuh.”

 

4 dari 4 halaman

140 Orang Terluka dalam Tabrakan Kereta dan Truk di Rusia

Di negara lain, kecelakaan kereta terkini akibat tabrakan dengan truk Kamaz yang terjadi di wilayah Volgograd, Rusia, pada Senin (29/7/2024).

"Sebanyak 803 penumpang sedang menaiki kereta api pada saat kecelakaan itu. Sekitar 140 orang mengalami luka lecet dan memar," kata Russian Railways seperti dilansir RIA Novosti.

Sementara itu, Russian Railways seperti dikutip dari kantor berita TASS melaporkan bahwa delapan gerbong kereta penumpang tergelincir dalam tabrakan tersebut.

"Lalu lintas kereta api di bagian rel di wilayah Volgograd telah dihentikan setelah tergelincirnya kereta api," tambah Russian Railways.

Kereta nahas tersebut berangkat dari Kazan di Republik Tatarstan menuju Adler di pantai Laut Hitam.

Al Arabiya menyebutkan bahwa 324 pekerja darurat terlibat dalam operasi penyelamatan.

Saluran Telegram Mash mengatakan setidaknya dua orang tewas, namun sejauh ini belum ada konfirmasi resmi.

Masinis kereta api, sebut Russian Railways, menginjak rem mendadak saat melihat truk Kamaz, yang masinisnya melanggar peraturan lalu lintas dan memasuki perlintasan kereta api meskipun terdapat alarm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.