Sukses

Surat Tulisan Tangan Putri Diana untuk Pembantu Dekatnya Ini Dilelang Rp1,1 M

Surat tulisan tangan Putri Diana menggambarkan hubungan yang sangat intim dengan mantan pembantu rumah tangganya.

Liputan6.com, London - Surat tulisan tangan dan kartu dari Putri Diana kepada mantan pembantu rumah tangganya telah terjual dalam lelang dengan harga 54.500 poundsterling atau sekitar Rp1,1 miliar.

Dilansir BBC, Kamis (1/8/2024), surat-surat tersebut dikirimkan kepada Violet Collison, pembantu rumah tangga di Park House di Estate Sandringham, tempat Putri Wales menghabiskan masa kecilnya.

Dikenal sebagai Collie oleh Putri Diana, pembantu rumah tangga ini tetap dekat dengan Putri Diana dan bahkan mengirimkan hadiah untuknya dan Pangeran William serta Pangeran Harry. Diana lalu meresponsnya dengan surat ucapan terima kasih dan kartu Natal.

Item-item tersebut dilelang di rumah lelang Sworders di Stansted Mountfitchet, Essex.

Salah satu surat, yang ditulis di kertas bertanda Istana Buckingham, dikirimkan tiga pekan sebelum pernikahan Diana dengan Pangeran Charles.

"Semua orang sibuk berlomba-lomba melakukan dekorasi terakhir," catat Lady Diana Spencer pada saat itu, menambahkan: "Bride-to-be tetap tenang!"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingginya Minat Publik

Surat lain dari September 1984, isinya Putri Diana berterima kasih kepada mantan pembantu rumah tangganya atas hadiah untuk Pangeran Harry.

Dia menulis: "William sangat menyukai adik kecilnya dan menghabiskan waktu seluruhnya memanjakan Harry dengan ciuman dan pelukan yang tak terhingga."

Luke Macdonald, direktur Sworders auctioneers, mengatakan surat-surat tersebut "sangat intim".

"Mereka (surat) adalah hal-hal yang mungkin tidak kita ketahui di luar lingkaran kecil keluarga kerajaan," katanya menambahkan.

"Fakta bahwa dia ingin mengucapkan terima kasih khusus - meskipun hadiah kecil - benar-benar menunjukkan betapa baik hati, dermawan, dan pedulinya Diana."

Lembaga lelang mengatakan minat terhadap barang-barang tersebut datang dari seluruh dunia, terutama Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Amplop Surat Berusia 33 Tahun dari Putri Diana untuk Jimmy Savile Dilelang Rp13 Juta

Sebelumnya, amplop dari Putri Diana untuk presenter BBC Jimmy Savile puluhan tahun yang lalu juga dijual dengan harga 699 poundsterling (Rp13,4 juta).

Kolektor autograf yang menjual amplop tersebut bernama Michael Wain. Ia memperoleh amplop ini melalui rumah lelang Amerika pada awal tahun dan kini berencana untuk menjualnya kepada khalayak Inggris.

Amplop yang ditulis oleh Diana pada tanggal 17 November 1990 memiliki cap pos yang menunjukkan bahwa itu dikirim dari Gloucestershire. Kemungkinan besar amplop tersebut ditulis dan dikirim dari kediaman mantan Putri Wales dan suaminya, Charles saat itu di Highgrove, Tetbury.

Baca selengkapnya... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.