Sukses

Deretan Hewan di Palung Mariana, Hidup di Kedalaman Ribuan Meter

Berikut hewan-hewan yang hidup di kedalaman Palung Mariana.

Liputan6.com, Jakarta - Palung Mariana merupakan palung terdalam yang diketahui hingga saat ini. Bagaikan jurang raksasa, palung ini menyimpan rahasia terdalam bumi.

Terletak di Samudra Pasifik Barat, Palung Mariana berbentuk cekungan melengkung dan membentang sejauh 1.580 mil atau sekitar 2.540 kilometer. Palung ini memiliki ukuran lebar sekitar 43 mil atau setara dengan 69 kilometer.

Dikutip dari laman Encyclopaedia Britannica pada Jumat (02/08/2024), Palung Mariana terletak di zona hadal adalah salah satu habitat yang paling sedikit dieksplorasi di Bumi. Pada kedalaman yang dianggap tidak akan ada yang bertahan di sana ternyata ada kehidupan yang unik.

Berikut hewan-hewan di Palung Mariana.

1. Dumbo Octopus

Dumbo octopus merupakan gurita yang memiliki tentakel pendek melingkar, serta mata dan mulut yang unik. Spesies ini memiliki sirip yang menyerupai telinga.

Gurita berukuran 30 sentimeter ini tinggal di kedalaman sekitar 3.962 meter dalam Palung Mariana. Walaupun tampak tidak berbahaya, dumbo octopus mampu melahap dan menelan mangsanya sekaligus dalam waktu singkat.

2. Hiu Goblin

Spesies hiu goblin menjadi hewan yang mampu hidup di kedalaman Palung Mariana selanjutnya. Hewan ini memiliki gigi tajam mencuat keluar. Ciri khusus yang dimiliki hiu goblin selain giginya adalah mereka memiliki dahi yang menonjol ke depan seperti tanduk.

Hiu goblin adalah perenang handal di kegelapan palung Mariana. Makhluk laut ini bisa tumbuh hingga sepanjang 5,5 meter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telescope Octopus

3. Telescope Octopus

Dumbo bukanlah satu-satunya gurita yang hidup di Palung mariana, Telescope octopus dapat ditemukan di kedalaman 1.981 meter. Tak seperti gurita lain, gurita teleskop berenang secara vertikal dari atas ke bawah dan sebaliknya.

Cara spesies ini berenang agar predator sulit untuk menangkap dirinya. Tubuh gurita teleskop yang nyaris transparan juga mempermudahnya untuk bersembunyi.

4. Frilled Shark

Frilled shark atau hiu berjumbai menjadi hewan yang hidup di Palung Mariana selanjutnya. Jumbai spesies ini berfungsi sebagai insang, setidaknya ada enam sampai tuju pasang insang.

Tak seperti hiu lain yang hanya memiliki lima insang. Uniknya, frilled shark ternyata sudah ada sejak 80 juta tahun yang lalu.

Mereka dapat tumbuh hingga 1,8 meter dan memiliki 20 baris gigi yang tajam seperti gergaji.

5. Benthocodon

Benthocodon adalah spesies ubur-ubur yang suka tinggal di kedalaman 762 meter atau di sekitar dasar laut. Uniknya, ubur-ubur yang satu ini memiliki tubuh yang mini, yaitu dengan diameter 2 hingga 3 sentimeter.

Tubuhnya transparan sehingga kamu bisa melihat organ dalamnya dengan jelas. Untuk menjelajahi lautan, benthocodon dibantu oleh 1.500 tentakel yang dimilikinya.

 

3 dari 3 halaman

Seadevil Anglerfish

6. Seadevil Anglerfish

Seadevil anglerfish adalah hewan Palung Mariana yang sangat ikonik. Spesies ini memiliki gigi yang sangat tajam dengan ciri khas mencuat keluar.

Karakteristik fisik yang paling khas dari ikan ini adalah mereka memiliki lampu yang menggantung di kepalanya. Lampu tersebut berguna untuk menarik perhatian mangsanya.

Ketika ada makhluk yang mendekat, mereka akan langsung melahap dengan mulutnya yang besar.

7. Ikan Transparan

Barreleye fish atau ikan kepala transparan memiliki kepala yang benar-benar transparan. Bukan hanya itu, kepala ikan ini juga memancarkan cahaya yang membantunya melihat di dalam palung yang gelap gulita.

Walaupun tampak cukup pasif, barreleye fish sangat kuat. membran yang menyelimuti kepalanya mampu melindungi ikan ini dari sengatan ubur-ubur ketika mereka berburu.

Sayangnya, penelitian mengenai ikan ini masih terbatas karena habitatnya yang sulit dijangkau.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.