Sukses

India Beri Pinjaman USD 300 Juta ke Vietnam untuk Bangun Keamanan Maritim

PM Modi menuturkan bahwa Vietnam merupakan mitra penting dalam visi Indo-Pasifik India.

Liputan6.com, New Delhi - India pada hari Kamis (1/8/2024) menyodorkan pinjaman sebesar USD 300 juta untuk membangun keamanan maritim Vietnam. Pada saat bersamaan, kedua pihak mengatakan ingin menggandakan perdagangan dan investasi dalam waktu lima tahun.

Perdana Menteri (PM) Narendra Modi menuturkan kepada Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh saat kunjungannya ke India bahwa negaranya menganggap Vietnam sebagai pilar utama kebijakannya terhadap negara-negara Asia Tenggara.

Setelah pembicaraan mereka, PM Chinh menuturkan bahwa dunia menghadapi tantangan keamanan yang berat, namun ada peluang untuk kerja sama.

"Kawasan Asia Indo-Pasifik merupakan lokomotif pertumbuhan, tetapi di sanalah politik besar berlangsung sengit," ujarnya seperti dilansir kantor berita AP, Sabtu (3/8). "Kita membutuhkan pendekatan dan metodologi yang global dan menjunjung tinggi multilateralisme."

Baik Modi maupun Chinh mengatakan kedua pihak ingin meningkatkan kerja sama mereka dalam pertahanan dan bidang lain seperti semikonduktor dan teknologi hijau, kecerdasan buatan, komputasi awan, dan aksi iklim.

Dalam pertemuan keduanya, Modi dan Chinh secara virtual juga meresmikan "Taman Perangkat Lunak Angkatan Darat" di Vietnam, sebuah fasilitas pendidikan yang didirikan dengan bantuan India untuk melatih tentara Vietnam dalam keterampilan digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perdagangan India-Vietnam Tumbuh

Kementerian Luar Negeri India menyatakan bahwa perdagangan bilateral kedua negara pada tahun 2022 tumbuh 27 persen dan mencapai USD 14,14 miliar. Ekspor India ke Vietnam menyentuh USD 6,7 miliar, sementara impor India dari Vietnam mencapai USD 7,44 miliar pada periode yang sama.

Ekspor India ke Vietnam meliputi besi dan baja, kapas, sereal, daging dan produk perikanan, mesin dan peralatan listrik, suku cadang mobil, semen, bahan kimia, dan farmasi.

Keranjang impor India dari Vietnam terutama meliputi peralatan listrik dan elektronik, bahan kimia anorganik, mesin dan peralatan mekanik, tembaga dan karet, kopi dan teh, rempah-rempah, besi dan baja.

Investasi India di Vietnam diperkirakan sekitar USD 1,9 miliar dalam energi, eksplorasi mineral, pertanian, teknologi informasi, dan bidang lainnya.

Vietnam sendiri telah berinvestasi lebih dari USD 28,55 juta di India, terutama dalam farmasi, teknologi informasi, bahan kimia, dan bahan bangunan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini