Sukses

China Alami Lonjakan Kasus Penusukan, 55 Orang Dilaporkan Tewas

Sementara laporan media lokal mengklaim bahwa sedikitnya 55 orang tewas dalam 40 serangan terkait pisau yang dilaporkan di seluruh negeri selama dua bulan terakhir.

Liputan6.com, Beijing - China mengalami lonjakan kasus kekerasan tanpa pandang bulu yang cukup mengkhawatirkan, yang ditandai oleh dua insiden penusukan acak pada awal Juli 2024.

Sementara laporan media lokal mengklaim bahwa sedikitnya 55 orang tewas dalam 40 serangan terkait pisau yang dilaporkan di seluruh negeri selama dua bulan terakhir -- dari 7 Mei hingga 4 Juli, dikutip dari laman eng.mizzima, Jumat (2/8/2024).

Sebelumnya pada tanggal 4 Juli, sebuah pemandangan mengerikan terjadi di kota kecil Youma di Kota Guiping di Provinsi Guangxi, Tiongkok saat video yang dibagikan di media sosial menunjukkan akibat insiden penusukan di mana sedikitnya empat orang, termasuk dua anak di bawah umur, menderita luka di kepala, dan salah satu dari mereka tergeletak tak bergerak.

Setelah insiden tersebut, polisi Tiongkok, seperti biasa, memperingatkan agar tidak membagikan rekaman insiden tersebut dan mengintimidasi penduduk setempat dengan ancaman tindakan hukum karena menyebarkan video, yang "tidak diverifikasi" oleh pihak berwenang.

Namun, rincian tentang insiden tersebut serta penyerangnya masih belum diketahui karena pihak berwenang setempat belum membagikan informasi mengenai masalah tersebut.

Serangan lain yang melibatkan pisau dilaporkan pada hari yang sama dari Distrik Tiexi di Kota Shenyang, Provinsi Liaoning, di mana rekaman media sosial yang meresahkan memperlihatkan seorang pria botak berpakaian abu-abu dengan santai menghisap sebatang rokok sambil menghunus pisau besar dan melengkung, menyerang orang-orang di Jalan Xinghua Selatan.

Kemudian, Tiexi dari Biro Keamanan Publik Shenyang melaporkan tersangka, yang diidentifikasi dengan nama belakangnya Wang telah ditangkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diklaim Penyakit Mental

Menurut laporan media lokal, penusukan yang disertai kekerasan tersebut menyebabkan tiga orang meninggal dunia dan satu orang luka-luka.

Namun, polisi setempat telah mengaitkan tindakan pria tersebut dengan "riwayat penyakit mentalnya", klaim yang sering kali ditanggapi dengan skeptis oleh masyarakat.

Tiongkok pada umumnya memiliki tingkat kejahatan kekerasan yang rendah dan kontrol senjata yang sangat ketat, tetapi raksasa Asia tersebut telah diguncang oleh sejumlah insiden penusukan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk beberapa serangan semacam itu di sekolah.

Serangkaian serangan pisau serupa di seluruh negeri telah memicu perdebatan daring tentang penyebab yang mendasarinya dan kecukupan tanggapan resmi dari pihak berwenang terhadap kasus-kasus kekerasan tersebut.

Menurut laporan Epoch Times, serangan pisau yang sering terjadi di Tiongkok merupakan gejala dari penyakit yang lebih dalam di masyarakat Tiongkok, tetapi pihak berwenang sering mengaitkan tindakan kekerasan ini dengan "penyakit mental".

Epoch Times melaporkan, mengutip mantan pengacara Beijing dan ketua kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Kanada, Federation for a Democratic China, Lai Jianping, bahwa label "penyakit mental", yang diterapkan pada berbagai serangan mulai dari perundungan di sekolah hingga pembunuhan massal, seolah-olah membebaskan pelaku dari tanggung jawab.

"Label penyakit mental sering digunakan oleh polisi Tiongkok sebagai dalih dalam kasus-kasus yang keterlaluan," kata Lai kepada The Epoch Times.

"Dalam kasus seperti itu, pihak berwenang secara rutin mengabaikan masalah tersebut sebagai masalah yang berasal dari penyakit mental atau pola pikir yang bermasalah, dengan menggunakan klaim ini sebagai tameng yang seakan-akan memisahkan insiden tersebut dari pemerintahan otokratis PKT," imbuhnya.

Mantan pengacara tersebut mengatakan bahwa Partai Komunis Tiongkok (PKT), selama bertahun-tahun, tidak aktif atau bertindak dengan gegabah.

"Karena kebijakan yang merugikan dari pimpinan tertinggi, ekonomi nasional mengalami kemerosotan, yang menjerumuskan rakyat ke dalam kesulitan yang mengerikan," kata Lai seperti dikutip oleh The Epoch Times.

3 dari 4 halaman

Pengaruh Masalah Ekonomi?

Sejumlah besar warga Tiongkok bergulat dengan apa yang digambarkan oleh aktivis hak asasi manusia tersebut sebagai keputusasaan yang mendalam, ketakutan yang meluas, dan ketidakpuasan umum, yang mengakibatkan kebencian masyarakat yang intens.

Lai mengatakan kepada publikasi tersebut bahwa iklim saat ini dalam masyarakat Tiongkok ditandai dengan berbagai tindakan yang mengkhawatirkan seperti serangan di tempat umum, pembunuhan di taman kanak-kanak, serangan kendaraan terhadap kerumunan, dan pembakaran di angkutan umum hingga gejala-gejala masyarakat yang sangat menderita.

Namun, narasi tersebut sangat kontras dengan klaim pejabat Tiongkok, termasuk juru bicara Kementerian Luar Negeri China yang baru-baru ini menyatakan Tiongkok sebagai salah satu negara teraman di dunia tetapi tidak memberikan data apa pun untuk mendukung klaim ini, demikian laporan publikasi tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Respons Publik di China

Meskipun demikian, penghitungan tidak resmi kejahatan penusukan baru-baru ini di Tiongkok bersama dengan jenis pembunuhan lainnya menceritakan kisah yang sama sekali berbeda, sementara insiden kekerasan atas hal-hal yang tampaknya sepele semakin menggarisbawahi ketidakstabilan ini.

Reaksi masyarakat umum negara tersebut terhadap kekerasan tersebut tampak semakin mati rasa, menurut laporan.

Pemimpin redaksi majalah Beijing Spring dan komentator politik Chen Weijian, saat berbicara kepada The Epoch Times, mengaitkan peningkatan insiden kekerasan di Tiongkok dengan tiga kegagalan masyarakat, yaitu kurangnya integritas moral dan politik, kesulitan ekonomi, dan marginalisasi individu.

The Epoch Times melaporkan, mengutip analisis komentator politik tersebut, bahwa banyak dari individu-individu ini, yang sudah kehilangan pekerjaan, harapan dan tanpa dukungan sosial atau emosional, beralih ke tindakan ekstrem.

Sementara itu, CNN dalam laporannya mengatakan bahwa meningkatnya kasus kejahatan terkait pisau di Tiongkok mencerminkan meningkatnya rasa cemas dan ketidakpuasan yang telah menyebar di negara berpenduduk 1,4 miliar itu dalam beberapa tahun terakhir karena ekonomi, terutama saat pembatasan yang diberlakukan selama pandemi COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.