Sukses

72 Orang Tewas dalam Aksi Demonstrasi Menuntut Pengunduran Diri PM Bangladesh Sheikh Hasina

Pihak berwenang Bangladesh menutup sekolah-sekolah dan universitas-universitas di seluruh negeri, serta memblokir akses internet dan memberlakukan jam malam.

Liputan6.com, Dhaka - Sedikitnya 72 orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka dalam aksi demonstrasi mahasiswa yang bentrok dengan polisi dan aktivis partai yang berkuasa di Bangladesh pada Minggu (4/8/2024).

Angka 72 orang tewas ini dirilis oleh media asal India NDTV.com yang juga menyiarkan informasi bahwa pemerintah New Delhi meminta warganya yang tinggal di sana untuk tetap waspada.

Para demonstran menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Sheikh Hasina. Sebelumnya, lebih dari 200 orang tewas dalam aksi kekerasan yang bergulir menjadi aksi kekerasan pada bulan Juli lalu, ketika mahasiswa menyerukan diakhirinya sistem kuota untuk pekerjaan-pekerjaan di pemerintahan, dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (4/8).

Menanggapi meluasya demonstrasi dan aksi kekerasan tersebut, pihak berwenang menutup sekolah-sekolah dan universitas-universitas di seluruh Bangladesh, memblokir akses internet dan memberlakukan jam malam.

Sedikitnya 11.000 orang telah ditangkap dalam beberapa minggu terakhir.

Para pengunjuk rasa menyerukan orang-orang untuk tidak membayar pajak dan tagihan listrik, serta tidak masuk kerja pada hari Minggu, yang merupakan hari kerja di Bangladesh.

Kantor-kantor, bank-bank dan pabrik-pabrik tetap buka, tetapi para komuter (warga yang melakukan perjalanan ke tempat kerja dengan transportasi publik) di Dhaka dan kota-kota lain menghadapi tantangan untuk pergi bekerja.

Para pengunjuk rasa menyerang Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, sebuah rumah sakit umum utama di daerah Shahbagh, Dhaka, dan membakar beberapa kendaraan.

Di kawasan Uttara dan Dhaka, polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan ratusan orang yang memblokir jalan raya utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Pengunjuk Rasa Serang Perkantoran di Bangladesh

Para pengunjuk rasa juga menyerang rumah-rumah dan merusak kantor kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut, di mana ratusan aktivis partai yang berkuasa menjabat. Saksi-saksi mata mengatakan sejumlah bom rakitan diledakkan dan terdengar suara tembakan.

Abu Hena, seorang petugas rumah sakit di Distrik Munshiganj, dekat Dhaka, mengatakan dua orang yang dilarikan ke rumah sakit karena luka-lukanya telah dinyatakan meninggal.

Stasiun televisi Jamuna melaporkan 21 orang lainnya tewas di 11 distrik, termasuk di Bogura, Magura, Rangpur dan Sirajganj di mana demonstran yang didukung Partai Nasionalis, yang merupakan kelompok oposisi utama Bangladesh, bentrok dengan polisi dan aktivis Partai Liga Awami yang berkuasa dan kelompok-kelompok yang bersekutu dengan mereka.

3 dari 3 halaman

Langkah Mahkamah Agung Bangladesh

Protes dimulai pada bulan lalu ketika para mahasiswa menuntut diakhirinya sistem kuota yang mencadangkan 30 persen pekerjaan di sektor pemerintah untuk keluarga veteran yang bertempur dalam perang kemerdekaan Bangladesh melawan Pakistan pada 1971.

Ketika kekerasan memuncak, Mahkamah Agung negara itu mengurangi sistem kuota menjadi 5 persen, di mana 3 persen di antaranya untuk keluarga veteran. Tetapi protes terus berlanjut menuntut pertanggungjawaban atas kekerasan yang dinilai karena penggunaan kekuatan berlebihan oleh pemerintah.

Sistem kuota ini juga mencakup kuota untuk anggota etnis minoritas, serta penyandang disabilitas dan transgender, yang dipotong dari 26 persen menjadi 2 persen dalam keputusan tersebut.

Pemerintahan Hasina menyalahkan oposisi utama Partai Nasionalis Bangladesh dan partai sayap kanan Jamaat-e-Islami yang kini dilarang, serta sayap mahasiswa mereka yang menyulut kekerasan, di mana beberapa perusahaan milik negara juga dibakar atau dirusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.