Sukses

8 Fakta Tragedi Hotel Mumbai, Serangan Mematikan yang Tewaskan 164 Orang

Hotel Mumbai mempunyai durasi film sekitar 2 jam 3 menit dan menceritakan tentang serangan teroris di India.

Liputan6.com, Mumbai - Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar atau bahkan menonton film bergenre aksi drama dengan judul Hotel Mumbai. Film ini merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata serangan teroris.

Diketahui filmnya terinspirasi dari dokumenter Surviving Mumbai yang dirilis pada tahun 2009. Film ini tayang perdana pada tahun 2018 dan digarap oleh sutradara Anthony Maras.

Anthony Maras dikenal sebagai sutradara dari film pendek The Palace (2011), Spike Up (2007), dan Azadi (2005). Film ini juga diperankan oleh aktor Dev Patel, Armie Hammer, hingga Nazani Boniadi.

Hotel Mumbai mempunyai durasi film sekitar 2 jam 3 menit dan sinopsi film ini menceritakan tentang serangan teroris Taj Hotel di Mumbai. Para penonton akan dibawa dengan kisah para staf hotel yang mempertaruhkan nyawanya untuk menjaga keselamatan semua orang.

Dikutip dari laman indiatvnews, Senin (5/8/2024) berikut ini 8 fakta soal Hotel Mumbai yang terinpirasi dari kisah nyata:

1. Teroris Asal Pakistan

Pada tanggal 21 November 2008, sepuluh teroris meninggalkan Pakistan dengan perahu dan menuju India.

Para teroris tersebut membunuh empat nelayan dan membajak sebuah kapal pukat India, Kuber, serta mengancam kaptennya untuk berlayar ke India pada tanggal 23 November.

Pada tanggal 26 November, saat mereka berada 7 km dari pantai Mumbai, para teroris tersebut membunuh kaptennya dan menuju Colaba dengan speedboat karet.

Saat mencapai dermaga di Macchimar Nagar, di lingkungan Cuffe Parade, Mumbai, sementara enam orang turun, sisanya terus berlayar di sepanjang pantai.

Saat ditanya tentang identitas mereka, keenam orang tersebut memperkenalkan diri sebagai mahasiswa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. 10 Teroris Buat Kekacauan

10 teroris dari Pakistan ini menimbulkan kekacauan di kota Mumbai dengan lebih dari 10 serangan terkoordinasi dengan penembakan dan pengeboman di hotel, stasiun kereta, rumah sakit, dan pusat komunitas Yahudi selama tiga hari.

Menewaskan sekitar 164 orang dan melukai lebih dari 600 orang, serangan Mumbai 26/11 mengguncang seluruh negara hingga ke akar-akarnya.

Meskipun semua teroris tewas, satu orang tertangkap hidup-hidup, yaitu Mohammad Ajmal Amir Kasab, yang digantung sampai mati pada 21 November 2012 di penjara Yerwada, Pune.

3.Serangan ke Stasiun Kereta

Pada 26 November 2008, sekitar pukul 21.20, dua orang bersenjata melepaskan tembakan di Stasiun Kereta Api Chhatrapati Shivaji, yang disebut-sebut sebagai stasiun kereta api tersibuk di dunia.

Para penyerang termasuk Ajmal Kasab, yang ditangkap kemudian, menewaskan 58 orang dan melukai 104 orang dan melarikan diri dari tempat kejadian saat pasukan keamanan tiba di tempat kejadian. Para teroris menewaskan delapan petugas polisi dan banyak pejalan kaki.

Saat para penyerang menuju Rumah Sakit Cama, staf rumah sakit mengunci semua bangsal pasien dan setelah itu kedua teroris tersebut melepaskan tembakan ke kendaraan di jalur di sebelah rumah sakit. Dalam baku tembak tersebut, petugas polisi Hemant Karkare, Vijay Salaskar, Ashok Kamte dan Tukaram Omble tewas. Salah satu teroris ditembak mati dan Kasab terluka.

 

3 dari 4 halaman

4. Aksi Heroik

Asisten sub-inspektur Kepolisian Mumbai, Tukaram Omble, mengorbankan nyawanya untuk negara selama serangan Mumbai tahun 2008.

Seorang pensiunan tentara, yang telah bergabung dengan kepolisian Mumbai, memainkan peran yang sangat penting dalam penangkapan Ajmal Kasab, satu-satunya yang selamat di antara para teroris di balik serangan 26/11.

Sementara Kasab menembaki petugas polisi untuk melarikan diri setelah terluka, Tukaram Omble yang tidak bersenjata memegang senapan Ajmal Kasab yang terluka, sehingga memungkinkan petugas lain untuk menangkapnya.

Pemerintah India memberi penghargaan kepada Omble pada tanggal 26 Januari 2009 dengan Ashoka Chakra, atas keberanian yang luar biasa dan pengorbanan diri

5. Serangan Teroris Terjadi di Banyak Lokasi

Dalam waktu satu jam, serangan lainnya terjadi di empat lokasi lain - Restoran Leopold, Hotel Oberoi, Nariman House, dan Hotel Taj Mahal Palace and Tower.

Restoran dan bar populer di Colaba Causeway di Mumbai Selatan, Restoran Leopold yang merupakan restoran terkenal bagi orang asing, menjadi salah satu target pertama teroris.

Dua orang bersenjata mulai menembaki kafe tersebut pada malam hari, menewaskan sekitar 10 orang termasuk beberapa orang asing dan melukai banyak orang.

Dua taksi juga diledakkan di kota itu pada malam yang sama dengan menggunakan bom waktu.

Ledakan pertama terjadi pada pukul 22:40 di Vile Parle, menewaskan pengemudi dan seorang penumpang, sedangkan ledakan kedua terjadi di Wadi Bunder antara pukul 22:20 dan 22:25 menewaskan sekitar tiga orang termasuk pengemudi taksi dan melukai lebih dari 15 orang lainnya.

 

4 dari 4 halaman

6. Pelaku Menyandera Korban

Berikutnya adalah rumah Nariman di Colaba yang juga dikenal sebagai Rumah Chabad Mumbai. Dua teroris merebut gedung itu dan beberapa penduduk disandera.

Sementara polisi meminta penduduk setempat untuk tetap tinggal, mereka mengevakuasi gedung-gedung yang berdekatan dan terjadi baku tembak antara teroris dan polisi.

Selama hari pertama, sembilan sandera diselamatkan dari lantai pertama. Para penyerang juga melemparkan granat ke jalur terdekat, tidak menimbulkan korban. Hari kedua ketika gedung itu diserbu oleh pasukan komando NSG, kedua penyerang tewas bersama dengan satu komando NSG Havaldar Gajender Singh Bisht setelah pertempuran panjang.

7. Serangan Juga Terjadi di 2 Hotel Lainnya

Rabbi Gavriel Holtzberg dan istrinya Rivka Holtzberg, yang sedang hamil enam bulan, dibunuh bersama empat sandera lainnya di dalam rumah oleh para penyerang.

Dua hotel terkenal di kota itu, Taj Mahal Hotel dan Oberoi Trident, juga menjadi sasaran para teroris.

Sementara satu ledakan dilaporkan terjadi di Oberoi Trident, ada sekitar enam ledakan di Taj Mahal Hotel. Kebakaran besar terjadi di hotel Taj Mahal dan pihak berwenang mulai mengawal orang-orang keluar dari gedung satu jam kemudian.

Menurut saluran berita terkemuka, semua sandera dibebaskan dari hotel pada pagi hari tanggal 27 November.

8. Dalang Penyerangan

Hafiz Saeed, pemimpin Jama'at-ud-Da'wah disebut-sebut sebagai dalang di balik serangan Mumbai 26/11.

Hafiz Saeed yang beroperasi terutama dari Pakistan merencanakan dan melaksanakan seluruh rencana serangan Mumbai 26/11.

Meskipun ada kasus yang sedang berlangsung di Pakistan terhadap Hafiz Saeed, ia dibebaskan oleh Pengadilan Pakistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.