Sukses

Badai Derby Terjang Florida, 4 Orang Tewas dan 25 Paket Kokain Senilai Rp16 M Terdampar

Foto-foto yang dirilis pasca-Badai Debby di Florida Keys menunjukkan bungkusan berbentuk batu bata dengan logo segitiga merah, yang bisa jadi merupakan tanda dari pengangkut narkoba atau kartel dari negara asing.

Liputan6.com, Florida - Siklon tropis yang sedang berkembang di Teluk Meksiko meninggalkan pemandangan aneh di sepanjang pantai di Florida Keys, dengan lebih dari dua lusin paket kokain terdampar di pantai.

Mengutip Fox News, Selasa (6/8/2024), seorang perwakilan dari US Customs and Border Protection (Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS) mengatakan bahwa mereka diberitahu tentang 25 paket obat-obatan oleh seorang warga pada hari Minggu (4/8/2024) ketika Badai Tropis Debby melewati sebelah barat pulau-pulau di Florida Keys.

Menurut badan tersebut, obat-obatan tersebut beratnya sekitar 70 pon (sekitar 71,3 kg) dan memiliki nilai jual di pasaran lebih dari satu juta dolar atau sekitar Rp16 miliar.

Foto-foto yang dirilis oleh Samuel Briggs II, penjabat kepala agen patroli untuk sektor Miami dari Patroli Perbatasan, menunjukkan bungkusan berbentuk batu bata dengan logo segitiga merah, yang bisa jadi merupakan tanda dari pengangkut narkoba atau kartel dari negara asing.

Siklon tropis yang sedang berkembang di Teluk Meksiko meninggalkan pemandangan aneh di sepanjang pantai di Florida Keys, dengan lebih dari dua lusin paket kokain terdampar di pantai. Seorang perwakilan dari Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengatakan bahwa mereka diberitahu tentang 25 paket obat-obatan oleh seorang Samaria yang Baik pada hari Minggu saat Badai Debby melewati sebelah barat pulau-pulau tersebut.

Kendati demikian Briggs tidak menyebutkan dari mana asal narkoba tersebut atau sudah berapa lama berada di lautan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hembusan Angin Badai Capai 60 Mph

Debby merupakan badai tropis saat mencapai titik terdekatnya dengan Kepulauan Keys dan Florida Selatan selama akhir pekan.

Adapun sistem badai terbentuk di selatan Kuba pada hari Sabtu (3/8/2024) dan bertambah kuat saat bergerak ke perairan hangat Teluk Meksiko.

Karena jaraknya yang dekat dengan siklon tersebut, beberapa bagian Kepulauan Florida Keys menetapkan Peringatan Badai Tropis dan diperkirakan akan terjadi gelombang badai setinggi 1-4 kaki (30-120 cm).

Sejauh ini hanya kerusakan kecil yang dilaporkan di pulau-pulau tersebut saat hembusan angin mencapai 60 mph di lokasi pengamatan cuaca di Alligator Reef.

Sebelumnya pada bulan Juli, sedikitnya 18 orang tewas ketika Badai Beryl yang dahsyat menerjang Karibia sebelum menghantam negara bagian selatan AS, Texas dan Louisiana.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim kemungkinan berperan dalam meningkatnya badai seperti Beryl, karena ada lebih banyak energi di lautan yang lebih hangat untuk mereka makan.

3 dari 4 halaman

Update Korban Tewas Badai Debby: 4 Orang

Laporan AFP menyebut setidaknya empat orang tewas saat Badai Tropis Debby menghantam Florida pada hari Senin (5/8), mengancam negara bagian AS bagian tenggara dengan hujan lebat dan banjir besar.

Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun tewas ketika sebuah pohon tertiup ke rumah mobil di Levy County, kata kantor sheriff di sana, setelah Debby menerjang Pantai Teluk Florida pada hari Senin sebelumnya sebagai badai Kategori Satu.

Pihak berwenang mengatakan seorang pengemudi truk tewas setelah truk gandengnya jatuh ke kanal di Hillsborough County, sementara seorang wanita berusia 38 tahun dan anak laki-laki berusia 12 tahun tewas dalam kecelakaan mobil di Dixie County.

Badai tersebut diperkirakan akan bergerak ke Georgia pada malam hari, sebelum bergerak ke lepas pantai dan mendekati pantai Carolina Selatan pada hari Kamis (8/8), menurut National Hurricane Center (NHC)/Pusat Badai Nasional.

"Ini adalah risiko level empat dari empat untuk hujan deras," kata Michael Brennan, direktur NHC, kepada wartawan.

"Ini akan mengakibatkan hujan lebat yang berkepanjangan dengan potensi banjir dahsyat di wilayah pesisir Georgia, South Carolina, bahkan meluas hingga ke North Carolina," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Gubernur Florida: 250.000 Penduduk Terputus Listrik

Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan bahwa sekitar 250.000 penduduk di negara bagiannya tidak memiliki listrik.

"Harap berhati-hati saat Anda keluar rumah," katanya, seraya menambahkan bahwa angin Debby tidak separah badai sebelumnya yang melanda Florida.

Presiden Joe Biden diketahui pada hari Minggu menyetujui deklarasi darurat untuk Florida, yang memungkinkan bantuan federal dipercepat.

DeSantis telah mengaktifkan Garda Nasional negara bagian, dengan lebih dari 3.000 anggota dinas dikerahkan untuk membantu tanggap badai.

Pada sore hari, NHC mengatakan badai tersebut mencatat angin kencang maksimum 50 mph (85 kph) saat melanda Florida.

Sementara itu, peringatan gelombang badai — yang menandakan banjir yang mengancam jiwa akibat naiknya air — berlaku di beberapa wilayah Georgia, South Carolina, dan North Carolina.

Badai Debby diperkirakan akan membawa "hujan yang berpotensi bersejarah" hingga 30 inci saat bergerak ke utara, kata NHC.

Namun, NHC mengatakan Debby melemah setelah menerjang daratan sebelumnya dengan kecepatan berkelanjutan 80 mph (130 kpj) sebagai badai Kategori Satu — yang terendah dalam skala lima.

Adapun evakuasi wajib diperintahkan untuk sebagian wilayah Citrus County, Florida, dengan delapan wilayah lain di bawah perintah evakuasi sukarela, media lokal melaporkan.

Polisi di Kota Sarasota mengatakan bahwa sekitar 500 penduduk dievakuasi dari rumah mereka yang terendam banjir.

Gubernur Georgia dan Carolina Selatan telah mengumumkan keadaan darurat menjelang kedatangan badai.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini