Sukses

Dubes Palestina Ungkap Penasihat Presiden Mahmoud Al-Habbash Bakal Kunjungi Indonesia, Ini Misinya

Indonesia menjadi negara yang sangat signifikan dan penting bagi masyarakat Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun mengonfirmasi kunjungan Penasihat Presiden Otoritas Palestina untuk Urusan Agama sekaligus Hakim Syariah Tertinggi di Otoritas Palestina Mahmoud Al-Habbash ke Jakarta.

Kunjungannya tersebut dilakukan atas undangan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI).

"Betul beliau akan mengunjungi Indonesia dan kami sedang mempersiapkan kunjungannya," ujar Zuhair dalam acara penggalangan dukungan untuk Gaza dan tahanan Palestina di kediamannya, Jakarta (6/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengonfirmasi bahwa Al-Habbash akan tiba di Jakarta dalam waktu kurang dari 24 jam.

Indonesia, sebut Zuhair, menjadi negara yang sangat signifikan dan penting bagi masyarakat Palestina.

"Sangat penting bagi kami untuk membuat kesepakatan dengan pemimpin Indonesia dan masyarakatnya yang memiliki pengaruh besar, tidak hanya di kawasan regional tapi juga skala internasional. Dan itu sangat kami perlukan," tutur Zuhair.

"Itulah mengapa pemimpin kami, menteri kami, pejabat kami, selalu ingin datang (ke Indonesia)."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan PBNU Undang Penasihat Palestina

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf memastikan bahwa Indonesia siap menyambut kedatangan Mahmoud Al-Habbash.

Mengutip kanal News Liputan6.com, pria karib disapa Gus Yahya tersebut mengatakan, kedatangan dan rangkaian kunjungan Mahmoud Al-Habbash akan dimulai pada 7 Agustus 2024.

"Program ini mengundang pejabat pemerintahan Palestina untuk datang ke Indonesia dan berbicara kepada masyarakat dan lingkaran pejabat pemerintahan Indonesia yang terkait dengan isu di Palestina," kata Gus Yahya saat jumpa pers di Kantor PBNU Jakarta, Senin (5/8/2024).

3 dari 3 halaman

Diharapkan Dapat Dukungan dari Masyarakat Indonesia

Gus Yahya mengaku gembira, karena tujuan baiknya disambut baik oleh otoritas Palestina untuk mengundang Syekh Mahmoud Al Habbas ke Indonesia.

Secara personal, Gus Yahya mengaku sudah berkomunikasi intens dengan  Syekh Mahmoud Al Habbas dalam setahun terakhir untuk menjadwalkan rangkaian kunjungannya di Indonesia.

Dia berharap, kunjungan tersebut dapat memberikan dampak positif untuk rakyat Palestina dan menunjukkan dukungan dari Indonesia untuk kemerdekaan di Palestina.

"Jadi, Syekh Mahmoud Al Habbas akan datang ke Jakarta, akan tiba 7 Agustus. Lalu kita telah mengagendakan kegiatan kunjungan selama tiga hari dari tanggal 8 sampai 10. Dan beliau akan pulang pada Senin tanggal 11 Agustus," imbuh Gus Yahya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini