Sukses

Burung Beo Tenar di TikTok Ini Pecahkan Rekor Dunia, Bisa Indentifikasi 12 Objek 3 Menit

Apollo, burung beo abu-abu Afrika berusia 4 tahun milik Dalton dan Victoria "Tori" Mason, mengidentifikasi objek termasuk serangga, buku, dan kaus kaki saat memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records,

Liputan6.com, Florida - Seekor burung beo yang terkenal lewat TikTok dari Florida memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records, berkat berhasil mengidentifikasi 12 objek dalam waktu tiga menit.

Apollo, burung beo abu-abu Afrika berusia 4 tahun milik Dalton dan Victoria "Tori" Mason, mengidentifikasi objek termasuk serangga, buku, dan kaus kaki.

Keluarga Mason mengatakan pelatihan Apollo terinspirasi oleh metode yang diuraikan oleh Irene Pepperberg, seorang psikolog hewan yang menghabiskan 30 tahun bekerja dengan burung beo bernama Alex.

"Begitu ia mulai mempelajari label, warna, dan bahan objek pertamanya, kami tahu bahwa ia akan mampu mencapai banyak hal luar biasa yang dilakukan Alex dan berpotensi lebih banyak lagi," kata keluarga Mason dalam sebuah pernyataan kepada Guinness World Records seperti dikutip dari UPI.com, Kamis (8/8/2024).

Apollo merupakan bintang media sosial, dengan 2,8 juta pengikut di TikTok dari 2,8 juta pengikut dan 1,37 juta di YouTube.

Orang tua manusia Apollo mengatakan burung itu adalah duta bagi hewan.

"Misi kami adalah menyebarkan kesadaran akan kecerdasan alami yang ditemukan pada hewan. Kami berharap judul kami dapat mengubah makna di balik frasa 'otak burung'," kata mereka.

Situs guinnessworldrecords.com menyebut hal pertama yang terlintas di pikiran saat melihat Apollo adalah: 'Burung ini jenius.'

Dengan jumlah pengikut yang terus bertambah, burung beo abu-abu Afrika berusia empat tahun ini telah menggemparkan internet dengan keterampilan unik dan kepribadiannya yang luar biasa.

Ia adalah bintang TikTok, hewan peliharaan yang disayangi, dan burung yang sangat cerdas dengan kegemaran pada pistachio. Kini ia adalah bintang Guinness World Records 2025!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Dicapai 2023

Situs guinnessworldrecords.com memaparkan bahwa Apollo mencetak rekor tersebut pada tahun 2023 di Saint Petersburg, Florida, tempat Apollo tinggal bersama keluarganya: kreator konten berusia 25 tahun Dalton dan Victoria "Tori" Mason.

Apollo mengantongi gelar most items identified by a parrot in three minutes dari Guinness World Records setelah mengidentifikasi 12 benda dalam tiga menit.

Gelar rekor baru Apollo membuat pasangan itu gembira, tetapi juga mengirimkan pesan penting bahwa meskipun kecerdasan emosional hewan sering kali diremehkan atau diabaikan, pencapaian ini memperkuat misi Dalton dan Victoria "untuk menyebarkan kesadaran akan kecerdasan alami yang ditemukan pada hewan".

Apollo digambarkan memiliki kecerdasan seperti balita manusia, dan ia mengenali warna, kata, dan objek. Keterampilan verbalnya memungkinkannya untuk berhitung, berkomunikasi dengan jelas, dan menjawab pertanyaan yang rumit. Ia juga suka mengajukan pertanyaan untuk memuaskan rasa ingin tahunya dan memahami dunia di sekitarnya.

Tonggak baru ini membuktikan bahwa burung beo bukan hanya bintang yang sangat imut dari banyak video viral: ia adalah pembelajar yang antusias, dan ia berlatih keras untuk menemukan kata-kata baru.

Hadiah favoritnya saat ia ingin mempelajari sesuatu yang baru? Tentu saja, kacang pistachio!

3 dari 4 halaman

Profil Apollo Si Burung Beo

Namun, siapakah Apollo, dan bagaimana burung beo abu-abu Kongo Afrika ini menjadi bintang internet?

Pada bulan Desember 2020, Dalton dan Victoria sedang berada di toko hewan peliharaan setempat untuk membeli jangkrik untuk leopard gecko mereka ketika seekor burung beo yang sangat istimewa menarik perhatian mereka.

Pasangan ini selalu menyukai hewan. Mereka pernah memelihara burung beo di masa lalu, dan juga merupakan orang tua hewan peliharaan yang bangga untuk dua burung Caique berdada putih lainnya: Soleil dan Ophelia.

Dengan Apollo, kami jatuh cinta pada pandangan pertama.

“Ia langsung menarik perhatian kami, dan saat bertemu dengannya kami tahu bahwa kami akan membawanya pulang,” kata mereka.

Dinamai berdasarkan dewa kebenaran dan ramalan Romawi, kecerdasan Apollo dengan cepat menjadi viral di internet dan ia telah menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di internet.

Pada saat artikel ini ditulis, akun TikTok Apollo telah mengumpulkan 2,8 juta pengikut yang mengesankan dan terus bertambah. Demikian pula, saluran YouTube Apollo and Frens, sekarang memiliki 1,37 juta pelanggan.

"Ia senang mempelajari hal-hal baru dan menerapkan pengetahuannya di luar lingkungan pelatihannya," kata orang tuanya. Mereka sepenuhnya mendukung dan memelihara bakat serta kepribadian Apollo, dan membesarkannya hingga menjadi "burung beo terpintar yang pernah ada".

4 dari 4 halaman

Perlakukan Apollo Seperti Anak Manusia

Sang pemilik, Victoria dan Dalton berusaha sebaik mungkin untuk berkomunikasi dengan Apollo seperti yang mereka lakukan kepada anak manusia.

Burung beo yang berbakat ini 'menerima pendidikan sekolah rumah tingkat prasekolah', dengan sesi pelatihan yang menarik yang membuatnya tetap terlibat, dan sering berbagi waktu bermainnya dengan saudara perempuannya Soleil dan Ophelia.

Ketika tidak belajar atau berlatih, Apollo juga suka menghabiskan pagi harinya bermain dengan mainannya sampai tiba waktunya untuk makan yang layak.

Dia juga suka menikmati sinar matahari dan menghabiskan waktu dengan orang tuanya, mengajukan pertanyaan kapan pun dia ingin mendapatkan camilan.

“Dia akan berkeliaran saat kami bekerja atau bersantai, entah berbicara sendiri atau terkadang menanyakan pertanyaan yang sama seperti yang kami tanyakan kepadanya, seperti 'Apa namanya?' atau 'Apa warnanya'?” kata Victoria dan Dalton.

Dan, seperti kebanyakan burung beo, dia memiliki hasrat yang nyata untuk menghancurkan sesuatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini