Sukses

Cari Karyawan Berdasarkan Shio, Perusahaan di China Dikecam

Banyak pengguna media sosial mengecam perusahaan tersebut dan menudingnya melakukan diskriminasi.

Liputan6.com, Beijing - Sebuah perusahaan China tengah dikecam usai mengunggah iklan lowongan pekerjaan berdasarkan shio. Perusahaan itu meminta agar pelamar yang lahir pada tahun anjing untuk tidak ikut mendaftar karena mereka akan langsung ditolak.

Dilansir Oddity Central, Jumat (9/8/2024), perusahaan yang tidak disebutkan namanya di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China itu baru-baru ini memasang iklan lowongan kerja untuk staf administrasinya.

Lowongan pekerjaan tersebut awalnya tampak biasa saja, dengan mencantumkan syarat pengalaman kerja dan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak perkantoran hingga gaji sebesar 4.000 yuan atau sekitar Rp8,8 juta per bulan.

Namun, satu hal yang menarik perhatian adalah keterangan pendek yang meminta agar calon pegawai kelahiran tahun anjing untuk tidak ikut melamar.

Hal tersebut langsung memicu kontroversi di media sosial, dengan banyak yang menuduh perusahaan tersebut melakukan diskriminasi. Namun, salah satu sumber di perusahaan itu mengungkapkan bahwa bos tersebut lahir di tahun naga dan meyakini bahwa ia tidak cocok dengan orang-orang yang lahir di tahun anjing.

"Merekrut karyawan yang lahir di tahun anjing akan merugikan perkembangan perusahaan, jadi ia secara khusus menekankan bahwa ‘orang-orang bershio anjing’ tidak boleh mengirimkan CV," ujar sumber tersebut, seraya menambahkan bahwa tidak ada batasan khusus lainnya yang berlaku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Picu Kemarahan di Kalangan Netizen

Diskriminasi bukanlah hal yang tidak biasa di pasar kerja Tiongkok, tetapi keanehan "diskriminasi zodiak" memicu kemarahan di kalangan netizen.

"Saya selalu berpikir sulit untuk mendapatkan pekerjaan setelah usia 35 tahun, tetapi saya tidak menyangka zodiak saya akan menjadi masalah," tulis salah satu pengguna media sosial.

"Apa yang salah dengan saya yang lahir di tahun anjing? Saya tidak mengidap rabies," kata yang lain.

3 dari 3 halaman

Waspada Penipuan Lowongan Kerja, Kenali Tanda-Tandanya

Di sisi lain, penipuan lowongan kerja merupakan modus kejahatan yang memanfaatkan kerentanan pencari kerja dalam memenuhi kebutuhan finansial atau meraih peluang karier. Para penipu biasanya akan mengiklankan lowongan kerja yang menarik dengan gaji tinggi, jam kerja fleksibel, atau benefit yang menggiurkan.

Namun, di balik tawaran manis tersebut, terdapat jebakan yang berbahaya.

Untuk melindungi diri dari penipuan lowongan kerja, simak tanda-tandanya yang dikutip dari kanal Cek Fakta Liputan6.com:

1. Tawaran Pekerjaan yang Terlalu Bagus untuk Menjadi Benar

  • Gaji yang tidak realistis, tawaran gaji yang jauh di atas standar industri atau tidak sebanding dengan kualifikasi dan pengalaman Anda merupakan indikator kuat penipuan. Periksalah gaji standar untuk posisi serupa di perusahaan serupa.
  • Benefit yang berlebihan, penipuan lowongan kerja sering kali menawarkan benefit yang tidak masuk akal seperti perjalanan gratis, mobil mewah, atau bonus yang tidak realistis.
  • Jam kerja yang fleksibel dan mudah, tawaran jam kerja yang terlalu fleksibel atau tidak memerlukan kehadiran di kantor, terutama jika Anda belum pernah bertemu atau berkomunikasi dengan pihak perusahaan, patut dicurigai.

Selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.