Sukses

Krisis Kesehatan di Jalur Gaza: Kudis dan Ruam Kulit Menyebar di Kalangan Anak-anak Palestina

Kudis dan penyakit kulit lainnya menyebar luas di kalangan anak-anak Palestina di Jalur Gaza, yang menghadapi kondisi hidup yang sangat buruk akibat perang berkepanjangan.

Liputan6.com, Gaza - Kudis dan berbagai jenis ruam kulit telah menyebar di antara ribuan anak-anak Palestina yang terpaksa mengungsi di Jalur Gaza. Lebih dari satu setengah juta orang di wilayah ini menderita akibat kondisi hidup yang sangat buruk.

Seperti ribuan anak-anak Gaza lainnya, Yasmine al-Shanbari, yang baru berusia tiga tahun, tidak hanya menderita akibat pergolakan perang di sekitar mereka. Dia juga menderita penyakit kulit yang mungkin tidak akan segera sembuh mengingat kelangkaan obat-obatan dan terbatasnya jumlah rumah sakit yang berfungsi di daerah kantong yang dikepung Israel itu.

Perang selama 10 bulan antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas telah menyebabkan Jalur Gaza kekurangan air bersih, bantuan, dan obat-obatan, serta menumpuknya sampah di mana-mana, sehingga menimbulkan penyakit kulit dan penderitaan lainnya, dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (10/8/2024).

Bercak merah dan gatal menyebar di seluruh wajah Yasmine. Ayahnya merasa tidak berdaya saat dia duduk di pangkuannya di sebuah sekolah yang penuh sesak dan terbakar di kamp pengungsi kota Jabalia di Gaza utara, tempat mereka berlindung.

Serangga-serangga kecil tampak beterbangan di sekitar wajahnya, sementara tumpukan sampah membusuk di tengah teriknya musim panas di luar.

"Banyak yang menderita penyakit kulit di sini. Sekolahnya pertama-tama bobrok dan tidak bersih. Seperti yang Anda lihat, sekolah tidak seperti rumah, penuh sesak, dan tidak semua anak seperti anak lainnya. Setiap anak berbeda. Misalnya, putri saya Yasmine sensitif terhadap penyakit. Penyakit yang ada di wajahnya sudah ada selama hampir sepuluh hari dan belum kunjung hilang. Kami tidak memiliki obat apa pun untuk diberikan kepadanya, yang mungkin bisa menyembuhkannya," jelas ayahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepadatan di Wilayah Penampungan

Penyakit kulit bukanlah satu-satunya penyakit yang menjalar di Gaza.

"Faktanya, penyakit kulit menular merebak di RS Kamal Adwan, khususnya di Jalur Gaza bagian utara. Kasus-kasusnya menumpuk di rumah sakit ini, yang menyediakan layanan di Kota Gaza dan Jalur Gaza utara. Semua ini disebabkan oleh penghancuran infrastruktur akibat pendudukan, tumpukan sampah, dan dihambatnya bantuan kemanusiaan serta pasokan medis penting, termasuk disinfektan, yang sekarang hampir tidak ada di pasar, kata Dokter Wissam al-Sakani, juru bicara Rumah Sakit Kamal Adwan.

Kepadatan warga di tempat penampungan juga berkontribusi terhadap cepatnya penyebaran penyakit kulit. Kemarin kita membahas tentang hepatitis, dan hari ini kita membahas tentang penyakit kulit menular. Setiap hari ada penyakit baru yang menyebar pada anak-anak, seperti vitiligo, tinea, psoriasis, dan kudis," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Peringatan dari WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa Hepatitis A dan polio juga menyebar di kalangan anak-anak di Gaza.

Ammar al-Mashharawi, balita berusia dua tahun, juga mengalami ruam merah menyala di seluruh wajah dan tubuhnya di Rumah Sakit Kamal Adwan, yang terkena serangan rudal Israel pada bulan Mei.

"Penyebabnya adalah kurangnya makanan dan obat-obatan, kekurangan segalanya. Kami menderita karena segalanya; tidak ada obat atau makanan untuk anak-anak. Anak-anak ini baru saja disapih, dan mereka tidak mendapat telur, pisang, atau apa pun yang dapat menunjang kehidupan mereka. Tidak ada susu, semolina, atau apapun sama sekali. Kami orang dewasa bisa mengatasinya, tapi anak-anak, Tuhan tolong mereka, tidak punya makanan atau obat-obatan. Situasinya tidak dapat digambarkan. Lihatlah anak ini, seluruh tubuhnya seperti ini. Kami telah pergi ke lebih dari satu rumah sakit untuk mencarikan obat untuknya," komentar Ayah Ammar, Ahmed al-Mashharawi, sambil menggendong putranya yang menangis, mengeluhkan situasi ini.

Israel menyangkal bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak ke Gaza, dan mengatakan bahwa PBB dan negara-negara lain bertanggung jawab atas pendistribusian bantuan tersebut setelah memasuki wilayah kantong tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.