Sukses

Bir Viral Berkadar Alkohol 75 % Ini Harganya Rp925 Ribu dan Bisa Bikin Lidah Mati Rasa, Berani Coba?

Berani mencoba Beithir Fire yang diklaim bir terkuat di dunia? Tetapi penciptanya memperingatkan para pemberani untuk minum maksimal 35 ml dalam sekali minum untuk menghindari keracunan dan potensi masalah kesehatan.

Liputan6.com, Edinburgh - Beithir Fire, bir terkuat di dunia, hadir dengan label peringatan yang menghimbau konsumen untuk 'tidak melebihi 35 ml dalam sekali minum' karena kandungan alkoholnya yang sangat tinggi.

Semua minuman beralkohol harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, tetapi disarankan lebih sedikit untuk ramuan ekstrem seperti Beithir Fire, bir yang begitu kuat hingga kabarnya membuat lidah Anda mati rasa.

Dengan kadar 75% ABV (Alcohol By Volume), bir barley ala Skotlandia ini diseduh selama dua bulan dan kemudian dicampur dengan minuman spirit Skotlandia murni sebelum menjalani fermentasi dan penyaringan tiga kali untuk menghilangkan semua kotoran.

Diluncurkan pada tahun 2021 oleh 88Brewery Skotlandia, Beithir Fire dengan cepat mencapai status legendaris karena kandungan alkoholnya yang ekstrem. Bir ini masih menjadi salah satu bir paling menarik di dunia, tetapi penciptanya memperingatkan para pemberani untuk minum maksimal 35 ml dalam sekali minum untuk menghindari keracunan dan potensi masalah kesehatan.

"Dengan kadar alkohol 75%, Beithir Fire resmi menjadi bir terkuat di dunia," demikian bunyi situs web 88Brewery seperti dikutip dari situs Oddity Central, Sabtu (10/8/2024).

"Bir ini tidak cocok untuk orang yang penakut, bir ini direkomendasikan untuk dinikmati dalam dosis kecil 35 ml. Kami tidak bertanggung jawab atas risiko yang mungkin Anda hadapi dan tidak menganjurkan Anda untuk menjadi orang yang keras kepala."

Beithir Fire baru-baru ini menjadi viral berkat video TikTok oleh Dan dari @1minutebeerreview yang meneguk bir terkuat di dunia dan merasakan tenggorokannya terbakar dan lidahnya mati rasa.

"Rasanya seperti terbakar, saya harus berbaring," kata Dan sambil menyeka keringat di dahinya setelah minum sedikit Beithir Fire. Beithir Fire bukan hanya bir terkuat di dunia, tetapi juga salah satu yang termahal, seharga $58 atau sekitar Rp925 ribu.

Apakah sepadan dengan harga itu? Tentu saja ini tergantung pada selera pribadi, tetapi dengan kadar ABV 75%, kami rasa Anda tidak akan terlalu mempermasalahkan rasanya, dan lebih mempermasalahkan sensasi terbakar di tenggorokan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biohazard, Dinobatkan Sebagai Kopi Terkuat dengan Kafein Paling Tinggi di Dunia

Bicara yang terkuat, yang satu ini dari jenis kopi.

Dalam sepuluh tahun terakhir, banyak merek telah bersaing untuk mendapatkan gelar 'kopi terkuat di dunia'.

Pada tahun 2013, Death Wish mendapat sorotan dengan janji kandungan kafein 200% lebih tinggi dari rata-rata kopi dark roast.

Selanjutnya, Black Insomnia Coffee juga menawarkan kandungan kafein yang tinggi, yakni 702 mg per cangkir berukuran 12 ons.

Namun, kini, Biohazard Coffee telah merebut gelar tersebut dengan kandungan kafein yang sulit untuk ditandingi.

Mengutip dari odditycentral.com, 29 April 2024, disebutkan bahwa Biohazard Coffee yang menyandang gelar kopi terkuat,

Kopi Biohazard telah diperkenalkan pada tahun 2016 dan telah menetapkan reputasinya sebagai salah satu kopi paling kuat yang tersedia di pasaran.

Dikenal sebagai kopi dengan kekuatan tertinggi, kandungan kafeinnya membuatnya hampir tidak aman untuk diminum.

Setiap cangkir berukuran 12 ons dari Biohazard Coffee mengandung sebanyak 928 mg kafein.

Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan agar konsumsi kafein tidak melebihi 400 mg per hari bagi orang dewasa yang tidak memiliki risiko tambahan, seperti masalah jantung.

Mereka juga menegaskan bahwa mengonsumsi sekitar 1.200 mg kafein dalam waktu singkat dapat menyebabkan gejala keracunan, termasuk kejang.

Dengan kandungan kafein sebanyak 928 mg per cangkir berukuran 12 ons, Biohazard Coffee tampaknya merupakan pilihan minuman yang berisiko bagi mereka yang tidak terbiasa dengan asupan kafein.

Salah satu pencetus Biohazard, Yonatan Pinhasov, mengungkapkan, "Kami bermaksud menyediakan sumber tenaga yang bermanfaat untuk hari-hari padat tanpa mengurangi kenikmatan cita rasa."

Dia menjelaskan bahwa kopi terpahit di dunia diciptakan dengan maksud tersebut.

"Setelah merasakan pahitnya minuman kopi yang mengecewakan, tetapi menjanjikan lonjakan tenaga, kami memutuskan untuk bertindak. Kami menyadari kebutuhan individu-individu seperti kami yang independen, orang tua yang sibuk, mahasiswa pascasarjana, atau pekerja yang menghabiskan 18 jam sehari bekerja. Bagaimana caranya agar pengalaman ini bisa ditingkatkan bagi semua orang?"

Informasi pada kemasan menyampaikan kepada konsumen bahwa "kandungan kafeinnya adalah 928 mg per 12 ons, empat kali lipat dari kafein dalam secangkir kopi yang biasa Anda pesan di kedai kopi," dan bahwa ini "dapat menyebabkan peningkatan produktivitas, kurang tidur, dan kadang-kadang membuat Anda merasa tak terkalahkan.

"Namun, banyak yang berpendapat bahwa nada santai pesan tersebut mengurangi kesadaran akan risiko sebenarnya dari mengonsumsi kopi yang begitu kuat.

"Saya rasa pesannya harus lebih serius," komentar seorang netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.