Sukses

Drone Serang Warga Rohingya Myanmar Hendak Mengungsi, Puluhan Orang Tewas Termasuk Ibu Hamil dan Anak 2 Tahun

Beberapa saksi mata mengatakan warga Rohingnya yang selamat terpaksa harus mencari di antara tumpukan jasad, untuk menemukan dan mengenali kerabat mereka yang tewas atau terluka.

Liputan6.com, Rakhine - Kelompok warga Rohingya Myanmar kembali dilaporkan menjadi sasaran serangan. Puluhan orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Minggu (11/8/2024) menyebut bahwa serangan pesawat nirawak atau drone terhadap warga Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar termasuk menewaskan keluarga dengan anak-anak. Beberapa saksi mata mengatakan para korban selamat terpaksa harus mencari di antara tumpukan jasad untuk menemukan dan mengenali kerabat mereka yang tewas atau terluka.

Empat saksi mata, aktivis, dan seorang diplomat menggambarkan serangan pesawat nirawak pada Senin (5/8) yang menghantam keluarga yang menunggu untuk menyeberangi perbatasan ke negara tetangga Bangladesh.

 

Seorang perempuan hamil tua dan putrinya yang berusia 2 tahun termasuk di antara korban serangan mematikan terbaru di negara bagian Rakhine itu.

Serangan tersebut merupakan yang paling mematikan terhadap warga sipil di wilayah itu dalam beberapa minggu terakhir, di tengah pertempuran antara pasukan junta militer dan pemberontak.

Tiga saksi mata memberi tahu Reuters pada Jumat (9/8) bahwa Tentara Arakan adalah pihak yang bertanggung jawab, meskipun kelompok tersebut membantah tuduhan itu.

Kabarnya pihak milisi dan militer Myanmar saling menyalahkan atas insiden tersebut. Sejauh ini Reuters belum dapat memverifikasi jumlah korban tewas atau secara independen menentukan siapa yang bertanggung jawab.

Video yang diposting di media sosial memperlihatkan tumpukan jasad yang berserakan di tanah berlumpur, dengan koper dan ransel yang tersebar di sekitar mereka. Tiga orang yang selamat melaporkan bahwa lebih dari 200 orang tewas, sedangkan seorang saksi mata menyebutkan bahwa ia melihat sedikitnya 70 jasad.

Reuters berhasil mengonfirmasi lokasi video tersebut berada di luar kota pesisir Maungdaw, Myanmar. Namun, Reuters belum dapat memastikan tanggal pengambilan video itu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterangan Saksi Mata Warga Rohingya

Mohammed Eleyas, seorang saksi mata berusia 35 tahun, mengungkapkan bahwa istrinya yang hamil dan putrinya yang berusia 2 tahun terluka dalam serangan tersebut dan kemudian meninggal. Eleyas, yang berdiri bersama mereka di garis pantai saat pesawat tanpa awak mulai menyerang kerumunan, memberikan keterangan tersebut kepada Reuters dari sebuah kamp pengungsi di Bangladesh.

"Saya mendengar suara tembakan yang sangat keras beberapa kali," katanya. Eleyas menyebutkan bahwa dia tiarap di tanah untuk melindungi dirinya, dan saat dia bangun, dia melihat istri dan putrinya terluka parah serta banyak kerabatnya yang tewas.

Saksi kedua, Shamsuddin (28 tahun), melaporkan bahwa dia selamat bersama istri dan putranya yang baru lahir. Berbicara dari kamp pengungsi di Bangladesh, dia menyatakan bahwa setelah serangan itu, banyak yang tewas dan "beberapa orang berteriak kesakitan karena luka-luka mereka."

 

3 dari 4 halaman

Insiden Perahu Rohingya Tenggelam

Di hari yang sama pada Senin (5/8), kabarnya perahu yang mengangkut pengungsi Rohingya, anggota minoritas Muslim yang mengalami penganiayaan parah di Myanmar, juga tenggelam di Sungai Naf yang memisahkan kedua negara.

Menurut dua saksi mata dan media Bangladesh, puluhan orang lainnya tewas dalam insiden tersebut.

Dokter Tanpa Batas (Medecins Sans Frontieres) menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka merawat 39 orang yang melintasi perbatasan dari Myanmar ke Bangladesh sejak Sabtu karena cedera akibat kekerasan, termasuk luka akibat tembakan mortir dan tembakan.

Adapun pernyataan tersebut juga menyebutkan bahwa pasien menggambarkan melihat orang-orang dibom saat mereka mencoba mencari perahu untuk menyeberangi sungai.

 

 

4 dari 4 halaman

Jejak Penganiayaan Warga Rohingya di Myanmar

Warga Rohingya telah lama menjadi korban penganiayaan di Myanmar, negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha. Pada 2017, lebih dari 730.000 Rohingya terpaksa meninggalkan Myanmar setelah tindakan keras militer yang oleh PBB dianggap dilakukan dengan tujuan genosida.

Myanmar mengalami kekacauan sejak militer menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis pada 2021, dengan protes massa yang kemudian berubah menjadi konflik bersenjata yang meluas.

Warga Rohingya telah meninggalkan Rakhine selama beberapa minggu karena Tentara Arakan, salah satu kelompok bersenjata yang terlibat dalam konflik, telah meraih kemajuan signifikan di wilayah utara yang memiliki populasi Muslim yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.