Sukses

Praktik Menyesatkan, Dukun di Malaysia Klaim Bisa Sembuhkan Anak Lewat Ciuman

Praktik atau ritual tersebut segera mendapat kecaman dan penolakan dari banyak pihak.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Seorang dukun di Malaysia menghadapi tuduhan pelecehan setelah ia memotong lidahnya untuk melakukan ritual "ciuman darah" yang katanya akan menyembuhkan penyakit pada anak-anak.

Tabib kepercayaan, bermarga Lin, melakukan ritual tersebut di sebuah kuil di Klang, Selangor, sebuah negara bagian di pantai barat Malaysia.

Ia melakukannya pada beberapa anak yang dibawa kepadanya oleh orang tua mereka untuk disembuhkan.

Menurut laporan SCMP yang dikutip Minggu, (11/8/2024), tindakan tersebut didokumentasikan dalam foto-foto yang diunggah di halaman Facebook kuil tersebut dan kemudian dibagikan secara luas di internet, sehingga memicu kontroversi.

Gambar-gambar tersebut menunjukkan dukun tersebut membungkuk di atas seorang anak yang dipegang, dengan wajah dan mulutnya menempel pada anak tersebut.

Beberapa orang mengkritik orang tua tersebut karena membawa anak-anak mereka ke kuil karena kepercayaan takhayul mereka, sementara yang lain menuduh dukun tersebut melakukan pelecehan seksual anak.

Perilaku tersebut juga dikecam sebagai tindakan yang tidak higienis

Setelah terjadi keributan di media sosial, kuil tersebut menghapus unggahan aslinya dan menutup akun Facebook-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Penolakan Keras

Chen Hezhang, presiden Federasi Asosiasi Tao Malaysia, menyatakan penolakan keras terhadap praktik tersebut dan mengumumkan rencana untuk mengatur pertemuan bagi anggota dewan guna berkomunikasi dengan dukun dan menghentikannya menerapkan metode tersebut.

Chen mengatakan kepada media berbahasa Mandarin Malaysia, China Press, "Selama 'ciuman darah', tangan dan kaki anak itu tampak terikat, dan anak itu tampak tidak nyaman, yang menunjukkan bahwa mereka tidak mau menerima metode ini."

"Orang tua disarankan untuk tidak memaksa anak-anak mereka menjalani perawatan seperti itu – dan takhayul yang berlebihan," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Mengaku Diutus Dewa

Lin mencoba membela tindakannya, bersikeras bahwa niatnya adalah untuk membantu, bukan menyakiti.

Dia mengklaim bahwa dia dibimbing oleh campur tangan ilahi dan mengatakan, "Sebagai dukun, ketika dewa turun, ia merasuki tubuh saya dan mendikte metode yang digunakan untuk mengobati orang percaya. Sebagai seseorang yang dipilih oleh dewa, saya harus menerima peran ini".

Lin juga mengklaim bahwa selama "perawatan" itu, dia tidak mencium anak-anak secara langsung, juga tidak bermaksud melakukan tindakan apa pun yang dianggap sebagai pelecehan.

 

4 dari 4 halaman

Keyakinan Terhadap Dukun

Beberapa orang percaya bahwa dukun berfungsi sebagai media komunikasi antara dewa dan manusia.

Mereka juga dianggap mampu menyembuhkan penyakit mulai dari kemandulan atau sakit jantung hingga batuk, yang sering dikaitkan dengan roh yang harus ditenangkan.

Dalam beberapa ritual, dukun melakukan ritual yang melibatkan darah dengan cara melukai diri sendiri hingga berdarah deras.

Praktik ini diyakini dapat "menarik kehadiran ilahi". Dipercaya juga bahwa semakin banyak darah yang mengalir, semakin besar kepuasan dewa.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung semua ini dan ritual ini telah banyak dikritik oleh pengamat di media sosial.

"Orang tua adalah orang yang paling membutuhkan 'pengobatan', bukan anak. Orang tua yang percaya takhayul itu seharusnya memeriksakan kepala mereka di rumah sakit daripada menyakiti generasi berikutnya," kata salah satu pengguna.

"Jika ini dapat menyembuhkan penyakit, mengapa kita masih membutuhkan dokter? Cium saja semua pasien yang sakit parah di rumah sakit. Mulailah dengan orang tua yang membawa anak-anak mereka ke sana karena mereka jelas-jelas gila," kata yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini