Sukses

13 Agustus 1991: 400 Arsitek Berkompetisi untuk Merancang Galeri Nasional Inggris

Dari sekitar 400 karya yang masuk. Hanya satu yang dipilih untuk desain Galeri Nasional Inggris.

Liputan6.com, London - Pangeran Charles tak melanjutkan desain dan rancangannya untuk Galeri Nasional Inggris. Sebagai gantinya, diadakan kompetisi untuk merancang gedung baru.

Rancangan bangunan berupa gedung lima lantai yang dirancang oleh arsitek yang bermarkas di London, Gordon Benson dan Alan Forsyth dinyatakan sebagai pemenangnya.

Ia berhasil mengalahkan 400 desain yang diajukan oleh arsitek di seluruh negeri, dikutip dari BBC, Selasa (13/8/2024).

Namun, pengunduran diri Pangeran Charles dari pihak yang merancang bangunan dinilai akan mempersulit upaya untuk mengumpulkan dana yang masih dibutuhkan untuk gedung tersebut.

Ketua wali amanat museum, Marquis of Bute, mengatakan waktu yang dipilih Pangeran Charles ''kurang ideal''.

"Kami kecewa karena pangeran merasa harus mengundurkan diri, tetapi saya rasa hal itu tidak mengurangi kegembiraan atas pencapaian penunjukan desainer untuk gedung baru," kata Lord Bute.

Salah satu arsitek pemenang, Gordon Benson, juga mengungkapkan kesedihannya atas pengunduran diri sang pangeran, tetapi menekankan bahwa keberatan sang pangeran adalah pada kompetisi, bukan pada desainnya.

Para pengurus museum menghadapi kesulitan untuk mendanai gedung baru.

Biaya pembangunannya mencapai 37 juta Pound Sterling dengan tambahan 18 juta Pound Sterling dihabiskan untuk bagian dalam.

Sementara itu, museum Skotlandia yang baru dibuka oleh Ratu Elizabeth II pada November 1998. Ketika Pangeran Charles berkunjung pada awal Desember 1998, ia menolak berkomentar tentang gedung baru tersebut.

Pada tahun 1999, museum tersebut memenangkan penghargaan Bangunan Terbaik yang diberikan oleh Royal Fine Art Commission Trust.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.