Sukses

Menguak Misteri Air yang Hilang, Tanda Kehidupan di Planet Mars?

Air yang hilang di Planet Mars diperkirakan ilmuwan terperangkap di bagian kerak tengah. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan mengatakan bahwa lebih dari tiga miliar tahun yang lalu, Mars tidak hanya memiliki danau dan sungai, tetapi juga lautan di permukaannya.

Namun, sebagai planet yang kehilangan atmosfernya, air ini menghilang. Yang hanya terlihat hari ini adalah es permafrost di kutub-kutub planet.

Meskipun dianggap beberapa air hilang ke ruang angkasa, penelitian telah menunjukkan bahwa tidak serta merta demikian. Air mungkin telah diintegrasikan ke dalam mineral, terkubur sebagai es, atau bahkan ada yang tersimpan dalam bentuk cair di dalam kerak planet.

Kini, ilmuwan mengatakan bahwa perhitungan mereka menunjukkan kuantitas air yang sangat besar terperangkap dalam batuan sekitar 11,5 hingga 20 km di bawah permukaan Mars. Demikian seperti dikutip The Guardian, Kamis (15/8/2024). 

"Estimasi kami lebih besar daripada volume air yang diusulkan untuk mengisi laut-laut kuno Mars," kata Dr. Vashan Wright, salah satu penulis studi tersebut dari Scripps Institution of Oceanography di Universitas California San Diego.

Dalam jurnal di Proceedings of the National Academy of Sciences, Wright dan rekan-rekannya melaporkan bagaimana mereka membuat perhitungan berdasarkan data gravitasi untuk Mars dan pengukuran yang direkam oleh InSight lander NASA.

Pengukuran tersebut menunjukkan bagaimana kecepatan gelombang seismik – yang dibuat oleh gempa Mars dan dampak meteorit – berubah dengan kedalaman di dalam kerak planet merah.

"Kerak tengah yang batuan rusuknya penuh dengan air menjelaskan baik data seismik maupun gravitasi," kata Wright.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Terperangkap

Wright menambahkan bahwa jika pengukuran di lokasi InSight lander mewakili seluruh planet, jumlah air terperangkap di retakan batuan akan mengisi laut 1-2 km dalam pada Mars.

"Di Bumi, air bawah tanah infiltrasi dari permukaan, dan kami berharap proses ini terjadi pada Mars," katanya.

"Infiltrasi harus terjadi ketika kerak atas lebih hangat daripada hari ini."

Meskipun hasil ini tidak menepi kemungkinan bahwa air juga hilang ke ruang angkasa atau terkubur dalam mineral, Wright mengatakan bahwa ini memungkinkan ilmuwan untuk mengulang penilaian kontribusi relatif dari mekanisme-mekanisme ini terhadap hilangnya air permukaan Mars masa lalu.

3 dari 3 halaman

Ragu Bisa Bantu Misi Manusia ke Mars

Studi ini juga menawarkan kemungkinan yang menarik.

"Adanya air tidak selalu berarti ada kehidupan, tetapi air dianggap bahan penting untuk kehidupan," kata Wright.

"Kami tahu bahwa kehidupan dapat ada di dalam kerak bawah tanah Bumi, di mana ada air. Kerak tengah Mars setidaknya mengandung bahan penting untuk kehidupan dan habitabilitas seperti yang kita kenal."

Bethany Ehlmann, profesor ilmu planet di Keck Institute for Space Studies, yang tidak terlibat dalam kerja tersebut mengatakan bahwa sekarang diperlukan pengukuran definitif yang menunjukkan apakah ada air cair dalam kerak bawah tanah Mars – dan jika ada, di mana tepatnya.

"Di Bumi, di mana ada air, ada kehidupan, jadi jika aquifer cairan hidrolik ada di Mars sekarang, mereka adalah target utama dalam pencarian kehidupan," katanya menambahkan.

Dr. Jon Wade dari Universitas Oxford mengatakan bahwa dia tidak akan terkejut dengan adanya kehidupan di Mars.

"Awalnya dalam sejarahnya, Mars akan lebih konduktif untuk kehidupan sederhana daripada Bumi, bahkan lebih."

Dr. Steven Banham dari Imperial College London menambahkan bahwa identifikasi air di kerak tengah juga akan membantu geofisikawan dan geolog untuk memahami struktur internal Mars.

Namun, Banham mengungkapkan keraguan bahwa air cair di kerak tengah dapat memberikan sumber daya bagi misi manusia ke Mars.

"Ya, kuantitas air yang sangat besar di dalam kerak planet, tetapi akan sulit diakses atau digunakan," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.