Sukses

14 Agustus 2016: Usain Bolt Catat Sejarah, Menang Lari Cepat di 3 Olimpiade Berturut-turut

Usain Bolt berhasil meraih medali emas dalam cabang olahraga lari estafet 4x100 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Atlet Usain Bolt berhasil mencatat sejarah setelah menjadi orang pertama yang memenangkan lari cepat 100 meter dalam tiga Olimpiade berturut-turut dengan catatan waktu 9,81. Hal itu dimenangkannya dalam kompetisi olahraga Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Justin Gatlin, atlet asal AS juara Olimpiade 2004, gagal memenangkan medali emas dengan catatan waktu 9.89 detik. Sementara atlet Kanada, Andre de Grasse memenangkan perunggu dengan catatan waktu 9,91.

Meski Bolt sebelumnya telah berhasil menyelesaikan lari 100 meter tercepat dalam sejarah - 9,58 detik pada Olimpiade 2009 - ia mengatakan bahwa pencapaian itu adalah nomor terlemahnya.

"Untuk itulah saya datang ke sini," kata Bolt setelah perlombaan, seperti dikutip dari laman Time, Selasa (13/8/2024).

"Ini adalah langkah pertama ke arah yang benar. Saya senang dan bangga pada diri saya sendiri. Itu bukan eksekusi yang sempurna, tetapi saya berhasil melakukannya," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan dari Penggemar

Para penggemar berteriak mendukungnya sebelum perlombaan.

Selama pemanasan, sementara lawan-lawannya berlama-lama di garis start, Bolt berlari santai sekitar 30 meter di lintasan, berbalik dan mengangkat tangannya, menikmati pujian seolah-olah dia adalah bangsawan. Ia bergerak dan menunjuk ke arah kamera.

Sementara itu, saingannya Gatlin disambut dengan sorakan cemoohan. Satu dekade lalu, ia menerima skorsing selama empat tahun karena menggunakan obat peningkat performa. Masa lalunya kembali menjadi sorotan setelah perenang AS Lilly King mengatakan Gatlin, dan pengguna doping lainnya yang dihukum, tidak pantas mendapat tempat di Olimpiade.

Sorakan cemoohan untuk Gatlin mengejutkan Bolt.

"Itu mengejutkan. Saya belum pernah melihat itu terjadi sebelumnya," kata Bolt.

 

3 dari 3 halaman

Berhasil Menang

Ketika pistol start dibunyikan, Bolt tahu bahwa performanya sedang tidak bagus.

"Saya merasa seperti tidak berdaya di awal," katanya.

Gatlin memimpin lebih dulu, tetapi Bolt tidak pernah panik dan melewatinya tak lama setelah setengah jalan.

Kemenangan sudah di tangan, Bolt menepuk dadanya sebelum finis. Ia mengambil boneka maskot Olimpiade setelahnya dan memamerkannya di sekitar stadion, berpose selfie dengan para penggemar yang memujanya.

Seperti tradisinya, ia berpose di lintasan dengan pose petir andalannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.