Sukses

Kisah Sedih dari Gaza, Serangan Israel Bunuh Bayi Kembar Saat Ayah Ambil Surat Kelahiran di Rumah Sakit

Beberapa jam sebelumnya, ayah dua anak Palestina itu meninggalkan apartemennya di Deir al-Balah untuk mengambil akta kelahiran untuk anak kembarnya yang berusia tiga hari.Namun saat ia keluar, katanya, ia menerima panggilan telepon bahwa serangan Israel telah menghantam rumahnya.

Liputan6.com, Gaza - Kisah sedih lainnya datang dari Gaza. Kali ini Mohammad Abu Al Qumsan yang kehilangan. Tubuhnya gemetar dan terkesiap karena tak percaya. Matanya berkaca-kaca lalu terjatuh lemas di halaman Rumah Sakit Syuhada Al Aqsa di Gaza tengah.

"Saya mohon. Saya mohon. Izinkan saya melihat mereka," teriaknya kepada pejabat kesehatan di fasilitas medis tersebut pada hari Selasa (13/8/2024), mengutip CNN.

"Dia baru saja melahirkan. Tolong izinkan saya melihatnya."

Beberapa jam sebelumnya, ayah dua anak Palestina itu meninggalkan apartemennya di Deir al-Balah untuk mengambil akta kelahiran untuk anak kembarnya yang berusia tiga hari – Aysal dan Aser, laki-laki dan perempuan. Namun saat ia keluar, katanya, ia menerima panggilan telepon bahwa serangan Israel telah menghantam rumahnya, menewaskan kedua bayi itu, bersama dengan istrinya, Jumana.

Rekaman yang direkam oleh seorang jurnalis lepas yang bekerja untuk CNN menunjukkan puluhan pelayat berkerumun di sekitar Al Qumsan di Rumah Sakit Al Aqsa. Para lelaki mencoba menghibur duda yang sedang berduka itu, dengan lembut membelai dahinya.

Dalam adegan lain, Al Qumsan terlihat berlutut di samping jenazah almarhum yang dibungkus kain kafan, sebelum melakukan salat jenazah Islam bersama para jemaah. Istrinya, seorang apoteker, dan si kembar termasuk di antara sedikitnya 23 orang, termasuk bayi berusia sembilan bulan, yang tewas dalam beberapa serangan Israel di daerah itu, menurut pejabat rumah sakit.

CNN telah menghubungi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk memberikan komentar tentang serangan itu.

"Semoga Tuhan mempersatukan kalian di surga, sayangku," kata seorang imam. "Demi Tuhan, kamu akan dipersatukan kembali dengan mereka di surga dan bersama mereka selamanya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memindahkan Keluaga Agar Selamat, Tapi...

Al Qumsan mengatakan kepada CNN bahwa dia telah memindahkan keluarganya ke sebuah apartemen di Deir al-Balah, dalam upaya putus asa untuk melindungi istrinya yang saat itu sedang hamil dari kampanye pengeboman Israel yang tiada henti di Gaza.

Beberapa hari sebelumnya, istri Al Qumsan, Jumana telah menerbitkan sebuah unggahan di Facebook yang merayakan kelahiran bayi kembarnya, menggambarkannya sebagai sebuah "keajaiban." Pasangan itu menikah musim panas lalu, sebelum perang Israel-Hamas dimulai.

"Bersama selamanya," tulisnya dalam unggahan media sosial sebelumnya yang mengumumkan pernikahan mereka, pada Juli 2023.

 

3 dari 4 halaman

16.400 Anak Jadi Korban

Israel melancarkan serangan militernya pada 7 Oktober setelah kelompok militan Hamas, yang memerintah Gaza, menyerang Israel selatan. Setidaknya 1.200 orang tewas dan lebih dari 250 lainnya diculik, menurut otoritas Israel.

Sejak itu, serangan Israel di Gaza telah menewaskan hampir 40.000 warga Palestina – termasuk lebih dari 16.400 anak-anak, 115 di antaranya bayi baru lahir – dan melukai lebih dari 92.000 orang, menurut Kementerian Kesehatan di sana.

Al Qumsan adalah salah satu dari ratusan ribu korban yang tidak punya waktu untuk meratapi orang yang mereka cintai dengan latar belakang serangan Israel selama 10 bulan yang telah menewaskan seluruh keluarga, memperdalam krisis kemanusiaan, dan mengubah kota-kota menjadi tanah terlantar.

Setidaknya 1,9 juta orang telah mengungsi, menurut badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA. Seluruh populasi yang berjumlah lebih dari 2,2 juta orang telah terpapar risiko kelaparan dan penyakit.

Namun, para pekerja bantuan mengatakan pembatasan bantuan Israel berarti mereka tidak dapat memberikan bantuan kepada warga Gaza yang dilanda perang. Sementara itu, otoritas kesehatan telah memberi tahu CNN bahwa mereka tidak dapat melakukan triase terhadap warga Palestina yang terluka, dalam sistem medis yang dihancurkan oleh serangan Israel. Lebih dari 885 pekerja kesehatan telah tewas, kata kementerian tersebut, dan kurang dari setengah dari 36 rumah sakit di jalur itu beroperasi sebagian.

 

4 dari 4 halaman

Efek Kengerian Pada Anak

Badan anak-anak PBB, UNICEF, memperingatkan bahwa perang "yang tak henti-hentinya" di Gaza "terus menimbulkan kengerian pada ribuan anak-anak," setelah memperkirakan bahwa setidaknya ada 17.000 anak-anak yang tidak ditemani atau terpisah di Gaza.

"Saya terkejut dengan kedalaman penderitaan, kehancuran, dan pengungsian yang meluas di Gaza," kata Salim Oweis, juru bicara UNICEF, pada hari Jumat (9/8). “Rekaman yang disaksikan dunia di televisi memberikan gambaran penting tentang neraka yang dialami orang-orang selama lebih dari 10 bulan.

“Yang tidak sepenuhnya ditunjukkan adalah bagaimana di balik bangunan-bangunan yang runtuh – seluruh lingkungan, mata pencaharian, dan impian telah diratakan dengan tanah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini