Sukses

10 Bulan Perangi Hamas, Serangan Israel Rusak 564 Sekolah di Gaza

Adapun berdasarkan Konvensi Jenewa Keempat, sekolah dianggap sebagai objek sipil dan harus dilindungi dari serangan. Namun kenyataannya, dalam kurun waktu 10 hari pada bulan Agustus, pasukan Israel menyerang lima sekolah di Kota Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Minggu lalu lebih dari 100 orang tewas setelah Israel menyerang sebuah sekolah di Kota Gaza yang menampung warga Palestina yang mengungsi, sementara PBB menuduh Israel mengintensifkan serangan terhadap sekolah-sekolah. Demikian mengutip laporan Al Jazeera, Kamis (15/8/2024).

Penargetan Sekolah al-Talbin pada hari Sabtu (11/8) saat salat subuh memicu kemarahan global.

Paramedis di tempat kejadian menggambarkan pembantaian itu mengerikan, dengan "tubuh-tubuh tercabik-cabik". Israel mengklaim bahwa Hamas dan pejuang Jihad Islam Palestina beroperasi dari sekolah tersebut – klaim yang ditolak oleh Hamas.

Israel telah berulang kali menyerang sekolah, rumah sakit, dan universitas di Gaza, dengan mengklaim bahwa bangunan-bangunan itu digunakan untuk keperluan militer tanpa memberikan bukti apa pun.

Dengan banyaknya perintah evakuasi sejak perang di Gaza dimulai pada tanggal 7 Oktober 2023, sekolah-sekolah sering digunakan untuk menampung hampir dua juta warga Palestina yang mengungsi di daerah kantong yang terkepung itu.

Adapun berdasarkan Konvensi Jenewa Keempat, sekolah dianggap sebagai objek sipil dan harus dilindungi dari serangan. Namun kenyataannya, dalam kurun waktu 10 hari pada bulan Agustus, pasukan Israel menyerang lima sekolah di Kota Gaza, menewaskan lebih dari 179 orang dan melukai banyak orang lainnya.

Menurut data yang dikumpulkan oleh United Nations Children’s Fund (UNICEF), hingga 6 Juli atau dalam 10 bulan terakhir, 564 sekolah di Jalur Gaza telah terkena langsung atau rusak oleh serangan Israel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Terbaru Israel ke Sekolah di Gaza

Setidaknya 15 orang tewas dan lebih dari 29 orang terluka dalam serangan Israel di Sekolah Dalal al-Mughrabi pada tanggal 1 Agustus, menurut para pejabat.

Dua hari kemudian, serangan terhadap sekolah Hamama dan al-Huda menewaskan 17 orang dan melukai lebih dari 60 orang.

Pada tanggal 4 Agustus, setidaknya 30 orang tewas dan 19 lainnya terluka setelah Israel menyerang sekolah Nassr dan Hassan Salameh di lingkungan Nassr di Kota Gaza.

Israel mengebom sekolah Abdul Fattah Hamouda dan az-Zahra, menewaskan 17 orang dan melukai puluhan lainnya pada tanggal 8 Agustus.

Serangan terburuk dalam beberapa minggu terakhir terjadi di Sekolah al-Tabin, yang menurut Hind Khoudary dari Al Jazeera terkena setidaknya tiga serangan rudal.

Pelapor khusus PBB untuk wilayah Palestina yang diduduki, Francesca Albanese, mengutuk serangan tersebut.

“Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina, satu lingkungan pada satu waktu, satu rumah sakit pada satu waktu, satu sekolah pada satu waktu, satu kamp pengungsi pada satu waktu, satu ‘zona aman’ pada satu waktu. Dengan senjata AS dan Eropa,” tulisnya di X.

 

3 dari 4 halaman

Serangan Israel Sebelumnya ke Sekolah

Pada bulan Juli, kampanye penyerangan Israel yang menargetkan tempat penampungan sekolah di seluruh Jalur Gaza menewaskan hampir 50 orang dalam waktu seminggu.

Hampir 85 persen bangunan sekolah di Gaza telah rusak, dengan hampir semua sekolah di Gaza Utara “terkena langsung” atau rusak. Ini diikuti oleh Kota Gaza, di mana lebih dari 90 persen sekolah telah rusak atau hancur.

Di Gaza Utara, 95 bangunan sekolah telah rusak atau hancur.

Di Kota Gaza, 208 gedung sekolah rusak atau terkena serangan langsung.Deir el-Balah, yang dalam beberapa minggu terakhir menjadi bagian dari daerah aman yang ditetapkan, telah diserang 70 gedung sekolah.

Khan Younis, tempat sebagian besar penduduknya yang berjumlah 75.000 orang terpaksa mengungsi beberapa hari yang lalu, telah diserang dan dirusak 125 gedung sekolah secara langsung.

Di Rafah, 66 gedung sekolah terkena serangan langsung atau rusak.

4 dari 4 halaman

Israel Bagikan Selebaran untuk Informasi Hamas di Gaza dan Berhadiah Rokok

Sementara itu di sisi lain, Israel dilaporkan menjatuhkan rokok di Gaza sebagai insentif untuk informasi terhadap kelompok tersebut.

Mengutip Al Jazeera, Selasa (13/8/2024), quadcopter Israel menjatuhkan selebaran di atas tenda-tenda orang yang mengungsi di Gaza selatan.

Selebaran tersebut, yang disertai dengan sebatang rokok, mengatakan orang-orang yang menelepon nomor dengan informasi tentang pejuang di Gaza akan menerima lebih banyak tembakau.

"Anda mau rokok atau pemimpin? Pesawat nirawak pendudukan Israel menjatuhkan selebaran di atas tenda-tenda warga Palestina yang mengungsi di daerah Al-Mawasi, menuntut informasi tentang perlawanan di Gaza dan berupaya memeras mereka dengan rokok yang ditempelkan pada selebaran tersebut," demikian dilaporkan Quds News Network.

The Jerussalem Post melaporkan, IDF atau tentara Israel menjatuhkan rokok dari langit di atas wilayah pesisir Khan Younis di Jalur Gaza pada hari Kamis (8/8) bersama dengan pesan yang memperingatkan penduduk setempat terhadap bahaya Hamas, N12 melaporkan pada hari Jumat (9/8).

Meskipun IDF diketahui telah menjatuhkan selebaran secara konsisten sebelum menyerang, yang meminta agar masyarakat segera mengungsi dari daerah tersebut demi keselamatan mereka sendiri, beberapa telah digunakan untuk menawarkan hadiah bagi para pemimpin Hamas.

Tidak seperti selebaran sebelumnya, yang dijatuhkan pada hari Kamis oleh IDF tidak meminta warga Gaza untuk mengungsi atau memberikan informasi, N12 mencatat. Sebaliknya, penduduk diberi hadiah rokok.

Terlampir pada rokok tersebut, berbagai selebaran bertuliskan, "Merokok itu berbahaya, tetapi Hamas lebih berbahaya," dan "Hamas membakar Gaza." Di samping tulisan tersebut, IDF menambahkan nomor kontak ke 'Departemen Pengaruh' untuk informasi lebih lanjut.

Selebaran tambahan menawarkan hadiah yang tidak ditentukan untuk setiap warga Gaza yang mengumpulkan lima selebaran.

Sejak awal perang, Hamas telah mengambil alih kendali penuh atas pasokan dan permintaan di Gaza, menaikkan harga hasil bumi, bantuan kemanusiaan, dan rokok, terkadang dengan jumlah yang mengkhawatirkan.

Dalam laporan The Jerussalem Post, Hamas disebut telah mencuri bantuan, hasil bumi, dan rokok hanya untuk menjualnya kembali dengan harga selangit.

Harga sebatang rokok saat ini di Jalur Gaza adalah 27 USD atau sekitar Rp427 ribu, sementara sebungkus dijual seharga 430 USD atau sekitar Rp6,8 juta, catat N12. 'Pajak' ini telah membantu Hamas terus mendanai kelangsungan hidupnya sendiri selama perang dengan mengorbankan penduduk Gaza.

Seorang pejabat keamanan yang berbicara dengan N12 menyatakan bahwa distribusi rokok dengan pesan yang diumumkan dimaksudkan untuk menyampaikan pesan terhadap Hamas, yang tidak dapat mengendalikan pemerintahan di jalur tersebut.

Menurut pejabat tersebut, tujuannya adalah untuk mempromosikan pembangkangan dan kutukan terhadap organisasi teroris dan kurangnya kemampuannya untuk menciptakan ketertiban umum. "Penting untuk menekankan bahwa rokok tidak masuk ke jalur tersebut dan bahwa ini adalah kejadian satu kali," ungkapnya.

Harga rokok yang sangat tinggi yang digelembungkan oleh Hamas telah menyebabkan krisis besar di Jalur Gaza, yang menyebabkan penduduknya terpaksa melakukan penyelundupan dan berbagai cara alternatif untuk mendapatkan produk tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.