Sukses

PM Thailand Srettha Thavisin Diberhentikan Akibat Langgar Konstitusi, Panaskan Suhu Politik?

Selama dua dekade terakhir, puluhan anggota parlemen Thailand menghadapi larangan, partai-partai dibubarkan, dan perdana menteri digulingkan dalam kudeta atau oleh keputusan pengadilan. Kini giliran PM Srettha Thavisin.

Liputan6.com, Bangkok - Kurang dari setahun di kursi kepemimpinan sebagai perdana menteri (PM) Thailand, Srettha Thavisin diberhentikan. Ia dicopot dari jabatannya oleh perintah pengadilan pada hari Rabu (14/8/2024).

Srettha Thavisin memenangkan suara parlemen untuk menjadi perdana menteri Thailand Agustus 2023 lalu, setelah pemilihan yang ketat di mana partainya hanya berada di posisi kedua. Kenaikannya ke posisi terpilih tertinggi di negara berpenduduk sedikitnya 66 juta orang itu hampir sama cepatnya dengan kepergiannya.

Mahkamah konstitusi Thailand yang berkuasa memberhentikan langkah perdana menteri negara tersebut. Lima dari sembilan hakim pengadilan memilih untuk memberhentikan Srettha Thavisin dan kabinetnya, dengan memutuskan bahwa perdana menteri tersebut sangat menyadari bahwa dia mengangkat seseorang yang sangat tidak memiliki integritas moral.

Srettha Thavisin terbukti telah menunjuk seorang menteri kabinet dengan hukuman pidana yang melanggar konstitusi Thailand. Alih-alih membiarkan para pemilih Thailand pada pemilihan berikutnya untuk memberikan penilaian atas keputusan Srettha – setelah berkecimpung dalam politik lokal selama beberapa bulan – pengadilan memutuskan bahwa ia telah melanggar kode etik konstitusional dan mencopotnya dari jabatan.

Para pemilih Thailand jarang mendapat kesempatan untuk memberikan penilaian atas partai dan perdana menteri yang mereka pilih. Pada tahun 2008, seorang perdana menteri diperintahkan untuk mengundurkan diri karena konflik kepentingan yang timbul dari penampilannya di acara memasak. Pada tahun 2014, pengadilan memberhentikan Yingluck Shinawatra, saudara perempuan mantan perdana menteri dan pialang kekuasaan Thaksin Shinawatra, juga karena keputusan personalia yang dibuatnya saat menjabat.

Peran dari apa yang disebut sebagai “lembaga independen” Thailand, termasuk pengadilan konstitusi, tertanam dalam konstitusi yang diadopsi oleh rezim pascakudeta pada tahun 2017. Konstitusi ini sejauh ini efektif dalam menggagalkan keinginan para pemilih Thailand dan memastikan bahwa pemerintahan terpilih tetap lemah dan di bawah kendali kekuatan konservatif di atas parlemen.

Berbicara kepada wartawan setelah putusan tersebut, Srettha Thavisin mengatakan dia telah menjalankan tugasnya sebagai perdana menteri sebaik mungkin. Ia pun menuturkan menerima putusan tersebut. Demikian seperti dilansir CNN.

Pemecatan sang perdana menteri, mengutip lowyinstitute.org, mungkin menjadi tanda peringatan bagi mantan perdana menteri dan pialang kekuasaan Thaksin Shinawatra dan Partai Pheu Thai bahwa kekuatan konservatif masih berkuasa di Thailand. Namun untuk saat ini, sepertinya hal itu tidak menandakan bahwa koalisi yang dibuat antara Thaksin dan kaum konservatif ini akan runtuh. Selain hal-hal lain, pembubaran partai oposisi progresif Move Forward minggu lalu, berarti bahwa Partai Pheu Thai tidak memiliki pilihan lain yang baik untuk mitra pemerintahan.

Momen pencopotan taipan properti yang beralih menjadi politikus dari kursi perdana menteri, menurut pemberitaan VOA News, menjerumuskan ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara itu ke dalam kekacauan politik.

Putusan tersebut berarti lebih banyak pergolakan bagi lanskap politik Thailand yang sudah bergejolak, di mana mereka yang mendorong perubahan sering kali berselisih dengan lembaga – kelompok kecil, namun kuat yang terdiri dari elite militer, royalis, dan bisnis.

Selama dua dekade terakhir, puluhan anggota parlemen menghadapi larangan, partai-partai dibubarkan, dan perdana menteri digulingkan dalam kudeta atau oleh keputusan pengadilan – dengan lembaga peradilan memainkan peran sentral dalam perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung.

Adapun putusan pengadilan terkait PM Thailand berusia 62 tahun itu dikeluarkan seminggu setelah pengadilan yang sama membubarkan Partai Move Forward yang populer dan progresif, yang memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu tahun lalu dan melarang para pemimpinnya dari politik selama 10 tahun. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Langkah Selanjutnya Pemerintah Thailand Usai PM Srettha Thavisin Dicopot?

Melansir The Straits Times, Kamis (15/8), kabinet Thailand kemudian akan mengambil peran sementara dengan Menteri Perdagangan dan wakil perdana menteri Phumtham Wechayachai menjadi pelaksana tugas perdana menteri.

Adapun partai-partai harus memutuskan siapa yang akan mereka nominasikan dan pilih sebagai perdana menteri berikutnya berdasarkan daftar kandidat yang diajukan sebelum pemilihan umum 2023.

Diperkirakan tidak semua kandidat akan diajukan, dengan tawar-menawar yang mungkin terjadi antara partai-partai sebagai imbalan atas posisi kabinet.

Sementara itu, Ketua DPR akan mengadakan pertemuan parlemen agar majelis rendah dapat memberikan suara untuk perdana menteri berikutnya. Tidak ada aturan yang menentukan kapan parlemen harus bersidang untuk mengadakan pemungutan suara.

Untuk menjadi PM Thailand, seorang kandidat membutuhkan dukungan lebih dari separuh dari 493 anggota majelis rendah saat ini, atau 247 suara. Jika dukungan mereka kurang, majelis harus bersidang lagi nanti dan mengulang proses pemungutan suara, dengan kesempatan bagi kandidat lain untuk dicalonkan.

Sebagai informasi, 11 partai koalisi pemerintah memiliki 314 kursi di majelis rendah.

Nantinya, perdana menteri baru Thailand harus menunjuk kabinet, yang kemudian harus menyampaikan kebijakannya kepada parlemen sebelum dapat mulai memerintah.

Parlemen Thailand kabarnya akan menggelar sidang pada Jumat (16/8) guna menyelenggarakan rapat khusus guna memilih perdana menteri baru menyusul putusan pengadilan yang memberhentikan Srettha Thavisin.

Dalam pernyataan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal DPR, Arpath Sukhanunth mengatakan Ketua DPR Wan Muhamad Noor Matha mengirim pemberitahuan kepada semua Anggota Parlemen (MP) pada Rabu (14/8) malam, meminta mereka untuk mengadakan rapat pada pukul 10 pagi pada hari Jumat.

"Anggota parlemen akan memberikan suara untuk mempertimbangkan pemberian persetujuan kepada seseorang yang harus diangkat sebagai Perdana Menteri menurut Pasal 159 Konstitusi Kerajaan Thailand," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Bernama, Kamis (15/8).

3 dari 4 halaman

5 Calon Kandidat Pengganti PM Thailand Srettha Thavisin

Siapa bakal menggantikan posisi PM Thailand Srettha Thavisin?

Situs lowyinstitute.org menyebut pengganti sosok mantan kepala eksekutif Sansiri SIRI.BK -- salah satu perusahaan real estat terbesar di Thailand --  yang memasuki dunia politik hanya beberapa bulan menjelang pemilihan Mei lalu sebagai kandidat perdana menteri untuk partai populis Pheu Thai, adalah perdana menteri lemah lainnya.

Jika Partai Pheu Thai ingin mempertahankan posisi perdana menteri di tangannya, Chaikasem Nitisiri yang berusia 75 tahun mungkin menjadi kandidat yang paling mungkin, meskipun ada rumor yang terus-menerus tentang kesehatannya yang buruk. Pilihan lainnya adalah pialang kekuasaan Anutin Charnvirakul, yang statusnya sebagai "perantara" transaksional membuatnya memiliki reputasi baik dengan semua partai dalam koalisi.

Terlepas dari siapa yang menggantikan Srettha, pemerintahan Thailand berikutnya akan terlihat sama saja: tidak stabil, bergantung pada kekuatan konservatif di atas parlemen dan tidak mampu membuat perubahan ekonomi atau politik yang berarti. Suaranya di tingkat internasional tidak akan lagi berarti.

Kendati demikian, muncul sejumlah nama kandidat yang mungkin menggantikan posisi Srettha Thavisin sebagai PM Thailand. Berikut ini sejumlah kandidat pengganti PM Srettha Thavisin, mengutip laporan The Straits Times, Kamis (15/8):

  1. Paetongtarn Shinawatra, 37, putri dari tokoh miliarder dari Partai Pheu Thai, Thaksin Shinawatra. Ia juga merupakan pemimpin partai dan akan menjadi Shinawatra ketiga yang menduduki jabatan puncak jika dipilih oleh parlemen.
  2. Chaikasem Nitisiri, mantan menteri kehakiman dan pendukung setia partai Pheu Thai.
  3. Anutin Charnvirakul, Menteri Dalam Negeri dan wakil perdana menteri yang berhasil mendorong liberalisasi ganja di Thailand. Ia adalah pemimpin Partai Bhumjaithai, mitra terbesar kedua dalam pemerintahan koalisi.
  4. Menteri Energi Pirapan Salirathavibhaga, mantan menteri kehakiman yang memimpin partai konservatif Thai Raksa Chart.
  5. Prawit Wongsuwan, mantan panglima militer berpengaruh yang memimpin Partai Palang Pracharat yang konservatif dan berpihak pada militer. Pembuat kesepakatan politik terkenal Prawit terlibat dalam dua kudeta terakhir terhadap pemerintahan Shinawatra.
4 dari 4 halaman

Bagaimana Nasib Prospek Ekonomi Thailand Usai Pemecatan PM Srettha Thavisin

Pemecatan Srettha oleh pengadilan konstitusi pada Rabu merupakan pukulan telak terbaru bagi Pheu Thai.

Pheu Thai kini harus memilih satu dari dua kandidat yang memenuhi syarat – Chaikasem Nitisiri, mantan jaksa agung dan menteri kehakiman, dan Paetongtarn Shinawatra, putri berusia 37 tahun dari tokoh politik terkemuka Thaksin Shinawatra.

Pheu Thai telah bergerak cepat untuk mempertahankan keunggulannya, di mana para koalisinya segera bertemu di kediaman Thaksin pada Rabu malam.

"Mereka ingin bersikap tegas … Semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin banyak pertengkaran dan perebutan kekuasaan yang akan terjadi, jadi semakin cepat semakin baik," kata Thitinan Pongsudhirak, seorang ilmuwan politik di Universitas Chulalongkorn.

"Jika mereka dapat memberikan suara lebih awal, maka pemungutan suara akan lebih mudah diatur. Mereka dapat mengendalikan hasil pemilihan."

Di sisi lain, prospek ekonomi Thailand sedang kacau setelah Perdana Menteri Srettha Thavisin dicopot dari jabatannya dalam kasus pelanggaran etika yang melibatkan pengangkatan seorang pengacara yang terlibat hukum ke dalam kabinetnya.

Pemerintahan Srettha berencana untuk meremajakan ekonomi melalui berbagai inisiatif populis, termasuk pemberian dompet digital andalannya yang diharapkan dapat menyuntikkan sekitar 450 miliar Baht ke dalam perekonomian.

Pemberian tersebut diperkirakan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,2-1,8 poin persentase selama skema tersebut, tetapi kekacauan yang terjadi setelah pemecatannya kini mengancam akan menggagalkan upaya-upaya tersebut.

Dikutip dari laman Bangkok Post, putusan untuk mencopot Srettha Thavisin dari jabatannya merupakan "kejutan yang sangat besar" bagi Federasi Industri Thailand (FTI).

Pihaknya khawatir akan penghentian kebijakan pemerintah, karena hal ini akan berdampak buruk pada ekonomi Thailand, khususnya investasi.

Investor selalu mempertimbangkan apakah kebijakan ekonomi tertentu akan berlanjut jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, kata Kriengkrai Thiennukul, ketua FTI.

Beberapa investor yang menunda keputusan mereka untuk berinvestasi dalam proyek-proyek baru mungkin memutuskan untuk tidak memperluas bisnis mereka di Thailand, kata Kriengkrai.

Sangat mungkin investor ini akan mengalihkan rencana investasi mereka ke negara-negara tetangga, katanya.

Sebelum putusan pengadilan, banyak investor bertanya kepada FTI tentang prospek politik di Thailand karena mereka menginginkan informasi yang jelas dan akurat untuk merencanakan investasi mereka di sini.

"Mereka dalam mode menunggu dan melihat. Setelah putusan pengadilan, mereka dapat membuat keputusan dengan lebih mudah," kata Kriengkrai.

FTI ingin Thailand memastikan keberlanjutan kebijakan pemerintah, mempromosikan dan mendorong investor Thailand dan asing untuk mengembangkan bisnis mereka di negara tersebut.

Ketidakpastian, terutama dalam politik, dapat menyebabkan Thailand kehilangan banyak peluang bisnis, katanya.

Wakil Menteri Keuangan Sementara Julapun Amornvivat setuju, dan mengatakan bahwa pemecatan perdana menteri kemungkinan akan berdampak pada kepercayaan investor dan memengaruhi penerapan berbagai kebijakan pemerintah.

Mengenai pemberian dompet digital, Julapun mengatakan skema tersebut perlu menunggu pemerintahan baru, tetapi Partai Pheu Thai, yang memimpin pembentukan pemerintahan baru, berkomitmen untuk mendorong kebijakan utama partai, termasuk skema dompet digital.

Skema tersebut diharapkan akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini.

Menurut analis politik dan ekonomi independen Thailand, Somjai Phagaphasvivat, dampak pencopotan Srettha kemungkinan akan berdampak psikologis pada Bursa Efek Thailand, yang mungkin menyebabkan investor asing menunda investasi mereka di Thailand.

Namun, dampak ini tidak mungkin berlangsung lama, karena pemerintahan koalisi kemungkinan akan tetap sama, katanya.

Sementara perdana menteri berikutnya masih menjadi misteri, termasuk apakah kandidat tersebut akan berasal dari Partai Pheu Thai.

Somjai mengatakan, ia yakin kebijakan utama pemerintah, khususnya pemberian dompet digital, akan dilaksanakan.

"Bahkan jika perdana menteri baru bukan dari Partai Pheu Thai, partai tersebut masih memegang kursi terbanyak dalam pemerintahan koalisi, yang memberinya daya tawar dalam pemerintahan baru," katanya.

"Di bawah pemerintahan baru dengan partai koalisi yang sama, keberlanjutan kebijakan pemerintah, termasuk dompet digital, Ignite Thailand, dan proyek-proyek lainnya, akan tetap jalan."

Chaichan Chareonsuk, ketua Dewan Pengirim Nasional Thailand, menggambarkan pencopotan Srettha oleh Mahkamah Konstitusi sebagai perubahan besar bagi pemerintah.

Ia mengatakan, proses pemilihan pemimpin baru tidak boleh diperpanjang, karena dapat berdampak serius pada ekspor dan investasi asing langsung.

"Pemerintah harus bertindak cepat untuk memulihkan kepercayaan dan keyakinan investor, karena kekosongan politik yang disebabkan oleh pencabutan ini dapat merusak kepercayaan bisnis dan menghambat pertumbuhan ekonomi negara tahun ini," kata Chaichan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.