Sukses

Catat Rekor, 39 Capres Siap Bertarung dalam Pilpres Sri Lanka 2024

Siapa saja capres kuat dalam Pilpres Sri Lanka? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Colombo - Komisi pemilihan umum Sri Lanka pada hari Kamis (15/8/2024) mengumumkan menerima pendaftaran dari 39 calon presiden (capres) untuk maju dalam pemilu presiden (pilpres) bulan depan.

Itu merupakan jumlah kandidat calon presiden terbanyak dalam sejarah Sri Lanka. Pada tahun 2019, tercatat 35 kandidat mengikuti Pilpres Sri Lanka.

Sementara itu, lebih dari 17 juta orang berhak memberikan suara dalam pemilihan 21 September. Demikian seperti dilansir kantor berita AP, Jumat (16/8).

Pilpres Sri Lanka dipandang sebagai referendum atas reformasi ekonomi yang sulit yang diprakarsai oleh presiden saat ini Ranil Wickremesinghe. Reformasi tersebut telah meningkatkan angka-angka ekonomi utama, namun dampaknya belum menjangkau banyak orang biasa.

Sri Lanka berada di tengah-tengah program restrukturisasi utang dan reformasi keuangan yang kritis di bawah program talangan oleh Dana Moneter Internasional (IMF).

Utang yang tidak berkelanjutan, krisis neraca pembayaran yang parah, dampak pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, dan desakan pemerintah untuk membelanjakan cadangan devisa yang langka untuk menopang mata uang negara, rupee, menyebabkan kekurangan mata uang asing dan kebutuhan pokok seperti bahan bakar, obat-obatan, gas untuk memasak, dan makanan pada tahun 2022.

Krisis ekonomi dan kekurangan kebutuhan pokok yang diakibatkannya memicu kerusuhan, yang memaksa Presiden Gotabaya Rajapaksa saat itu meninggalkan negara tersebut dan kemudian mengundurkan diri. Parlemen memilih Wickremesinghe sebagai presiden untuk menggantikan sisa masa jabatan Rajapaksa.

Wickremesinghe sendiri juga akan mengikuti pilpres di mana agenda ekonominya menjanjikan pertumbuhan yang cepat dengan target ambisius untuk menjadikan Sri Lanka sebagai negara maju pada 100 tahun kemerdekaannya pada tahun 2048.

Inflasi telah turun menjadi sekitar 5 persen dari 70 persen dua tahun lalu di bawah pemerintahannya. Suku bunga juga telah turun, rupee telah pulih, dan cadangan mata uang asing telah meningkat. Negara-negara kreditor seperti India, Jepang, dan Prancis telah sepakat untuk menunda pembayaran utang hingga tahun 2028, yang akan memberi negara itu ruang untuk membangun kembali ekonominya.

Pemerintah masih bernegosiasi dengan kreditor swasta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capres Kuat Sri Lanka

Di lain sisi, para profesional dan pebisnis mengeluhkan pajak yang lebih tinggi dan semua orang terdampak biaya hidup yang tinggi. Beberapa kritikus menuduh Wickremesinghe melindungi anggota pemerintahan sebelumnya yang diduga korup sebagai imbalan atas dukungan mereka terhadap reformasinya di parlemen.

Kepada para pendukungnya usai menyerahkan berkas pencalonannya, Wickremesinghe mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir, dia mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan ekonomi dan sebagai hasilnya, "sekarang tidak ada antrean untuk bahan bakar, makanan, dan obat-obatan. Orang-orang memiliki uang di tangan mereka. Namun, kita perlu bergerak maju untuk lebih menstabilkan ekonomi. Kita baru saja memulai pekerjaan dan kita tidak bisa berhenti. Pilih saya untuk maju."

Saingan utama Wickremesinghe termasuk pemimpin oposisi Sajith Premadasa dan Anura Dissanayake, pemimpin partai politik kiri yang telah mendapatkan popularitas di antara orang-orang yang menyalahkan partai tradisional atas bencana ekonomi tersebut.

Kandidat terkemuka lainnya adalah Namal Rajapaksa, putra mantan Presiden Mahinda Rajapaksa dan keponakan mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa. Pencalonannya akan menunjukkan seberapa besar dukungan yang dipertahankan oleh mantan dinasti Rajapaksa yang berkuasa setelah kejatuhannya akibat krisis ekonomi.

Keluarga Rajapaksa menonjol dalam politik Sri Lanka sejak negara tersebut menjadi negara demokrasi setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948. Kepemimpinan Mahinda Rajapaksa dalam mengakhiri perang saudara selama 26 tahun pada masa jabatan kepresidenannya tahun 2005-2015 membawa keluarganya ke puncak popularitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.