Sukses

Profil Mohammed Deif, Pemimpin Militer Hamas yang Dijuluki Si Kucing dengan 9 Nyawa

Menurut sejumlah laporan, termasuk media internasional menyebut bahwa Mohammed Deif lahir di kamp pengungsi Khan Younis di Gaza selatan pada awal tahun 1960-an.

Liputan6.com, Gaza - Mohammed Deif adalah kepala sayap militer Hamas yang sulit dipahami keberadaannya dan ia diyakini berada di balik serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023.

Dalam beberapa jam setelah serangan tahun lalu, sebuah pernyataan yang direkam dan dirilis oleh saluran TV Hamas, memperlihatkan sosok Deif.

"Sudah cukup," kata sosok dalam video itu, yang muncul sebagai siluet.

Banyak hal tentang kehidupan awal Deif yang tidak diketahui atau belum dikonfirmasi. Menurut laporan dari media internasional, Deif lahir di kamp pengungsi Khan Younis di Gaza selatan pada awal tahun 1960-an, dikutip dari laman npr.org, Jumat (16/8/2024).

Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa mengatakan, Deif lahir di Gaza pada tahun 1965.

Beberapa laporan mengatakan, Deif adalah bagian dari kelompok teater bernama The Returners saat menjadi mahasiswa di Gaza.

Avi Melamed, seorang pakar Timur Tengah di Eisenhower Institute, mengatakan kepada Washington Post bahwa ini adalah sesuatu yang terus dilakukan Deif bahkan setelah bergabung dengan Hamas, yaitu berpindah-pindah.

Deif bergabung dengan Hamas sekitar tahun 1987, dan ditangkap oleh Israel atas aktivitasnya pada tahun 1989, demikian sumber Hamas mengatakan kepada Reuters.

Ia menghabiskan lebih dari setahun di penjara Israel tetapi kembali ke Gaza pada awal tahun 1990-an, ketika ia mulai naik pangkat dengan cepat di Hamas.

"Ia telah aktif di Hamas selama beberapa dekade," kata Raphael Cohen dari RAND Corporation.

"Kami tahu ia mendalangi serangan teroris skala besar lainnya," kata Cohen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterlibatan Mohammed Deif dalam Sejumlah Peristiwa

Deif dituduh mengawasi beberapa bom bunuh diri, yang menewaskan puluhan warga Israel, sejak tahun 1995 dan seterusnya.

Ia menjadi kepala sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam, pada Juli 2002, setelah Israel membunuh mantan pemimpinnya, Saleh Shehada. Sejak saat itu, Deif dikenal sebagai perancang strategi militer Hamas.

Departemen Luar Negeri telah menetapkan Deif sebagai teroris dan ia telah lama masuk dalam daftar orang paling dicari Israel.

"Ia telah menjadi sasaran sejumlah upaya pembunuhan Israel sebelumnya," kata Hugh Lovatt, peneliti kebijakan senior pada program Timur Tengah dan Afrika Utara di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, yang telah meneliti dan menulis tentang kehidupan Deif.

"Menurut beberapa rumor, upaya tersebut telah membuatnya cacat atau lumpuh sebagian. Ia juga kehilangan anggota keluarga dalam serangan tersebut."

 

3 dari 3 halaman

Si Kucing dengan 9 Nyawa

Menurut beberapa laporan, upaya pembunuhan tersebut membuat Deif buta pada satu mata dan mengakibatkan beberapa anggota tubuhnya diamputasi.

Selama perang Israel-Hamas tahun 2014, istri Deif dan salah satu anaknya tewas dalam serangan udara yang menargetkan Israel di sebuah rumah di Gaza yang bertujuan untuk membunuhnya.

Deif yang juga dijuluki "si kucing dengan sembilan nyawa" tidak berada di gedung tersebut saat itu dan berhasil lolos dari upaya pembunuhan terhadapnya.

Kini, komandan militer tersebut menghabiskan seluruh waktunya untuk berlindung dari serangan Israel dan potensi pembunuhan, kata Lovatt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.