Sukses

Taiwan Gempa Magnitudo 6,3, Gedung-gedung Berguncang

Gempa Taiwan terkini itu juga mengguncang gedung-gedung di ibu kota Taipei. Pihak berwenang mengatakan layanan kereta bawah tanah di kota itu terus berjalan dengan kecepatan rendah.

Liputan6.com, Hualien - Gempa berkekuatan magnitudo 6,3 mengguncang 34 km di lepas pantai timur Kota Hualien Taiwan pada hari Jumat (16 Agustus 2024), kata badan cuaca, tanpa ada laporan kerusakan akibat gempa kuat kedua yang melanda pulau itu dalam waktu kurang dari sehari.

Gempa Taiwan terkini itu juga mengguncang gedung-gedung di ibu kota Taipei. Pihak berwenang mengatakan layanan kereta bawah tanah di kota itu terus berjalan dengan kecepatan rendah.

"Rasanya dekat," kata Hsieh Yu-wei, seorang penyanyi yang menepikan mobilnya saat ia menerima peringatan gempa dari pemerintah saat mengemudi di jalan raya pesisir Hualien.

Gempa itu memiliki kedalaman 9,7 km, kata badan cuaca, dan terjadi setelah gempa bumi Taiwan berkekuatan magnitudo 5,7 yang melanda pantai timur laut Taiwan pada Kamis (15/8) malam.

Sementara itu, pejabat cuaca telah memperingatkan risiko tanah longsor di daerah pegunungan setelah hujan selama berhari-hari.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rawan gempa bumi.

Pada bulan April, Hualien dilanda gempa bumi terbesar yang melanda Taiwan dalam setidaknya 25 tahun. Sembilan orang tewas dan lebih dari 900 orang terluka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa Jepang

Secara terpisah di Jepang, Komisi Keamanan Publik Nasional pada tanggal 15 Agustus mengakhiri seruannya untuk risiko gempa bumi besar yang lebih tinggi dari biasanya, satu minggu setelah gempa kuat di tepi zona dasar laut Palung Nankai mendorong pemerintah untuk mengeluarkan peringatan gempa besar pertamanya.

Gempa bumi bermagnitudo 5,3 mengguncang Jepang timur dekat Tokyo pada tanggal 9 Agustus, dengan kerusakan yang dilaporkan terbatas pada tiga orang yang mengalami luka ringan.

Jepang telah memperkirakan peluang sebesar 70 persen hingga 80 persen terjadinya gempa besar Palung Nankai dalam 30 tahun ke depan.

Skenario terburuk pemerintah memperkirakan bahwa gempa besar Palung Nankai dan bencana tsunami berikutnya dapat menewaskan 323.000 orang, menghancurkan 2,38 juta bangunan, dan menyebabkan kerugian ekonomi sebesar 220 triliun yen.

3 dari 4 halaman

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang California Selatan, 60 Gempa Kecil Terdeteksi Setelahnya

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 terjadi di dekat Lamont, California, AS pada Selasa (6/8/2024) malam dan mengguncang sebagian besar wilayah California Selatan, termasuk Los Angeles.

US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS melaporkan pusat gempa berada sekitar 15 mil barat daya Lamont – dan sekitar 25 mil selatan Bakersfield – sekitar pukul 9:09 malam. Survei sebelumnya menilai gempa berkekuatan magnitudo 5,3 tetapi kemudian menurunkannya menjadi 5,2.

Menurut pelacak milik lembaga tersebut, seperti dikutip dari CNN, Rabu (7/8), warga dari Fresno hingga Temecula melaporkan merasakan guncangan.

Menurut pemadam kebakaran kota, sekitar 100 mil di tenggara pusat gempa California Selatan, tidak ada kerusakan infrastruktur atau korban luka yang signifikan di Los Angeles. Mereka mengirim petugas dari stasiun pemadam kebakaran untuk memeriksa apakah wilayah tersebut terdampak.

USGS memperkirakan kecil kemungkinan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa California terkini.

Sekitar 60 gempa kecil – dengan kekuatan 4,5 – tercatat setelahnya, menurut seismolog dari California Institute of Technology, Lucy Jones.

Jones menggambarkan gempa berkekuatan magnitudo 5,2 itu sebagai "kuat," dengan mengatakan, "Mayoritas (gempa bermagnitudo 5) akan memiliki lebih sedikit gempa susulan daripada ini."

"Baru-baru ini, kami mengalami beberapa dekade yang agak tenang," kata Jones, seraya menambahkan: "Di California Selatan, kami mengalami tujuh (gempa berkekuatan 5 skala Richter) dalam 10 tahun terakhir. Namun, dalam jangka panjang, rata-rata, itu lebih seperti beberapa kali setahun."

4 dari 4 halaman

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Los Angeles, Getaran Terasa Hingga Las Vegas

Sebelumnya lagi, gempa bumi mengguncang wilayah Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada Senin 29 Juli 2024 sore waktu setempat.

US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 4,9 dengan episentrum dekat Barstow, California – sekitar 103 mil timur laut Los Angeles.

Gempa terjadi pada kedalaman hampir lima mil, menurut USGS seperti dikutip dari CNN, Selasa (30/7/2024).

Besarnya gempa diturunkan dari laporan awal magnitudo 5,1.

USGS juga melaporkan beberapa menit setelah gempa Los Angeles yang pertama terdeteksi lindu susulan bermagnitudo 3,5 dan 2,7.

Di kantor Warner Bros. Discovery – perusahaan induk CNN – di Burbank, sekitar 115 mil barat daya episentrum, gempa dimulai sebagai guncangan lambat dan bertambah kuat, berlangsung sekitar 20 detik.

Sebagian besar California Selatan dilaporkan merasakan gempa, dan USGS mendeteksi guncangan hingga sejauh timur Las Vegas, Nevada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.