Sukses

Paetongtarn Shinawatra Dipilih sebagai Perdana Menteri Baru Thailand

Paetongtarn Shinawatra menjadi perdana menteri termuda dalam sejarah Thailand. Kini usianya baru menginjak 37 tahun.

Liputan6.com, Bangkok - Parlemen Thailand memilih Paetongtarn Shinawatra sebagai perdana menteri berikutnya menggantikan Srettha Thavisin yang beberapa waktu lalu dicopot dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi akibat pelanggaran etika.

Di usia 37 tahun, ia menjadi Perdana Menteri termuda di Thailand dan wanita kedua yang menduduki jabatan tersebut, setelah bibinya Yingluck, dikutip dari BBC, Jumat (16/8/2024).

Proses pemilihannya dilakukan hanya dua hari setelah mantan PM Srettha Thavisin diberhentikan oleh Mahkamah Konstitusi.

Paetongtarn Shinawatra adalah anggota keempat dari klan Shinawatra yang menjadi perdana menteri dalam dua dekade terakhir.

Tiga lainnya, termasuk ayahnya Thaksin dan bibi Yingluck, digulingkan oleh kudeta militer dan putusan pengadilan konstitusi.

Pengangkatan Paetongtarn dianggap sebagai penanda yang jelas tentang betapa terbatasnya kekuasaan pemerintah terpilih di Thailand.

Pada Kamis (15/8) Paetongtarn mengatakan bahwa ia mengagumi pekerjaan Srettha dan menganggap pemecatannya sangat disayangkan.

"Kami berkumpul di sini hari ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kami bertekad, bersemangat, dan siap untuk memajukan negara ini," katanya kepada wartawan pada Kamis (15/8) di kantor pusat partainya, tempat ia diajukan sebagai kandidat PM Thailand.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riwayat Pendidikan Paetongtarn Shinawatra

Paetongtarn Shinawatra punya riwayat pendidikan yang luar biasa di sekolah-sekolah elit di Thailand dan di universitas di Inggris.

Ia menghabiskan beberapa tahun bekerja di grup hotel Rende milik keluarga Shinawatra, tempat suaminya menjabat sebagai wakil kepala investasi.

Ia bergabung dengan Pheu Thai pada tahun 2021 dan diangkat menjadi pemimpin partai pada bulan Oktober 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.