Sukses

Topan Ampil Hantam Pantai Pasifik Jepang, 125.000 Penumpang Gagal Terbang dan 20 Ribu Lebih Warga Diimbau Mengungsi

Topan Ampil yang parah mendekati Jepang mengganggu penerbangan dan kereta api.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah topan "sangat kuat" menghantam pantai Pasifik Jepang dengan angin kencang dan hujan lebat pada hari Jumat (16/8), yang memaksa pembatalan ratusan penerbangan dan kereta api di wilayah Tokyo dan menyebabkan lebih dari 4.000 rumah tanpa listrik.

Terletak sekitar 300 kilometer (190 mil) selatan Tokyo, Topan Ampil membawa embusan angin berkecepatan hingga 216 kpj saat bergerak ke utara, kata Japan Meteorological Agency (JMA) atau Badan Meteorologi Jepang seperti dikutip dari AFP.

Pusat topan tersebut diperkirakan tidak akan mendarat, melainkan bergerak ke arah timur laut di sepanjang pantai Honshu dan mengitari wilayah Tokyo, yang dihuni sekitar 40 juta orang, sebelum kembali ke Pasifik mulai hari Sabtu (17/8).

JMA menilai sistem cuaca tersebut sebagai "sangat kuat", satu tingkat di bawah kategori tertingginya yaitu "topan ganas", dengan kecepatan angin maksimum 105 knot (120 mph, 195 kmh).

Pusat Peringatan Topan Gabungan milik militer AS memperkirakan kecepatan angin maksimum berkelanjutan sebesar 110 knot dan hembusan angin sebesar 135 knot pada pukul 3:00 siang di lepas pantai wilayah pesisir Chiba di sebelah timur ibu kota.

Laporan Straits Times menyebut Topan Ampil semakin dekat ke pulau utama Jepang, Honshu, pada 16 Agustus 2024, memaksa maskapai penerbangan besar Jepang untuk membatalkan penerbangan dan pemerintah mengeluarkan peringatan terhadap kemungkinan tanah longsor dan banjir.

Japan Airlines dan All Nippon Airways membatalkan sekitar 90 penerbangan internasional, yang berdampak pada lebih dari 15.000 penumpang. Kedua maskapai itu juga membatalkan sekitar 560 penerbangan domestik, yang mengganggu sekitar 104.000 pelancong yang ingin terbang ke tujuan seperti Okinawa, Osaka, dan Fukuoka, kata mereka.

AFP menyebut All Nippon Air membatalkan 335 penerbangan domestik dan internasional pada hari Jumat (16/8), dengan lebih banyak lagi yang direncanakan pada hari Sabtu (17/8), yang memengaruhi sekitar 72.000 penumpang.

Japan Airlines sejauh ini telah membatalkan 361 penerbangan, yang berdampak pada 57.000 pelanggan.

Jadi total penumpang yang terdampak diperkirakan mencapai sekitar 125 ribu orang.

Beberapa operasi maskapai asing juga terpengaruh. Korean Air Lines mengatakan 12 penerbangannya antara Jepang dan Korea Selatan akan ditangguhkan pada tanggal 16 dan 17 Agustus. Cathay Pacific Airways mengatakan bahwa penerbangannya ke Jepang saat ini beroperasi normal, seraya menambahkan bahwa mereka "memantau dengan cermat potensi dampak badai tropis Ampil yang parah".

"Pelanggan sangat disarankan untuk memeriksa informasi penerbangan terbaru di situs web kami," tulis seorang pejabat urusan perusahaan melalui email.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waspada Banjir hingga Saran Evakuasi untuk 10.000 Rumah Tangga

Japan Meteorological Agency (JMA) atau Badan Meteorologi Jepang mengimbau penduduk untuk berhati-hati terhadap gelombang tinggi, tanah longsor, banjir di daerah dataran rendah, dan sungai yang meluap atau meluap di Jepang timur. Badan tersebut mengeluarkan peringatan hujan lebat dan badai untuk Tokyo.

Hampir 10.000 rumah tangga disarankan untuk mengungsi di beberapa daerah dekat Tokyo pada 16 Agustus karena topan tersebut menyebabkan pemadaman listrik di tengah minggu liburan musim panas yang besar.

“Wilayah Kanto diperkirakan akan mengalami angin kencang yang dapat menyebabkan cedera akibat puing-puing yang beterbangan atau bahkan menjungkirbalikkan truk yang sedang melaju,” JMA memperingatkan di situs webnya.

Kota Mobara di Prefektur Chiba mengeluarkan perintah evakuasi untuk sekitar 18.500 penduduk, sementara puluhan kota lain membuka pusat evakuasi khusus dan menyarankan evakuasi sukarela.

Lebih dari 2.000 rumah tangga di wilayah Kanto dilanda pemadaman listrik pada pagi hari tanggal 16 Agustus sebelum listrik dipulihkan di beberapa wilayah, kata Tokyo Electric Power.

 

3 dari 4 halaman

Layanan Kereta Peluru antara Tokyo dan Nagoya

Layanan kereta peluru antara Tokyo dan Nagoya akan dihentikan sepanjang hari pada tanggal 16 Agustus karena Topan Ampil membawa hujan lebat dan angin kencang, menurut Central Japan Railway. Operasional antara Shin-Osaka dan Nagoya juga akan dikurangi.

East Japan Railway, yang mengoperasikan kereta cepat ke Aomori, Akita, dan Kanazawa, juga mengatakan mungkin ada gangguan pada beberapa rute di wilayah Kanto di sekitar Tokyo. Beberapa kereta lokal juga berencana untuk menghentikan operasional di Tokyo.

East Nippon Expressway, yang mengelola jalan tol di wilayah Kanto dan Hokkaido, memperingatkan bahwa beberapa jalan mungkin ditutup mulai 16 hingga 17 Agustus, dan meminta para pelancong untuk mempertimbangkan kembali rencana mereka.

4 dari 4 halaman

Warga Diminta Jauhi Kawasan Laut dan Pantai

Laporan The Straits Times menyebut gangguan akibat badai tropis semakin sering terjadi di Jepang, dengan badan cuaca memperingatkan penduduk untuk tetap di dalam ruangan dan waspada terhadap bahaya air, dan perusahaan mendesak karyawan untuk pulang lebih awal. Topan terbaru, yang dikategorikan sebagai badai tropis yang parah, akan berada pada titik terdekatnya sekitar tengah hari pada 16 Agustus, menurut peramal cuaca.

“Meskipun sebagian orang mungkin berencana untuk menghabiskan waktu santai di pantai, kami mengimbau penduduk di daerah yang berpotensi terkena dampak untuk tidak mendekati laut dan sungai," kata Satoshi Omatsu, direktur kantor pengelolaan sungai di Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata, dalam sebuah konferensi pers.

Topan itu datang saat Jepang menandai minggu liburan "obon" ketika jutaan orang kembali ke kampung halaman mereka, dan beberapa hari setelah Badai Tropis Maria mengakibatkan hujan lebat di beberapa bagian utara.

"Kami akan memeriksa ponsel kami untuk informasi apa pun di internet dan jika topan itu tampaknya baik-baik saja, maka kami akan keluar," kata Isamu Teruya, 47, seorang pengunjung dari Prefektur Saga yang tiba di Tokyo pada hari Kamis.

"Jika hujannya benar-benar deras, maka kami akan tinggal di dalam hotel dan bersantai," kata Teruya kepada AFP.

Topan di wilayah tersebut telah terbentuk lebih dekat ke garis pantai, menguat lebih cepat dan bertahan lebih lama di daratan karena perubahan iklim, menurut sebuah studi yang dirilis bulan lalu.

Para peneliti dari berbagai universitas di Singapura dan Amerika Serikat menganalisis lebih dari 64.000 model badai historis dan masa depan dari abad ke-19 hingga akhir abad ke-21 untuk menghasilkan temuan tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini