Sukses

HUT ke-79 RI, Amerika Serikat: Harapan Terbaik untuk Rakyat Indonesia

Amerika Serikat berharap dapat memperluas kerja sama dengan Indonesia dalam berbagai isu.

Liputan6.com, Jakarta - Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-79 pada Sabtu (17/8/2024). Ucapan selamat HUT RI pun mengalir dari negara-negara sahabat, termasuk Amerika Serikat.

"Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia atas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," demikian pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken, yang diterima Liputan6.com.

"Seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan bilateral Amerika Serikat dan Indonesia, kita tetap bersatu dalam tujuan untuk memajukan demokrasi, menghormati supremasi hukum, dan persahabatan antar masyarakat kedua negara."

Lebih lanjut, Menlu Blinken menuturkan menandai babak baru yang bersejarah dalam hubungan bilateral kedua negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Biden telah meningkatkan hubungan Amerika Serikat-Indonesia menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada November 2023.

Selain itu, Menlu Blinken turut mengucap harapannya terkait dengan pemerintah baru Indonesia yang akan dilantik pada Oktober mendatang.

"Saya mengucapkan selamat kepada Menteri Prabowo Subianto atas terpilihnya beliau sebagai presiden selanjutnya dan berharap dapat bekerja sama untuk memperluas kerja sama dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk membina perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik, mengatasi krisis iklim dan transisi energi bersih, mendorong pembangunan berkelanjutan, menegakkan perlindungan hak asasi manusia, dan memajukan transformasi digital Indonesia," ungkap Menlu Blinken.

"Baik secara bilateral maupun melalui keterlibatan kami dengan ASEAN, Amerika Serikat akan terus bermitra dengan Indonesia untuk mendorong stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik."

Menutup pernyataannya terkait HUT ke-79 RI, Menlu Blinken mengatakan, "Pada hari kemerdekaan ini, kami menyampaikan harapan terbaik kami untuk rakyat Indonesia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini