Sukses

Ucapan Selamat HUT ke-79 RI dari Rusia, Jepang, Belanda, India, hingga China

Sejumlah harapan disampaikan oleh para perwakilan negara sahabat pada HUT ke-79 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Negara-negara sahabat memberikan ucapan selamat atas Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang jatuh tepat hari ini.

Apa kata mereka tentang HUT RI? Berikut informasinya:

Duta Besar Rusia untuk RI Sergei Tolchenov mengatakan, "Kami atas nama Kedutaan Besar Federasi Rusia di Republik Indonesia dan saya pribadi, ingin menyampaikan ucapan selamat yang tulus atas peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-79. Hubungan antara Rusia dan Indonesia secara tradisional bersahabat dan konstruktif, saya yakin bahwa melalui upaya bersama, kita memastikan penguatan kerja sama bilateral di berbagai arah, serta kemitraan dalam urusan internasional dan interaksi pada isu-isu topikal, global, dan regional. Semoga masa depan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi semua warga negara Indonesia, serta memperkuat persahabatan dan saling pengertian antara masyarakat kedua negara kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

Duta Besar Jepang untuk RI Masaki Yasushi menuturkan, "Izinkan saya menyampaikan ucapan selamat yang tulus pada peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Saya berharap Indonesia terus maju demi kesejahteraan rakyat menuju masa depan yang cerah."

"Kami juga berharap untuk tetap melanjutkan dan bahkan meningkatkan kerja sama kita sebagai mitra tepercaya. Selamat hari kemerdekaan."

Kedutaan Besar Norwegia di Jakarta menyampaikan, "Dirgahayu RI ke-79! Semoga semangat kemerdekaan membawa inspirasi bagi kita semua untuk berkarya & berinovasi, serta persahabatan Indonesia-Norwegia semakin erat dan bermanfaat untuk kedua negara. Merdeka!"

Kedutaan Besar Belanda di Jakarta menyebutkan, "Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia! Hari ini seluruh negeri berubah menjadi 'merah putih', saat rakyat Indonesia bersatu dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan HUT RI dari India hingga Singapura

Berkaitan dengan HUT ke-79 RI, Kedutaan Besar India di Jakarta menyampaikan, "Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Nusantara Baru Indonesia Maju!"

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel mengucapkan selamat HUT ke-79 menggunakan bahasa Indonesia dengan mengatakan, "17 Agustus tahun ini memperingati kemerdekaan Republik Indonesia untuk ke-79 kalinya. 'Nusantara Baru, Indonesia Maju', sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, tahun 2024 adalah tahun transformatif bagi Indonesia. Ratusan juta warga Indonesia yang hadir menyukseskan pemilihan umum pada Februari lalu akan menyambut pemerintahan baru di bulan Oktober dan tidak lama kemudian pemilihan daerah di bulan November. Di tengah segala perubahan ini, Jerman akan terus menjadi mitra tangguh bagi Indonesia, tidak hanya secara bilateral, melainkan juga di kancah regional dan internasional."

"Bahu membahu kita memajukan prioritas bersama seperti memastikan transisi energi berjalan dengan adil, menanggulangi krisis iklim, dan menegakkan tatanan internasional berbasis aturan. Indonesia telah menunjukkan kepemimpinannya dalam hal ini terutama melalui inisiasi dan implementasi AOIP (ASEAN Outlook on the Indo Pacific). Bahkan, pedoman ini telah menjadi inspirasi utama garis haluan kebijakan Jerman untuk Kawasan Indo-Pasifik. Panjang umur kolaborasi dan persahabatan Jerman dan Indonesia. Terus bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama dan mengatasi tantangan global. Dirgahayu RI!

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwong Fook Seng dalam pernyataannya menyebutkan, "Salam hangat untuk seluruh masyarakat Indonesia atas perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-79. Indonesia dan Singapura saling memiliki hubungan baik yang telah dibangun selama bertahun-tahun melalui saling menghormati dan kerja sama. Semoga persahabatan antar kedua negara kita akan terus semakin kuat di masa depan."

3 dari 4 halaman

Inggris: HUT ke-79 RI Bertepatan dengan 3 Momen

Dari Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Duta Besar Dominic Jermey menuturkan, "Tujuh puluh sembilan tahun Indonesia merdeka. Kemajuan yang telah diraih di sejumlah sektor dari ekonomi hijau, pendidikan, hingga perubahan iklim dan kesetaraan menjadikan Indonesia salah satu mitra utama Inggris di kawasan ini. Tujuh puluh sembilan tahun Indonesia merdeka bertepatan dengan tiga momen, yaitu menyambut ibu kota baru dengan pemimpin negara baru berlandaskan visi menuju Indonesia Emas 2045 sungguh sebuah transisi yang luar biasa. Tahun ini juga bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemitraan dengan Indonesia menciptakan Bumi yang lebih hijau dan lebih damai demi kesejahteraan bersama. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-79 Nusantara Baru, Indonesia Maju! 

4 dari 4 halaman

China: Semoga Indonesia Semakin Makmur

Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Jakarta menyampaikan, "Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-97!

Pada hari yang bersejarah ini, Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia mengucapkan selamat merayakan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Semoga semakin makmur, sejahtera dan rakyatnya hidup dalam kedamaian. Semoga kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia semakin maju. Bersama kita merayakan persahabatan dan kerja sama yang erat antara kedua negara. Mari kita terus maju bersama untuk masa depan yang lebih baik!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini