Sukses

Kekaisaran Khmer hingga Suku Maya, Ini 5 Peradaban yang Hancur Akibat Perubahan Iklim

Berikut ini lima peradaban yang hancur akibat perubahan iklim

Liputan6.com, Siem Reap - Perubahan iklim menjadi berita utama akhir-akhir ini, tetapi perubahan suhu global dan pola cuaca bukanlah hal baru.

Faktanya, manusia telah menghadapinya selama ribuan tahun.

Namun, pemahaman kita yang baru dan langsung telah mendorong para peneliti untuk mencermati kembali beberapa peradaban yang telah punah akibat masalah ini.

Berikut adalah lima peradaban yang hancur akibat perubahan iklim, dikutip dari laman Mentalfloss, Sabtu (17/8/2024):

1. Kekaisaran Khmer - Kamboja

Saat ini, reruntuhan kompleks candi Angkor Wat di Kamboja dikunjungi oleh lebih dari 2 juta orang setiap tahunnya.

Candi yang dibangun pada awal abad ke-12 M ini berfungsi sebagai ibu kota keagamaan Kekaisaran Khmer.

Kekaisaran Khmer diyakini telah lama runtuh setelah Kekaisaran tetangga Ayutthaya (sekarang Thailand) menjarah ibu kotanya pada tahun 1431.

Namun, para ilmuwan di Proyek Angkor Raya, yang berpusat di Universitas Sydney, percaya bahwa perubahan iklim adalah penyebab sebenarnya.

Seperti sebagian besar Kekaisaran Khmer, Angkor adalah "kota hidrolik" yang mengandalkan jaringan waduk dan saluran untuk menyediakan air bagi 1 juta penduduknya.

Sekitar tahun 1300, suhu global mulai turun, mengawali "Zaman Es Kecil" yang berlangsung hingga tahun 1800-an. Data dari lingkaran pohon menunjukkan Kekaisaran Khmer mengalami kekeringan yang bergantian dengan musim hujan sehingga membuat infrastruktur airnya bercampur dengan lumpur. Karena populasi kota menyusut, perbaikan sistem irigasi menjadi mustahil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. The Mississippian Culture - Amerika Serikat

Cahokia yang dulunya merupakan pusat kota terbesar budaya Mississippi adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang dilindungi oleh negara bagian Illinois.

Lokasinya hanya 15 menit berkendara dari St. Louis modern.

The Mississippian Culture berkembang pesat di seluruh Amerika Serikat bagian tenggara dan tengah barat dari sekitar tahun 800 hingga 1500.

Penduduknya dikenal membangun gundukan tanah yang rumit, jaringan perdagangan, dan pertanian berbasis jagung, yang berkembang pesat selama periode yang luar biasa hangat dan basah yang dikenal sebagai Anomali Iklim Abad Pertengahan. Cahokia tumbuh dari desa pertanian menjadi pusat politik dan agama penting yang menjadi rumah bagi puluhan ribu orang.

Namun, semuanya runtuh pada awal Zaman Es Kecil. Sampel inti yang diambil dari danau di dekatnya menunjukkan bahwa hujan bergeser ke barat, yang mengganggu panen jagung dan menyebabkan Sungai Mississippi meluap.

 

3 dari 5 halaman

3. Peradaban Maya - Amerika Tengah

Mencakup wilayah Meksiko tenggara, Guatemala, dan Belize modern, Peradaban Maya dikenal akan arsitekturnya, tulisan hieroglif, dan peta astronomi.

Meskipun beberapa fragmen masih ada hingga periode modern, Maya mengalami keruntuhan politik sekitar tahun 900 M.

Peradaban Maya terdiri dari sekitar 60 negara-kota, yang masing-masing diperintah secara agama dan politik oleh seorang k’uhul ajaw. Bergantung pada wilayahnya, warga menebang hutan dan menggunakan teknik pertanian lahan basah atau kering; mereka juga mengembangkan sistem irigasi.

Suku Maya telah menemukan sistem yang berhasil, yang memungkinkan mereka berkembang di seluruh Amerika Tengah. Sampai kekeringan besar melanda.

Bukti perubahan iklim ini berasal dari stalagmit di Gua Yok Balum di Belize. Formasi gua ini membutuhkan air untuk tumbuh, dan semakin banyak air, semakin besar ukurannya; ini berarti mereka menyediakan data curah hujan yang sangat akurat selama 2000 tahun terakhir.

Berdasarkan data dari stalagmit, suku Maya makmur selama periode yang luar biasa basah, dan kemunduran peradaban tersebut bertepatan dengan salah satu kekeringan terburuk dalam sejarah wilayah tersebut.

 

4 dari 5 halaman

4. Peradaban Lembah Indus - Pakistan dan India

Budaya Harappa menetap di Lembah Sungai Indus di Pakistan dan India modern mulai sekitar 3300 SM, membentuk Peradaban Lembah Indus.

Mereka berkembang pesat di lembah tersebut. Seperti membuat perencanaan kota yang luar biasa dan memungkinkan kota-kota memanfaatkan banjir tahunan sungai melalui sistem pengelolaan air sekaligus menciptakan drainase untuk menjauhkan air dari pusat kota.

Sekitar 4200 tahun yang lalu, salah satu peristiwa iklim paling signifikan di zaman modern menghantam Peradaban Lembah Indus. Gangguan pada arus laut melemahkan hujan monsun sehingga mereka tidak lagi bepergian cukup jauh ke pedalaman untuk membanjiri Sungai Indus.

Peradaban Lembah Indus tidak punya pilihan selain meninggalkan kota-kota mereka dan pindah lebih dekat ke pantai. Para arkeolog percaya hal ini mengganggu perdagangan antara Mesir Kuno dan Timur Tengah.

Bukti untuk peristiwa iklim tersebut berasal dari stalagmit yang ditemukan di Gua Meghalaya di India. Peristiwa itu sangat mengganggu sehingga pada tahun 2018, Persatuan Ilmu Geologi Internasional secara resmi mengakui zaman geologi saat ini sebagai Zaman Meghalaya.

 

5 dari 5 halaman

5. Kekaisaran Akkadia - Irak

Bangsa Akkadia yang oleh banyak orang dianggap sebagai kekaisaran pertama di dunia memerintah dari tahun 2300 hingga 2150 SM.

Berpusat di kota Akkad yang hilang, peradaban tersebut membentang di Mesopotamia, yang sekarang menjadi bagian dari Irak modern

Gelombang 4,2 kiloyear yang menghancurkan Peradaban Lembah Indus menghantam Kekaisaran Akkadia dengan keras.

Irak mengalami angin barat laut yang dikenal sebagai shamal, yang membawa pasir dari Yordania dan Suriah, yang sering kali menjadi badai pasir.

Angin dapat mencapai 40 mil per jam dan menumpahkan tumpukan pasir di jalan raya.

Bagi Kekaisaran Akkadia, cuaca yang semakin dingin dan kering menciptakan shamal yang lebih panjang dan lebih sering. Inti sedimen laut dari Teluk Omar menunjukkan bahwa banyak lumpur yang bertiup ke daerah tersebut, yang tidak baik untuk menanam makanan.

Studi arkeologi menunjukkan bahwa kota-kota di dataran utara ditinggalkan; lempengan tanah liat menyebutkan migrasi massal ke selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.