Sukses

Perayaan HUT ke-79 RI di KBRI Abu Dhabi Dimeriahkan Upacara hingga Potong Tumpeng Saat Suhu Mendekati 40 Derajat Celsius

Peserta upacara di KBRI Abu Dhabi bersemangat mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia .

Liputan6.com, Abu Dhabi - Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi dirayakan dengan meriah meski suhu hampir mencapai 40 derajat Celsius. Ratusan WNI di Uni Emirat Arab dengan penuh semangat dan antusiasme tinggi berkumpul sejak pukul 6.30 waktu setempat untuk mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya terdiri dari tiga orang, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)  tahun ini terdiri dari tujuh orang. Mayor Arzinar Yoga Widakso, anggota Kopassus yang tengah mengikuti pendidikan Sesko tentara Uni Emirat Arab, didaulat sebagai komandan upacara.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam pidatonya, Dubes Husin Bagis menekankan pentingnya persatuan dan peran aktif Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri sebagai duta bangsa.

"Di mana pun kita berada, kita membawa nama besar Indonesia. Mari kita bangun reputasi positif dan terus bersatu dalam kebhinekaan," ujarnya seperti dikutip dari pernyataan tertulis KBRI Abu Dhabi yang diterima Liputan6.com, Sabtu (17/8).

Upacara dihadiri oleh WNI dari berbagai latar belakang, termasuk staf KBRI beserta keluarga, mahasiswa dan dosen, pekerja profesional di sektor perminyakan dan perusahaan lainnya, hingga pekerja migran di sektor rumah tangga. 

Sejalan dengan semangat "Nusantara Baru, Indonesia Maju", sejumlah peserta upacara mengenakan pakaian daerah dan pakaian nasional. Dubes Husin sendiri mengenakan pakaian demang Betawi, lengkap dengan sarung songketnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahun Kedua Upacara di Kantor Baru KBRI Abu Dhabi

Tahun ini juga merupakan tahun kedua upacara bendera diselenggarakan di kantor baru KBRI Abu Dhabi, yang terletak di Jalan Al Yaqout No. 42, kawasan Rawdah. Kantor baru KBRI dan residen duta besar ini merupakan hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab, yang menjadi bukti nyata dari eratnya hubungan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, serta cerminan kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Dubes Husin juga menyampaikan harapannya agar ke depan, hubungan RI dengan Uni Emirat Arab semakin dekat dan mesra, terutama setelah kunjungan Presiden Jokowi ke Abu Dhabi pada Juli 2024, yang akan dibalas dengan kunjungan Presiden MBZ ke Indonesia pada September mendatang.

Kedekatan hubungan kedua negara akan semakin erat dengan dukungan Uni Emirat Arab untuk penyelenggaraan Kejuaraan Pencak Silat Dunia ke-20 di Abu Dhabi pada Desember 2024, yang direncanakan akan dihadiri juga oleh presiden baru RI, Prabowo Subianto dalam kapasitasnya sebagai Presiden Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa).

3 dari 3 halaman

Ajang Perkuat Solidaritas

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Dubes Husin sebagai wujud syukur atas HUT ke-79 RI. Keceriaan semakin lengkap dengan beragam perlombaan anak-anak seperti lomba makan kerupuk, balapan kelereng, dan fashion show yang mengundang tawa dan kegembiraan.

Serangkaian lomba dan acara meriah lainnya sudah berlangsung sejak Juni lalu, mulai dari pertandingan pencak silat, lomba memancing, tenis meja, catur, bulu tangkis, domino, hingga karaoke. Puncak perayaan HUT ke-79 RI akan ditutup dengan pentas seni budaya yang menghadirkan ragam kekayaan budaya Indonesia di panggung internasional.

Perayaan HUT ke-79 RI di KBRI Abu Dhabi bukan sekadar upacara bendera, namun juga sebagai ajang untuk memperkuat solidaritas dan kebanggaan nasional di tengah komunitas Indonesia yang berjuang di tanah rantau.

Kegiatan lomba dan perayaan HUT RI di KBRI Abu Dhabi ini juga didukung oleh sejumlah sponsor, antara lain Bank BSI, Emirates Global Aluminium (EGA), PT PAL, Pertamina, Mubadala, dan sejumlah perusahaan lainnya yang semakin menyukseskan perayaan kemerdekaan RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini