Sukses

Sekjen PBB Antonio Guterres Minta Pihak yang Bertikai di Gaza Beri Jaminan Penyediaan Vaksin Polio untuk Anak

Kemenkes Palestina mengatakan, pihaknya telah mendeteksi kasus polio pertama yang dikonfirmasi di Jalur Gaza pada bayi berusia 10 bulan.

Liputan6.com, New York - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada Jumat (16/8/2024) meminta pihak-pihak yang bertikai di Gaza untuk memberikan jaminan konkret yang menjamin jeda dalam misi kemanusiaan agar kampanye vaksin polio dapat dilakukan.

Guterres, berbicara kepada wartawan di Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengimbau agar jaminan segera diberikan, dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (18/8/2024).

Hal itu ia sampaikan dengan alasan untuk memperingatkan bahwa mencegah dan menahan penyebaran polio di Gaza membutuhkan upaya besar yang terkoordinasi dan mendesak.

"Mari kita perjelas: Vaksin utama untuk polio adalah perdamaian dan gencatan senjata kemanusiaan segera," kata Guterres.

"Tetapi bagaimanapun juga, jeda polio adalah suatu keharusan. Tidak mungkin untuk melakukan kampanye vaksinasi polio saat perang berkecamuk di mana-mana."

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat (16/8) bahwa mereka telah mendeteksi kasus polio pertama yang dikonfirmasi di Jalur Gaza di kota Deir Al-Balah pada bayi berusia 10 bulan yang belum menerima dosis vaksinasi polio apa pun.

Guterres mengatakan, PBB siap meluncurkan kampanye vaksin polio di Gaza untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun, tetapi mengatakan tantangannya sangatlah serius.

Setidaknya 95 persen cakupan vaksinasi akan dibutuhkan selama masing-masing dari dua putaran kampanye untuk mencegah penyebaran polio dan mengurangi kemunculannya mengingat kehancuran di Gaza, kata Guterres.

Ia menambahkan bahwa kampanye yang berhasil akan membutuhkan fasilitasi transportasi untuk vaksin dan peralatan pendingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polio Terdeteksi di Deir al-Balah dan Khan Younis

Polio terdeteksi dalam limbah di provinsi Deir al-Balah dan Khan Younis di Gaza, kata Dr Hamid Jafari, seorang spesialis polio WHO, dalam sebuah konferensi pers awal bulan ini, seraya menambahkan bahwa ada kemungkinan virus tersebut telah beredar sejak September.

Seorang pejabat senior wilayah Barat, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa mereka memahami setidaknya ada satu kasus yang dikonfirmasi dan dua kasus yang diduga terjadi di antara warga Palestina di daerah kantong itu.

Bahayanya adalah ancaman wabah penyakit tidak terbatas di Gaza, yang menurut pejabat itu merupakan "bom waktu penularan."

Pejabat itu menjelaskan bahwa ketika musim hujan dimulai akhir musim gugur ini, limbah mentah yang terkontaminasi dapat "terdorong" ke akuifer tempat Israel, Mesir, dan Yordania saat warga hendak mengambil air.

 

3 dari 3 halaman

Virus Menular

Poliomielitis, yang menyebar terutama melalui jalur fekal-oral, adalah virus yang sangat menular yang dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan.

Anak-anak di bawah usia lima tahun paling berisiko terkena penyakit virus ini, terutama bayi di bawah usia dua tahun karena kampanye vaksinasi normal telah terganggu oleh konflik selama 10 bulan.

Tanpa layanan kesehatan yang memadai, penduduk Gaza sangat rentan terhadap wabah penyakit, kata pejabat kesehatan masyarakat dan kelompok bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.