Sukses

Perkara Sebutan Teroris Picu Puluhan Anggota Parlemen Turki Berkelahi hingga Berdarah

Staf parlemen Turki membersihkan noda darah dari lantai setelah perkelahian yang dimulai ketika seorang anggota parlemen menyebut mayoritas yang berkuasa sebagai 'teroris'.

Liputan6.com, Istanbul - Puluhan anggota parlemen terlibat dalam perkelahian di parlemen Turki pada hari Jumat (14 Agustus 2024) saat mereka berdebat tentang seorang wakil oposisi yang dipenjara, yang dicabut kekebalan parlemennya tahun ini.

Keributan selama 30 menit, yang menyebabkan sedikitnya dua anggota parlemen terluka, memaksa penangguhan sidang. Para anggota parlemen akhirnya kembali untuk memberikan suara yang menolak langkah oposisi untuk memulihkan mandat parlemen pengacara dan aktivis hak asasi manusia Can Atalay.

Atalay memenangkan kursinya dalam pemilihan tahun lalu setelah berkampanye dari sel penjaranya.

Kekacauan parlemen meletus setelah anggota partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, Alpay Özalan, menyerang Ahmet Şık, anggota partai Pekerja Turki (TIP) yang berhaluan kiri, yang telah mengutuk perlakuan pemerintah terhadap Atalay.

"Tidak mengherankan jika Anda menyebut Atalay sebagai teroris," kata Şık.

"Semua warga negara harus tahu bahwa teroris terbesar di negara ini adalah mereka yang duduk di bangku-bangku itu," imbuhnya, yang menunjukkan mayoritas penguasa.

Özalan, mantan pemain sepak bola, berjalan ke mimbar dan mendorong Şık ke tanah, kata seorang jurnalis Agence France-Presse (AFP) di parlemen seperti dikutip Minggu (18/8/2024).

Saat terjatuh, Şık dipukul beberapa kali oleh anggota parlemen AKP. Puluhan anggota parlemen ikut berkelahi.

Rekaman yang diunggah daring menunjukkan perkelahian itu dan kemudian staf membersihkan noda darah dari lantai parlemen Turki. Seorang wakil dari partai Rakyat Republik (CHP) dan satu dari partai Kesetaraan Rakyat dan Demokrasi (DEM) menderita cedera kepala.

Özgür Özel, kepala oposisi utama CHP, mengecam kekerasan itu. "Saya malu menyaksikan situasi ini," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sanksi 2 Biang Kerok Perkelahian

Juru bicara parlemen mengatakan dua deputi yang menjadi biang kerok perkelahian itu akan diberi sanksi.

Can Atalay dicabut kursinya setelah sidang parlemen yang panas pada bulan Januari, meskipun ada upaya dari sesama deputi sayap kiri untuk menghentikan proses tersebut. Ia adalah salah satu dari tujuh terdakwa yang dijatuhi hukuman 18 tahun penjara pada tahun 2022 setelah persidangan kontroversial yang juga mengakibatkan dermawan pemenang penghargaan Osman Kavala dipenjara seumur hidup.

Dari penjara, Atalay, 48 tahun, berkampanye untuk kursi parlemen bagi provinsi Hatay yang dilanda gempa bumi dalam pemilihan umum Mei 2023. Ia terpilih sebagai anggota TIP sayap kiri, yang memiliki tiga kursi di parlemen.

Kemenangan itu menyebabkan kebuntuan hukum antara pendukung Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan para pemimpin oposisi yang mendorong Turki ke ambang krisis konstitusional tahun lalu.

Keputusan parlemen pada bulan Januari untuk menyingkirkan Atalay muncul setelah putusan pengadilan banding tertinggi yang menguatkan hukumannya, membuka jalan bagi langkah untuk mencabut kekebalan parlementernya.

Namun pada tanggal 1 Agustus, pengadilan konstitusi – yang meninjau apakah putusan hakim mematuhi hukum dasar Turki – mengatakan bahwa pencopotan Atalay sebagai anggota parlemen adalah “batal demi hukum”.

Adapun anggota parlemen AKP dan partai Gerakan Nasionalis sayap kanan bergabung untuk mengalahkan mosi oposisi pada hari Jumat.

Parlemen Turki sebelumnya telah memberikan suara untuk mencabut kekebalan dari penuntutan politisi oposisi – banyak dari mereka adalah orang Kurdi – yang dipandang pemerintah sebagai “teroris”.

3 dari 4 halaman

Adu Jotos di Rapat Parlemen, Politikus Oposisi Turki Kritis Dirawat Intensif

Sebelumnya, seorang anggota parlemen dari partai oposisi nasionalis Turki dilarikan ke perawatan intensif pada Selasa 6 Desember 2022 setelah dipukul kepalanya di parlemen selama debat anggaran yang memanas.

Gambar yang dirilis oleh kantor berita DHA menunjukkan anggota parlemen Partai Iyi (Good) Huseyin Ors, 58, dipukul oleh anggota parlemen AKP Zafer Isik yang berkuasa.

Beberapa anggota parlemen lainnya jatuh ke lantai selama perkelahian itu.

Rekan anggota parlemen dari Partai Iyi Aylin Cesur, seorang dokter terlatih yang memberikan pertolongan pertama di lantai ruang parlemen, mengatakan kondisi Ors tetap kritis.

"Dia masih dirawat dalam perawatan intensif," DHA mengutip perkataan Cesur. "Saya sangat sedih," katanya seperti dikutip dari AFP, Rabu (7/12/2022).

"Kondisi umumnya tidak baik setelah pukulan di kepala."

Parlemen Turki yang ramai telah menyaksikan banyak adu jotos atau perkelahian selama debat yang sangat sensitif. Pada tahun 2020, perkelahian meletus selama diskusi tegang atas keterlibatan militer Turki di Suriah.

Perdebatan anggaran tahun ini datang dengan anggota parlemen dari semua lapisan berusaha untuk membela kepentingan mereka, enam bulan sebelum pemilihan parlemen dan presiden yang dijadwalkan berikutnya.

Juru bicara Partai Iyi Kursat Zorlu menyebut insiden itu sebagai "hari yang menyedihkan bagi Majelis Nasional Agung Turki dan hari yang memalukan bagi mereka yang melakukan serangan ini."

Partai AKP Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sejauh ini belum segera mengeluarkan komentar.

 

4 dari 4 halaman

Anggota Parlemen Taiwan Adu Jotos Saling Dorong dan Pukul Saat Sidang, Ada Apa?

Anggota parlemen Taiwan juga pernah terlibat adu jotos; saling dorong, tekel, dan pukul di parlemen pada hari Jumat (17/5/2024), dalam perselisihan sengit mengenai reformasi di majelis tersebut. Insiden ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Presiden terpilih Lai Ching-te menjabat tanpa mayoritas legislatif.

Bahkan sebelum pemungutan suara mulai dilakukan, beberapa anggota parlemen saling berteriak dan mendorong keluar ruang legislatif, sebelum aksi berpindah ke lantai parlemen sendiri.

Dalam suasana kacau, seperti dikutip dari New York Post, Minggu (19/5), para anggota parlemen menyerbu kursi pembicara, beberapa melompati meja dan menarik rekan-rekannya ke lantai. Meskipun ketenangan segera kembali, terjadi lebih banyak perkelahian di sore hari itu.

Lai, yang akan dilantik pada hari Senin (20/5) memenangkan pemilu bulan Januari, namun Democratic Progressive Party (Partai Progresif Demokratik) atau DPP kehilangan mayoritas di parlemen.

Partai oposisi utama, Kuomintang (KMT), memiliki lebih banyak kursi dibandingkan DPP namun tidak cukup untuk membentuk mayoritas, sehingga partai ini bekerja sama dengan Taiwan People’s Party (TPP) atau Partai Rakyat Taiwan yang kecil untuk mempromosikan gagasan bersama mereka.

Pihak oposisi ingin memberi parlemen wewenang pengawasan yang lebih besar terhadap pemerintah, termasuk usulan kontroversial untuk mengkriminalisasi pejabat yang dianggap membuat pernyataan palsu di parlemen.

DPP mengatakan KMT dan TPP secara tidak pantas mencoba memaksakan usulan tersebut tanpa melalui proses musyawarah adat, yang oleh DPP disebut sebagai “penyalahgunaan kekuasaan yang tidak konstitusional.”

“Mengapa kami menentang? Kami ingin bisa melakukan diskusi, bukan hanya ada satu suara di negara ini,” kata anggota parlemen DPP Wang Mei-hui, yang mewakili kota Chiayi di selatan, kepada Reuters.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini