Sukses

Perdana Cahaya Merah Putih Meriahkan HUT ke-79 RI di Balai Kota Los Angeles

Cahaya lampu merah putih terlihat menghiasi Balai Kota Los Angeles untuk memeriahkan HUT ke-79 RI di kota itu.

Liputan6.com, Los Angeles - Kemeriahan perayaan HUT ke-79 RI juga dirasakan di Amerika Serikat (AS). Tepatnya di Balai Kota Los Angeles.

Cahaya lampu merah putih terlihat menghiasi Balai Kota Los Angeles untuk memeriahkan HUT ke-79 RI di kota itu.

“Penyalaan lampu merah putih ini adalah sebuah kehormatan bagi warga dan diaspora Indonesia di kota Los Angeles dan sekitarnya," kata Konsul Jenderal RI Los Angeles, Purnomo A. Chandra, melalui rilis pers seperti dikutip dari Antara, Minggu (18/8/2024).

Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, Amerika Serikat, pun menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Los Angeles Karen Bass karena menyalakan lampu merah putih di Balai Kota Los Angeles untuk memeriahkan HUT ke-79 RI di kota itu.

"Ini menunjukkan pengakuan atas keberadaan komunitas Indonesia yang membawa manfaat dan kontribusi positif bagi kota Los Angeles," kata Purnomo A. Chandra.

Adapun pemasangan lampu merah putih itu merupakan bentuk ucapan selamat atas Hari Kemerdekaan ke-79 RI yang disiapkan oleh kota Los Angeles, dan baru pertama kali dilakukan di Balai Kota LA yang telah berdiri sejak 1928 dan terletak di jantung kota LA.

Penyalaan lampu dimulai saat matahari di musim panas terbenam pada Jumat (16/8) sekitar pukul 20.00 hingga 17 Agustus 2024 dini hari waktu setempat.

Namun, masyarakat Indonesia sudah antusias berkumpul sejak hari masih terang di taman seberang Balai Kota, Gloria Molina Grand Park.

Anggota staf dan jajaran lainnya di KJRI LA dan Anggota Paskibra KJRI LA yang baru saja dikukuhkan juga ikut menikmati hiasan lampu tersebut bersama keluarga mereka.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusiasme WNI

Masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru kota datang silih berganti sepanjang malam untuk menyaksikan langsung peristiwa penting dan bersejarah tersebut.

Salah seorang diaspora Indonesia bernama Herlina Habib yang sudah tinggal selama 19 tahun di Los Angeles mengatakan penyalaan lampu merah putih di Balai Kota dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia menunjukkan diplomasi KJRI LA yang semakin baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HUT ke-79 RI di Los Angeles, Konsul Charles Hutapea, menyampaikan bahwa rangkaian peringatan HUT RI akan dilanjutkan pada Sabtu, 17 Agustus 2024, di KJRI LA dengan rangkaian Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Acara dilanjutkan dengan Panggung Gembira Merdeka dan bazaar kuliner Indonesia.

Sebelumnya, pada 3 Agustus 2024, KJRI juga mengadakan Lomba Gembira Merdeka dengan berbagai pertandingan yang diikuti komunitas Indonesia setempat.

 

3 dari 4 halaman

HUT ke-79 RI, Amerika Serikat: Harapan Terbaik untuk Rakyat Indonesia

Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-79 pada Sabtu (17/8/2024). Ucapan selamat HUT RI pun mengalir dari negara-negara sahabat, termasuk Amerika Serikat.

"Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia atas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," demikian pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken, yang diterima Liputan6.com.

 "Seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan bilateral Amerika Serikat dan Indonesia, kita tetap bersatu dalam tujuan untuk memajukan demokrasi, menghormati supremasi hukum, dan persahabatan antar masyarakat kedua negara."

Lebih lanjut, Menlu Blinken menuturkan menandai babak baru yang bersejarah dalam hubungan bilateral kedua negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Biden telah meningkatkan hubungan Amerika Serikat-Indonesia menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada November 2023.

Selain itu, Menlu Blinken turut mengucap harapannya terkait dengan pemerintah baru Indonesia yang akan dilantik pada Oktober mendatang.

"Saya mengucapkan selamat kepada Menteri Prabowo Subianto atas terpilihnya beliau sebagai presiden selanjutnya dan berharap dapat bekerja sama untuk memperluas kerja sama dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk membina perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik, mengatasi krisis iklim dan transisi energi bersih, mendorong pembangunan berkelanjutan, menegakkan perlindungan hak asasi manusia, dan memajukan transformasi digital Indonesia," ungkap Menlu Blinken.

"Baik secara bilateral maupun melalui keterlibatan kami dengan ASEAN, Amerika Serikat akan terus bermitra dengan Indonesia untuk mendorong stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik."

Menutup pernyataannya terkait HUT ke-79 RI, Menlu Blinken mengatakan, "Pada hari kemerdekaan ini, kami menyampaikan harapan terbaik kami untuk rakyat Indonesia."

 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat HUT ke-79 RI dari Rusia, Jepang, Belanda, India, hingga China

Negara-negara sahabat memberikan ucapan selamat atas Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang jatuh tepat hari ini.

Apa kata mereka tentang HUT RI? Berikut informasinya:

Duta Besar Rusia untuk RI Sergei Tolchenov mengatakan, "Kami atas nama Kedutaan Besar Federasi Rusia di Republik Indonesia dan saya pribadi, ingin menyampaikan ucapan selamat yang tulus atas peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-79. Hubungan antara Rusia dan Indonesia secara tradisional bersahabat dan konstruktif, saya yakin bahwa melalui upaya bersama, kita memastikan penguatan kerja sama bilateral di berbagai arah, serta kemitraan dalam urusan internasional dan interaksi pada isu-isu topikal, global, dan regional. Semoga masa depan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi semua warga negara Indonesia, serta memperkuat persahabatan dan saling pengertian antara masyarakat kedua negara kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

Duta Besar Jepang untuk RI Masaki Yasushi menuturkan, "Izinkan saya menyampaikan ucapan selamat yang tulus pada peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Saya berharap Indonesia terus maju demi kesejahteraan rakyat menuju masa depan yang cerah."

"Kami juga berharap untuk tetap melanjutkan dan bahkan meningkatkan kerja sama kita sebagai mitra tepercaya. Selamat hari kemerdekaan."

Kedutaan Besar Norwegia di Jakarta menyampaikan, "Dirgahayu RI ke-79! Semoga semangat kemerdekaan membawa inspirasi bagi kita semua untuk berkarya & berinovasi, serta persahabatan Indonesia-Norwegia semakin erat dan bermanfaat untuk kedua negara. Merdeka!"

Kedutaan Besar Belanda di Jakarta menyebutkan, "Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia! Hari ini seluruh negeri berubah menjadi 'merah putih', saat rakyat Indonesia bersatu dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79."

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini