Sukses

19 Agustus 2005: 10.000 Tentara Mulai Latihan Militer Gabungan China - Rusia Peace Mission 2005

Latihan militer tersebut diperkirakan merupakan yang pertama antara China dan Rusia sejak latihan angkatan laut gabungan pada tahun 1999.

Liputan6.com, Beijing - Sebuah kegiatan tercatat dalam sejarah dunia hari ini; Peace Mission 2005 (Misi Perdamaian 2005) dimulai.

Peace Mission 2005 merupakan latihan militer gabungan pertama antara Tiongkok dan Rusia. Latihan ini dimulai pada tanggal 19 Agustus 2005, dan melibatkan gabungan unsur darat, laut, dan udara yang mensimulasikan intervensi di negara yang dikepung oleh teroris atau kekacauan politik.

Laporan china.org.cn menyebut bahwa Kementerian Pertahanan Nasional China mengonfirmasi tanggal latihan militer gabungan yang signifikan dengan Rusia yaitu 18 hingga 25 Agustus 2005. Mengatakan latihan tersebut akan disebut "Misi Perdamaian 2005."

Rusia dan China meluncurkan latihan militer gabungan pertama mereka pada Kamis 18 Agustus 2005 di semenanjung China yang menjorok ke Laut Kuning — sebuah acara delapan hari yang melambangkan hubungan kedua negara yang semakin erat, Associated Press (AP) melaporkan.

Latihan militer tersebut diperkirakan merupakan yang pertama antara China dan Rusia sejak latihan angkatan laut gabungan pada tahun 1999.

Dalam siaran pers, Kementerian Pertahanan Nasional China mengatakan latihan tersebut disebut berlangsung di Vladivostok, Rusia timur jauh dan Semenanjung Shandong, China timur serta perairan lepas pantai di dekatnya.

"Latihan tersebut disebut melibatkan hampir 10.000 tentara dari angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara serta unit udara, korps marinir, dan unit logistik dari kedua angkatan bersenjata," kata siaran pers tersebut.

Kementerian pertahanan Tiongkok dan Rusia menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan latihan militer gabungan tersebut pada bulan Juli 2004 dan latihan tersebut disebut "penting" oleh Menteri Pertahanan Cao Gangchuan selama kunjungan kepala staf umum angkatan bersenjata Rusia pada bulan Maret.

Menteri pertahanan negara-negara anggota Shanghai Cooperation Organization (Organisasi Kerjasama Shanghai) telah diundang untuk menyaksikan latihan tersebut, demikian pula perwakilan dari negara-negara pengamat organisasi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejalan dengan Pedoman Piagam PBB

Adapun manuver latihan militer bersama antara China dan Rusia tersebut, sejalan dengan pedoman Piagam PBB dan mematuhi hukum internasional yang diakui secara luas serta penghormatan terhadap kedaulatan nasional dan integritas teritorial negara-negara lain, kata siaran pers tersebut.

"Latihan tersebut tidak ditujukan kepada pihak ketiga mana pun atau menyangkut kepentingan negara ketiga mana pun," jelas pihak Kementerian Pertahanan Nasional China dalam keterangan persnya.

Kementerian tersebut mengatakan latihan tersebut bertujuan untuk memperdalam rasa saling percaya Tiongkok-Rusia, mempromosikan persahabatan dan meningkatkan kerja sama serta koordinasi antara angkatan bersenjata mereka dalam pertahanan dan keamanan, dan akan membantu memperkuat kemampuan untuk melawan terorisme, ekstremisme, dan separatisme internasional.

 

3 dari 5 halaman

Ini Fokus Latihan Militer Gabungan China dan Rusia

Latihan tersebut tidak ditujukan kepada pihak ketiga mana pun, tidak menyangkut kepentingan negara ketiga mana pun, atau akan menimbulkan ancaman bagi negara mana pun, kata Liang Guanglie, kepala Staf Umum Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok dalam sebuah konferensi pers pada Kamis pagi, Kantor Berita Xinhua melaporkan.

Adapun pasukan yang berpartisipasi akan fokus pada manuver konsultasi strategis dan perencanaan pertempuran, transportasi dan pengerahan pasukan, serta latihan tempur, kata Liang.

Yury Baluyevsky, mitra Liang dari Rusia, mencatat bahwa penyelenggaraan latihan militer gabungan tidak berarti bahwa kedua negara ingin membentuk blok militer dalam bentuk apa pun.

Latihan tersebut bertujuan untuk memperdalam rasa saling percaya dan persahabatan, serta kerja sama dan koordinasi yang lebih baik antara kedua angkatan bersenjata untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan ancaman baru, kata kedua jenderal tersebut.

Lebih spesifiknya, latihan perang tersebut ditujukan untuk mempersiapkan kedua negara dalam perang bersama melawan teroris internasional, separatis nasional, dan ekstremis agama, kata Sergey N. Goncharov, kuasa usaha Kedutaan Besar Rusia di Tiongkok, kepada Xinhua.

4 dari 5 halaman

Ajang Pameran Senjata Rusia

Beberapa analis militer Barat mengatakan manuver tersebut lebih merupakan pameran senjata Rusia — termasuk pesawat pengebom strategis jarak jauhnya, yang dapat membawa senjata nuklir — dengan harapan menarik pembeli Tiongkok, menurut laporan AP.

Namun, kedua negara disebut berusaha membuktikan kekuatan militer mereka selama delapan hari latihan perang di semenanjung Shandong.

Departemen Pertahanan AS mengklaim bulan lalu bahwa militer Tiongkok semakin berupaya untuk melakukan modernisasi, sejalan dengan pertumbuhan ekonominya yang pesat.

Militer Rusia juga ingin menunjukkan bahwa mereka masih memiliki kekuatan meskipun menghadapi beberapa masalah, lapor AP.

Analis telah mencatat keterlibatan pesawat pengebom strategis Tu-95 dan pesawat pengebom jarak jauh Tu-22M Rusia dalam latihan tersebut — pesawat tempur yang dapat membawa rudal jelajah konvensional atau berhulu ledak nuklir.

Selama latihan, Tu-95 akan melakukan penerbangan demonstrasi di area tersebut, sementara Tu-22M akan menguji coba rudal ke target darat, kata wakil kepala Angkatan Darat Rusia yang bertanggung jawab atas latihan tersebut, Kolonel Jenderal Vladimir Moltenskoi.

Jenderal Yuri Baluyevsky, kepala staf umum angkatan bersenjata Rusia, mengatakan dalam sebuah wawancara surat kabar sepekan sebelum latihan dimulai mengatakan pesawat tersebut ikut serta karena latihan tersebut diadakan jauh dari pangkalan Rusia dan akan membantu menegakkan simulasi blokade udara.

"Latihan semacam itu menunjukkan kedekatan militer kedua negara. Itu penting jika China ingin membeli sistem persenjataan ini," kata Pavel Felgenhauer, seorang analis pertahanan independen yang berbasis di Moskow.

 

5 dari 5 halaman

Pergeseran Kebijakan Militer China

"Tidak ada indikasi untuk bersatu membentuk aliansi strategis antara Moskow dan Beijing," kata Robert Karniol, editor Asia-Pasifik untuk jurnal militer Jane's Defense Weekly.

Namun, latihan tersebut menunjukkan adanya pergeseran kebijakan militer China dari fokus internalnya yang biasa, kata Karniol.

"Mereka semakin menerima solusi multilateral dan menerima pemahaman bahwa ada hal-hal yang dapat dipelajari dari latihan bersama negara lain," katanya.

Latihan tersebut dilakukan di tengah hubungan yang menghangat antara kedua negara sejak berakhirnya Perang Dingin, didorong oleh kekhawatiran bersama tentang dominasi Amerika Serikat dalam urusan dunia dan kepentingan bersama dalam memerangi ekstremisme di Asia Tengah, AP mengutip pernyataan para analis.

Keduanya merupakan negara dominan dalam Organisasi Kerjasama Shanghai, yang mencakup empat bekas republik Soviet di Asia Tengah dan menambahkan Iran, India, dan Pakistan tahun 2005 sebagai pengamat. Perwakilan dari negara-negara organisasi tersebut telah diundang untuk menyaksikan latihan tersebut.

Pada pertemuan puncak Juli 2005, organisasi tersebut meminta Washington untuk menetapkan tanggal penarikan pasukan dari Asia Tengah, tempat pasukannya telah dikerahkan sejak setelah serangan 11 September 2001 untuk membantu mendukung operasi di negara tetangga Afghanistan.

Amerika Serikat telah mengatakan akan menarik pasukan dari Uzbekistan dan Kirgistan setelah operasi tempur di Afghanistan selesai. Namun, bulan lalu, Uzbekistan memerintahkan pasukan AS untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 180 hari.

Pemerintahan baru Kirgistan meminta evaluasi ulang pangkalan AS di negara itu, tetapi Menteri Pertahanan Donald H. Rumsfeld kemudian memperoleh jaminan bahwa pasukan Amerika dapat tinggal selama yang dibutuhkan untuk membawa stabilitas ke Afghanistan.

Amerika Serikat mengatakan telah diberitahu tentang latihan tersebut oleh Tiongkok dan Rusia, tetapi tidak mengirimkan pengamat.

"Kami berharap bahwa kegiatan apa pun yang dilakukan akan menjadi kegiatan yang akan memajukan apa yang kami yakini sebagai tujuan bersama semua orang untuk stabilitas dan perdamaian di kawasan tersebut," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Sean McCormack di Washington. "Kami berharap apa pun yang mereka lakukan tidak akan mengganggu suasana saat ini di wilayah tersebut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.