Sukses

CBS News Bakal Jadi Tuan Rumah Debat Cawapres AS 1 Oktober 2024

CBS News, Rabu (14/8) mengunggah di akun X-nya bahwa jaringan televisi itu telah mengundang Vance dan Tim Walz untuk ajang debat cawapres AS di Kota New York.

Liputan6.com, Washington, DC - Debat calon wakil presiden (cawapres) AS akan digelar, ketika pemungutan suara dini pemilu di beberapa negara bagian sudah dimulai. Gubernur Minnesota Tim Walz dan Senator Ohio JD Vance sepakat untuk mengikuti debat tersebut pada 1 Oktober 2024 mendatang.

Kantor CBS News disebut jadi tuan rumah ajang debat cawapres AS tersebut.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Senin (19/8/2024) menyebut CBS News, Rabu (14/8) mengunggah di akun X-nya bahwa jaringan televisi itu telah mengundang Vance dan Walz untuk berdebat di Kota New York, dengan empat pilihan tanggal penyelenggaraan, yaitu 17 September, 24 September, 1 Oktober dan 8 Oktober.

Tim Walz mengunggah ulang pesan tersebut dari akun kampanyenya, dengan menambahkan komentar, “Sampai ketemu tanggal 1 Oktober, JD.” Tim kampanye Harris-Walz pun melanjutkan dengan mengunggah pesan terpisah dan menyatakan bahwa Walz “menantikan sesi debat dengan JD Vance – jika ia datang.”

Vance kemudian mengunggah di akun X-nya bahwa ia akan menerima undangan debat pada 1 Oktober. Ia juga menantang Walz untuk bertemu pada 18 September.

Pertanyaan mengenai kemungkinan debat cawapres AS antara Walz dan Vance sebelum pemilihan presiden 5 November mendatang telah mengemuka sebelumnya. Beberapa pekan yang lalu, Presiden AS Joe Biden mengundurkan diri dari pilpres AS, kemudian Partai Demokrat pun memilih Wakil Presiden Kamala Harris sebagai pengganti Biden dalam pilpres mendatang.

Adapun Vance menghabiskan banyak konsentrasinya untuk menantang Harris, yang sebelumnya akan berdebat menghadapinya jika saja Biden tidak mundur. Vance sendiri telah melontarkan sejumlah kritik terhadap Walz, penantangnya kini, termasuk mempertanyakan rekam jejak Walz di Garda Nasional Angkatan Bersenjata.

Donald Trump mengatakan dirinya ingin Vance berdebat melawan Walz di CBS, yang telah membahas sejumlah opsi tanggal penyelenggaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diselenggarakan Setelah Jadwal Debat Capres AS di ABC News

Debat cawapres AS itu dijadwalkan beberapa minggu setelah kepastian penyelenggaraan debat calon presiden di ABC News pada 10 September, antara Trump melawan Harris.

Adapun Trump mengatakan, dirinya menegosiasikan sejumlah debat lain di tiga jaringan televisi berbeda. Fox News juga sudah mengajukan debat antara Harris dan Trump pada 4 September, sementara NBC News menawarkan pada 25 September.

Dalam penampilannya di Michigan, Harris mengatakan ia “senang bisa mendiskusikan” penyelenggaraan debat tamabahan.

3 dari 4 halaman

Donald Trump Pilih JD Vance Jadi Cawapres di Pilpres AS 2024, Dulu Sosok Pengkritik Kini Sekutu Setia

Mantan Presiden AS Donald Trump memilih Senator JD Vance dari Ohio sebagai pasangannya di Pilpres AS 2024 pada hari Senin (15/7). Ia menunjuk seorang kritikus yang kini menjadi sekutu setia dan merupakan generasi milenial pertama yang bergabung dengan partai besar pada saat keprihatinan mendalam tentang usia lanjut para pemimpin politik Amerika, menjadi  calon wakil presiden (cawapres).

“Setelah pertimbangan dan pemikiran yang panjang, dan mempertimbangkan bakat luar biasa dari banyak orang lainnya, saya telah memutuskan bahwa orang yang paling cocok untuk menduduki posisi Wakil Presiden Amerika Serikat adalah Senator JD Vance dari Negara Bagian Ohio,” kata Trump dalam sebuah pernyataan di sebuah postingan Truth Social miliknya saat Konvensi Nasional Partai Republik sedang berlangsung di Milwaukee, seperti dikutip dari Associated Press (AP), Selasa (16/7/2024).

Beberapa jam kemudian, Vance secara resmi menerima nominasi resmi partainya setelah berjalan ke lantai konvensi untuk menonton “American First” karya Merle Haggard.

JD Vance yang berusia 39 tahun menjadi terkenal secara nasional dengan penerbitan memoarnya pada tahun 2016, “Hillbilly Elegy.” Dia terpilih menjadi anggota Senat pada tahun 2022 dan telah menjadi salah satu pendukung setia agenda mantan presiden Make America Great Again, khususnya di bidang perdagangan, kebijakan luar negeri, dan imigrasi.

Namun ia belum teruji dalam politik nasional dan bergabung dengan kubu Donald Trump pada momen yang luar biasa dalam sejarah Amerika. Upaya pembunuhan terhadap Trump pada rapat umum hari Sabtu (13/7) telah mengguncang kampanye tersebut, membawa perhatian baru pada retorika politik kasar negara tersebut dan memperkuat pentingnya orang-orang yang tinggal selangkah lagi dari kursi kepresidenan.

Sambungannya di sini...

4 dari 4 halaman

Profil Tim Walz, Gubernur Minnesota yang Jadi Calon Wakil Presiden dari Partai Demokrat

Kamala Harris memilih Gubernur Minnesota Tim Walz untuk menjadi pasangannya dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres AS) 2024.

"Saya bangga mengumumkan bahwa Tim Walz menjadi pasangan calon wakil presiden saya. Sebagai seorang gubernur, pelatih, guru, dan veteran, dia telah memberikan banyak hal untuk keluarga pekerja seperti keluarganya. Senang sekali memiliki dia dalam tim," tulis Harris di X.

Pencalonan Walz mencuat setelah Harris memenangkan cukup banyak delegasi konvensi Demokrat minggu lalu untuk mengamankan pencalonan presiden partai tersebut.

Sementara Walz mengatakan bahwa bergabung dengan Harris dalam kampanye adalah "kehormatan seumur hidup."

"Saya mendukung sepenuhnya. Wakil Presiden Kamala Harris menunjukkan kepada kita politik yang mungkin. Ini mengingatkan saya sedikit tentang hari pertama sekolah. Jadi, mari kita selesaikan ini, teman-teman! Bergabunglah dengan kami," tulisnya di X.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan mundur dari proses pemilihan presiden AS pada 21 Juli melawan mantan Presiden Donald Trump, dan mendukung Harris untuk menggantikannya dalam upaya Partai Demokrat untuk mempertahankan kekuasaan di Gedung Putih.

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini