Sukses

KBRI Wina Meriahkan Peringatan HUT ke-79 RI dengan Upacara Bendera dan Pesta Rakyat, Dibanjiri 1.500 Tamu

Perayaan HUT RI oleh KBRI Wina tidak hanya bertabur hiburan, namun juga hadiah.

Liputan6.com, Wina - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wina menyelenggarakan upacara bendera pada Sabtu (17/8/2024), dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI). Acara yang berlangsung di halaman KBRI Wina ini dihadiri oleh sekitar 150 tamu undangan, termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Austria serta para sahabat Indonesia.

Dalam upacara tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Austria Damos Dumoli Agusman memberikan penghargaan kepada dua WNI atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam mempromosikan budaya Indonesia di Austria. Penghargaan diberikan kepada Presiden Weltmuseum Wien Friends Darmawati Sri Tjahjani Kuhnt-Saptodewo dan Koordinator Keluarga Kristen Indonesia di Austria (KKIA) Romo Thomas Julivadistanto.

Kesempatan perayaan HUT ke-79 RI juga dimanfaatkan oleh masyarakat dan friends of Indonesia untuk menyampaikan kenang-kenangan kepada KBRI Wina. Pensiunan pegawai lokal KBRI Wina, Paula Kallinger, mempersembahkan foto Wisma Duta Besar RI yang diabadikan oleh Duta Besar Haryono Nimpuno antara tahun 1979-1983. Sementara asosiasi persahabatan Indonesia-Austria (AIS) menyampaikan cendera mata patung komodo karya Kartika Affandi untuk menjadi koleksi KBRI Wina. Demikian seperti dilansir pernyataan tertulis KBRI Wina, yang diterima Liputan6.com, Senin (19/8).

Setelah upacara, KBRI Wina melanjutkan perayaan HUT RI dengan menggelar "Pesta Rakyat". Acara ini dihadiri oleh sekitar 1.500 tamu dan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 19.00 waktu setempat.

Meskipun cuaca panas sempat disusul oleh badai mendadak, antusiasme para pengunjung tidak surut. Mereka dengan semangat menari mengikuti irama musik, menikmati kuliner Indonesia di bazar, serta berbelanja di berbagai stan dan flohmarkt (fleamarket) yang tersedia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang Promosi Indonesia

Salah satu momen yang paling dinantikan dalam acara ini adalah pengundian hadiah dengan hadiah utama berupa satu tiket penerbangan (Wina-Indonesia-Wina) yang disponsori oleh Turkish Airlines, satu tiket penerbangan (Wina-Indonesia-Wina) yang disponsori oleh Eva Air, scooter electric dari eee group Austria, sepeda Brompton persembahan KBRI Wina, serta sejumlah hadiah menarik lainnya.

Puncak rangkaian acara peringatan HUT RI ditandai dengan penampilan grup musik Semesta Berdendang, yang terdiri dari Denni Chaplin, Natasha Pramudita, Yankjay Nugraha, dan Benny Permana. Mereka datang langsung dari Indonesia untuk menghibur para tamu dengan lagu-lagu Indonesia dan Barat dalam gaya teaterikal yang unik.

Acara tahunan ini diadakan oleh KBRI Wina dengan tujuan mempromosikan budaya Indonesia. Pertunjukan seni yang ditampilkan antara lain Tari Legong Keraton oleh Shivanata Group, Tari Kuda Lumping dan Tari Denok Deblog oleh Gema Puspa Nusantara, lagu-lagu Batak oleh Batak Diaspora, Pencak Silat oleh Komunitas Anak Harimau, dan musik dari berbagai komunitas Indonesia di Wina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini