Sukses

Fenomena Lingkaran Hitam Misterius Muncul di Langit Virginia AS, Portal ke Dunia Lain atau Jejak UFO?

Asal muasal lingkaran hitam di langit Virginia masih menjadi misteri. Fenomena apakah itu?

Liputan6.com, Williamsburg - Beberapa warga Virginia merekam video saat lingkaran hitam misterius terlihat mengambang di langit wilayah Williamsburg.

Melansir Upi.com, Senin (19/8/2024), disebutkan bahwa beberapa saksi di wilayah Hampton Roads melaporkan melihat lingkaran hitam di langit pada hari Selasa (13/8) sesaat setelah pukul 11.00 siang, dan beberapa orang mengambil foto serta video fenomena yang tidak biasa tersebut.

Lingkaran hitam misterius itu kemudian dilaporkan menghilang dalam beberapa menit.

Lingkaran hitam yang tampak serupa telah terlihat di lokasi lain di masa lalu, dengan kebakaran dan ledakan disebut sebagai kemungkinan penyebabnya.

Departemen Pemadam Kebakaran James City County mengatakan tidak mengetahui adanya laporan insiden yang dapat menyebabkan lingkaran itu pada saat penampakannya.

Ricky Mathews, seorang ahli meteorologi untuk WAVY-TV, mengatakan penyebabnya kemungkinan adalah kembang api atau insiden serupa dari kebakaran terkonsentrasi yang menyebabkan lingkaran asap mengepul. Rekan ahli meteorologi Steve Fundaro berhipotesis bahwa itu mungkin disebabkan oleh proses industri.

Penampakan Serupa di Kazakhstan, Jejak UFO?

Penduduk di Kazakhstan juga pernah heboh karena muncul penampakan menyerupai 'cincin hitam' misterius, di langit tempat tinggal mereka.

Warga setempat meyakini, bulatan hitam misterius di langit kala itu adalah jejak Unidentified Flying Object (UFO) yang melintas.

Dalam rekaman video berdurasi 15 menit di Desa Shortandy, 40 km sebelah utara ibukota Astana, lingkaran berwarna hitam itu memang terlihat melayang di langit. Sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak secara perlahan.

Berbagai spekulasi tentang fenomena aneh di langit Kazakhstan itu pun bermunculan. Banyak dari warga di sana meyakini bahwa itu adalah bukti adanya kehidupan makhluk di luar Bumi atau ekstrateresterial.

"Terlihat seperti awan hitam. Kami melihatnya di sekitar pukul 16.00 pada 3 April. Lalu hilang seperti asap, tapi tak ada bau sama sekali," ucap warga bernama Oleg Menshikov kepada Today.kz seperti dikutip dari Daily Mail edisi 7 April 2015.

Sementara para pengguna situs sharing video mulai mempertanyakan apakah lingkaran hitam tebal itu memang benar pesawat ruang angkasa yang ditumpangi alien. Sedangkan lainnya menduga itu mungkin hanya asap rokok yang terekam kamera, tetapi disebut-sebut terjadi di langit.

Lainnya berpikir awan itu mungkin fenomena naiknya massa udara hangat yang dikenal sebagai thermal microburst.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cincin Hitam di London, Portal ke Dunia Lain?

Warga London juga pernah mengalami penampakan serupa. Dalam video yang beredar, seperti dimuat Daily Mail edisi Sabtu 25 Juli 2015, lubang hitam yang membuat warga heboh lainnya muncul di langit kawasan industri Nottingham, London, Inggris. Tak lama sebuah ledakan di sebuah kawasan industri.

Spekulasi liar pun muncul setelahnya, mulai dari yang logis akibat efek ledakan, sampai dugaan portal antar dimensi atau pintu ke dunia lain, hingga jejak Unidentified Flying Object (UFO), kendaraan para alien.

Dalam video tersebut, penampakan cincin aneh nan misterius terlihat melayang perlahan di atas atap di daerah perumahan.

 

3 dari 4 halaman

Penampakan Lingkaran Hitam di Langit Sekitar Siberia Mall

Pada April 2017 lalu, penampakan lubang hitam lain membuat para pembeli di pusat perbelanjaan Siberia Mall ketakutan. Beberapa menganggap itu semacam peringatan hari akhir dunia atau kiamat.

Salah satu pengguna media sosial mengatakan, "Ini semacam kekuatan supernatural yang terbang melintasi kota!"

Namun, penyidik ​​UFO, Nick Pope, memiliki penjelasan lain yang lebih sederhana.

"Terlepas dari teori eksotis tentang UFO, alien, atau portal ke dimensi lain, saya yakin ada penjelasan yang lebih masuk akal. Apa yang disebut pusaran asap itu bisa timbul dari semacam ledakan yang asapnya keluar melalui struktur melingkar seperti cerobong asap," jelas Nick Pope seperti dikutip dari The Sun.

"Jadi efek aneh ini bisa disebabkan secara tak sengaja--atau memang sengaja dibuat."

"Soal yang terakhir, penampakan itu dapat diciptakan lewat semacam efek piroteknik (misalnya kembang api). Menarik untuk menyelidiki apakah ada festival di luar ruangan yang diadakan di daerah bersangkutan," jelas Nick Pope.

4 dari 4 halaman

Penampakan Lubang Hitam di Langit AS dan Inggris 2017

Fenomena aneh yang disebut sebagai smoke vortexes itu juga pernah muncul di Inggris pada 2017 lalu.

Kimberley Robinson, wanita 22 tahun itu tengah berkendara dengan pacarnya, Danny Cooper, di M62 dekat Birkenshaw, saat mereka melihat lubang hitam menyeramkan itu di langit.

Robinson menggambarkan lingkaran itu sebagai "hal teraneh yang pernah saya lihat".

"Saya dan pacar tengah mengemudi dan melihat sebuah cincin hitam di langit. Kelihatannya agak berasap tapi bentuknya seperti cincin yang kokoh," ujar Robinson melansir dari The Sun.

"Kami belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya, tak ada yang tahu apa itu...," imbuh Robinson.

Dinas Pemadam Kebakaran West Yorkshire mengatakan tak ada laporan tentang kebakaran saat penampakan tersebut muncul Minggu 9 Juli pukul 13.30 waktu setempat.

Lubang aneh di Missouri, Amerika Serikat, dilaporkan muncul sehari sebelumnya.

Namun, polisi yakin hal itu disebabkan oleh semacam kembang api. Yang lainnya percaya bahwa lubang cincin hitam itu bukti ada kapal alien yang mengunjungi planet Bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.