Sukses

Delegasi Palestina Jadi Tamu Perdana Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila Usai Dipugar

Utusan Khusus Presiden Palestina Riyad Al Maliki menjadi delegasi asing pertama yang diterima Menlu Retno di Gedung Pancasila baru.

Liputan6.com, Jakarta - Delegasi Palestina menjadi tamu perdana yang diterima oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Gedung Pancasila pasca pemugaran pada Senin (19/8/2024).

Utusan Khusus Presiden Palestina Riyad Al-Maliki mengunjungi gedung bersejarah tersebut untuk menyaksikan peresmian, memberikan penghargaan kepada Menlu Retno sekaligus pertemuan tete-a-tete atau pertemuan terbatas.

"Sekali lagi selamat datang di Jakarta," ujar Menlu Retno saat pertemuan terbatas dengan Riyad.

"Ini merupakan suatu kehormatan," jawab Riyad.

Pertemuan keduanya merupakan pertemuan bilateral perdana yang dilakukan di gedung tersebut setelah Gedung Pancasila menjalani pemugaran selama 10 bulan.

"Untuk pertama kalinya juga Gedung Pancasila yang dengan wajah baru, digunakan untuk melakukan pertemuan bilateral dan itu adalah dengan Palestina," ungkap Menlu Retno kepada sejumlah media.

"Kita akan bahas ke depan bagaimana dan tadi pada saat courtesy call kepada Bapak Presiden. Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina," lanjut dia.

Restorasi Gedung Pancasila dilakukan mulai September 2023. Ini adalah restorasi pertama kali setelah hampir setengah abad sebelumnya di renovasi pada tahun 1973-1975. Restorasi kali ini mengembalikan bangunan cagar budaya tersebut ke desain tahun 1945.

Menurut pantauan Liputan6.com, berikut adalah sejumlah potret Gedung Pancasila yang baru:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Riyad Al-Maliki Turut Memberikan Penghargaan kepada Menlu Retno

3 dari 6 halaman

Menlu Retno Tegaskan Kembali Dukungan Indonesia untuk Palestina

4 dari 6 halaman

Renovasi Gedung Pancasila Melibatkan Tim Ahli dan Cagar Budaya

5 dari 6 halaman

Gedung Pancasila Dinilai Menjadi Saksi Perjalanan Diplomasi Indonesia

6 dari 6 halaman

Gedung Pancasila Rencananya Akan Dibuka untuk Umum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini